Tips-tips Wisata ke Candi Borobudur biar Menyenangkan

Kalau Anda ingin pergi berlibur ke suatu tempat yang menyenangkan sekaligus mempelajari khasanah budaya, maka Candi Borobudur bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Posisinya strategis dan mudah dijangkau oleh para turis. Akses ke Candi Borobudur juga terbilang sudah bagus. Maklum saja karena destinasi wisata ini memang sudah taraf internasional. Tidak hanya wisatawan lokal, para turis asing pun banyak yang mengunjungi Candi Borobudur.

Candi Borobudur dibangun pada Wangsa Syailendra sekitar abad ke 9 M. Arsitek yang telah merancang bangunan ini adalah Gunadharma. Di Komplek Taman Wisata Candi Borobudur sebenarnya ada banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati. Namun Candi Borobudur menjadi objek utamanya. Selain itu, Anda akan menemukan banyak sekali objek-objek menarik lainnya, museum sejarah, kebun binatang, dan pasar tradisional. Banyaknya objek menarik yang ditawarkan sangat disayangkan bila Anda lewatkan.

tips-wisata-candi-borobudur.jpg

Kiat-kiat di bawah ini akan membantu Anda mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan di Candi Borobudur!

Datanglah Pagi Sekali

Kami sangat menganjurkan Anda untuk pergi ke Candi Borobudur pada saat hari masih pagi sekali. Bahkan jika sampai pada pukul 8 pagi saja Anda sudah termasuk terlambat mengunjungi ke situs ini. Ketika pagi hari, Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan, baik pemandangan Candi Borobudur itu sendiri, kondisi lingkungan di sekitarnya, maupun matahari yang terbit. Kombinasi ketiga unsur ini mampu menciptakan pemandangan yang luar biasa indah.

Jangan Pergi di Hari Libur Nasional

Hindari berlibur ke Candi Borobudur di Hari Libur Nasional seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, Hari Imlek, dan lain-lain. Mengapa? Sebab pada hari-hari tersebut jumlah pengunjung situs ini membludak. Saking banyaknya wisatawan yang datang pada momen ini, Anda tidak akan mendapatkan spot foto yang menarik untuk diabadikan. Bahkan untuk sekadar menikmati dan mengagumi relief dan arca di Candi Borobudur pun rasanya sangat sulit karena harus berdesakan dengan turis lainnya. Berbeda kalau kondisinya sepi, Anda bisa lebih menghayati keindahan dari candi ini.

Bawalah Topi, Payung, dan Sunblock

Berlibur ke kawasan Candi Borobudur tentunya Anda ingin menikmati keindahan candi ini sepuas-puasnya. Faktanya candi ini terletak di tengah-tengah area terbuka yang menyerupai lapangan. Suhu udara di sini sangat panas. Semakin Anda menariki anak tangga di candi, maka udaranya pun akan terasa semakin panas. Jadi kami sarankan Anda perlu membawa topi dan payung serta mengenakan sunblock supaya tetap merasa nyaman saat berkeliling di dalam candi.

Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

Tidak sedikit pengunjung yang mengaku malas kalau harus menaiki Candi Borobudur. Maklum saja karena bangunan candi ini memang cukup tinggi. Bentuk tangganya pun terbilang cukup curam. Walaupun sudah ada pegangan tangan yang sengaja dipasang untuk membantu pengunjung menaiki anak tangga dengan aman, namun Anda tetap harus berhati-hati. Jangan pernah menggunakan sepatu hak tinggi. Pakailah alas kaki yang terasa nyaman. Jika Anda ingin berfoto dengan high heels di kaki, sebaiknya sepatu ini dipakai saat Anda sedang berfoto saja.

Nikmati Keindahan Relief dan Arca

Candi Borobudur adalah bangunan bersejarah yang sangat indah. Bahkan dunia pun mengakui bahwa candi ini merupakan salah satu candi yang paling indah di dunia. Keindahan Candi Borobudur tidak hanya pada desain bangunannya saja, tetapi juga arca dan relief yang terukir di dinding bangunannya. Jika Anda mencermati secara mendalam, relief pada Candi Borobudur mengandung berbagai makna yang tersirat. Jangan hanya berfoto saja ya. Nikmati keindahan relief tersebut dengan mengikuti alur ceritanya.