Wisata Kuliner Ayam Betutu Asli Gilimanuk

Wisata kuliner memang merupakan sebuah petualangan yang menarik. Dalam dunia ini, kita banyak menemukan beragam jenis bentuk tradisi kuliner yang selalu menggugah kita untuk mencoba dan merasakannya. Salah satunya adalah hidangan ayam betutu yang merupakan kuliner khas Bali, tepatnya dari daerah Gilimanuk.

Ayam betutu adalah masakan populer yang mengajak lidah penikmatnya bergoyang penuh saat mengunjungi Pulau Bali. Sebenarnya resep asli hidangan ini ditemukan oleh seorang perempuan yang bernama Men Tempeh. Arti dari betutu sendiri sebenarnya diambil dari kata makanan yang dimasak dengan bumbu. Hidangan ini bisa disajikan dengan kuah atau digoreng kering.

ayam-betutu-dari-gilimanuk.jpg

Proses pemasakan ayam betutu dilakukan dengan merebus daging ayam terlebih dahulu. Bumbu yang digunakan terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai, garam, dan rempah-rempah lainnya. Setelah dibumbui sampai meresap, ayam betutu ini siap disajikan. Rasanya sungguh lezat dengan kekhasan dari bumbu pedas dan kuahnya yang sedap.

Sementara bagi yang ingin menyantap ayam betutu goreng, ayam betutu yang telah selesai dimasak langsung digoreng kering sehingga aroma betutunya pun tetap melekat pada sedapnya gorengan ayam tersebut. Begitu nikmat dan menggoda selera. Anda wajib mencoba menu hidangan yang satu ingin jika pergi wisata ke Pulau Bali.

Dalam menikmati ayam betutu, baik yang kuah atau pun goreng, rangkaian aneka ragam makanan pendamping dibutuhkan agar membuat para penikmat ayam betutu semakin berselera saat menyantap hidangan khas Pulau Dewata ini. Anda bisa menyiapkan makanan pelengkap seperti kangkung dengan bumbu bali yang berisi terasi dan cabai. Rasanya pasti sungguh lezat dan nikmat.

Jangan kelewatan lawar yang terbuat dari hati dan ampela ayam yang dicampur nangka muda. Lawar di sini bukan masakan lawar asli yang menggunakan darah sebagai bumbunya. Kemudian tidak lupa kacang goreng yang disajikan untuk mereduksi rasa pedas dari ayam betutu. Bagi para penikmat wisata kuliner, tidak salah jika ayam betutu khas dari Gilimanuk ini dijadikan tujuan wisata kuliner Anda saat mengunjungi Bali.