Tips Snorkeling Pertama Kali untuk Pemula

Jangan takut mencoba snorkeling pertama kali untuk Anda yang masih pemula? Bahkan para atlet dan profesional pun pasti berawal dari mencoba dan tidak bisa. Namun karena keinginan yang sangat kuat untuk belajar snorkeling, mereka terus mencoba dan mencoba. Awalnya memang kegiatan ini sangat tidak menyenangkan dan menyusahkan. Tetapi akhirnya mereka mendapatkan buah hasil yang sepadan atas jerih payahnya. Lama-kelamaan mereka dapat ber-snorkeling dengan baik dan bisa menikmati keindahan panorama laut.

Kita patut bersyukur menjadi penduduk Indonesia yang notabene mempunyai lautan begitu luas. Bahkan laut di negara kita termasuk pusat segitiga karang dunia. Ini berarti Indonesia memiliki taman laut dengan ikan-ikan dan terumbu karang yang paling indah di Planet Bumi. Wajib hukumnya bagi kita untuk melihat keindahan sesungguhnya dari Indonesia. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan laut melalui snorkeling. Selain tidak membutuhkan banyak peralatan, snorkeling bisa dilakukan siapa saja. Bahkan Anda yang belum bisa berenang pun dapat melakukannya menggunakan bantuan pelampung.

tips-snorkeling-pertama-kali.jpg

Tips-tips di bawah ini akan membantu Anda mempelajari snorkeling dan menikmati aktivitasnya!

PERSIAPAN AWAL

Anda harus melakukan persiapan secara matang sebelum melakukan snorkeling di lautan. Terdapat tiga peralatan utama yang Anda gunakan saat snorkeling antara lain masker, snorkel, dan fin (kaki katak). Khusus Anda yang tidak bisa berenang wajib memakai pelampung. Pilih peralatan yang ukurannya pas dan sesuai dengan postur tubuh Anda. Pemilihan masker yang tidak tepat akan menyebabkan air dengan mudah masuk ke dalamnya. Begitu pula jika ukuran fin yang dipakai kebesaran atau terlalu kecil, Anda akan sulit mengayunkannya.

Snorkel merupakan alat bantu pernapasan saat kita menyelam di air laut. Cara kita bernapas melalui snorkeling berubah dari yang semula melalui hidung menjadi lewat mulut. Jadi Anda harus tetap bernafas dengan ritme yang sama melalui mulut. Anda bisa mencoba bernapas beberapa kali lewat snorkel ini supaya terbiasa nantinya. Hirup nafas dalam-dalam lewat mulut kemudian keluarkan pula melalui mulut ini. Ajaklah rekan Anda yang lebih berpengalaman sekaligus sebagai instruktur Anda dalam hal snorkeling.

TERUS MENCOBA

Kuncinya jangan minder kalau mau melakukan sesuatu yang baru. Semua orang pasti merasa takut pada awalnya seperti Anda. Tetapi Anda harus mampu mengalahkan rasa takut tersebut kalau ingin maju. Kenakan pakaian yang berwarna cerah supaya keberadaan Anda terlihat dengan baik saat di lautan. Kemudian pakailah semua peralatan snorkeling sebagaimana mestinya. Cobalah melakukan snorkeling di daerah-daerah yang dangkal terlebih dulu sebelum Anda masuk ke daerah yang terdapat karangnya.

Selalu perhatikan kondisi cuaca di laut yang menjadi tempat Anda ber-snorkeling. Suhu air, gelombang, dan arah arus wajib diketahui dengan baik. Masuklah ke air mengikuti arah arusnya. Jangan pernah mencoba melawan arus karena dapat menguras banyak tenaga Anda. Bukan Anda saja yang merasa tidak nyaman ketika memakai kaki katak, tetapi Anda harus membiasakan diri sebab fin ini sangat membantu pergerakan Anda di lautan. Kenali lebih dalam tentang spesies-spesies ikan dan terumbu karang.

Jangan pernah terlena saat melakukan snorkeling. Kami mengerti kalau Anda begitu terpesona dengan keindahan laut, tetapi jangan sampai Anda malah terpisah dari rombongan, tersesat ke tempat yang jauh, atau bahkan tertabrak perahu milik nelayan. Untuk mengatasi masker yang berembun, Anda bisa memasukkan sedikit air ke masker dan menggoyangkannya. Sedangkan jika selang snorkel kemasukan air, Anda tinggal menghembuskan udara yang cukup keras melalui mulut supaya airnya bisa keluar lagi.

BERTANGGUNGJAWAB

Mengapa snorkeling itu mengasyikkan? Karena kita bisa menikmati keindahan laut yang luar biasa dari paduan ikan-ikan dan terumbu karangnya. Oleh sebab itu, Anda harus turut menjaga keberadaan taman laut ini agar keindahannya bisa bertahan sampai kapan pun. Kuncinya ialah Anda harus bertanggung jawab saat ber-snorkeling, tidak merusak terumbu karang, atau pun bahkan mengambil ikan. Hati-hati dengan kaki katak yang Anda kenakan agar tidak mengenai terumbu karang dan merusaknya.

Jangan pernah mencoba menyentuh semua makhluk yang Anda lihat di bawah air laut. Bukan tidak mungkin makhluk yang kelihatannya sangat menarik tersebut mengandung racun yang dapat membahayakan diri Anda sendiri. Jangan menginjak atau berdiri di atas terumbu karang karena dapat merusaknya. Dilarang keras mengambil biota-biota laut yang gampang ditangkap seperti bintang laut, siput, atau kerang. Jangan pula membuang sampah apapun di laut. Intinya sih Anda hanya boleh mengambil gambar dan meninggalkan kenangan saja.