Tips Mancing Ikan di Tempat Pemancingan Umum

Setiap orang mempunyai hobi masing-masing sebagai aktivitas selingan supaya tidak merasa jenuh dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Termasuk Anda sendiri yang memiliki hobi yaitu memancing ikan. Ini merupakan hobi yang paling menyenangkan sekaligus menguntungkan. Tidak hanya dapat menyegarkan pikiran, tetapi kita juga bisa memperoleh ikan-ikan yang bisa disantap bersama keluarga tercinta. Ini merupakan hobi yang terbaik, kan?

Memancing ikan bisa dilakukan di perairan mana saja. Anda bisa memancing di sungai, danau, rawa-rawa, sawah, atau laut. Jenis ikan yang diperoleh pun bermacam-macam sesuai kondisi lingkungan tempat tersebut. Tetapi memancing ikan di perairan alami mempunyai tantangan yang cukup besar. Anda harus lihai dalam mengecoh ikan-ikan tersebut supaya mendapatkan hasil. Jika kalah pintar, bukan tidak mungkin Anda akan pulang dengan tangan kosong.

tips-memancing-ikan.jpg

Agar Anda berhasil mendapatkan ikan saat memancing di kolam pemancingan umum, silakan Anda bisa mengikuti tips dan trik di bawah ini!

Cari Tahu Jenis Ikan yang Ada di Sana

Tempat pemancingan umum biasanya menyediakan ikan air tawar atau ikan air payau. Jarang sekali ada kolam pemancingan yang memiliki ikan air asin di Indonesia. Perlu Anda ketahui, setiap spesies ikan mempunyai karakteristik dan pola makan yang berbeda-beda. Ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis ikan yang ada di tempat tersebut. Anda dapat bertanya ke teman yang pernah memancing ke sana atau pemilik kolamnya langsung. Sehingga Anda bisa mempelajari sifat-sifat ikan tersebut dan mempersiapkan peralatan yang tepat untuk memancingnya.

Gunakan Umpan Makanan Favorit

Berbeda dengan ikan yang ada di habitat alami, ikan-ikan di kolam pemancingan mendapatkan perawatan yang sangat baik dari pemiliknya. Ikan tersebut diberi makan secara rutin sebanyak 3 kali sehari. Jarang sekali ikan-ikan tersebut merasa lapar karena kebutuhan makanannya tercukupi dengan baik. Selain agar ikan cepat tumbuh besar, ikan-ikan ini sengaja dibuat terus kenyang supaya tidak mudah dipancing. Anda harus memakai umpan yang memang benar-benar disukainya supaya dapat menarik perhatian. Sesuaikan umpan yang Anda pakai dengan jenis ikan di kolam.

Lemparkan Kail Semaksimal Mungkin

Biasanya pengelola tempat pemancingan memperbolehkan konsumennya untuk melemparkan lebih dari satu kail ke dalam kolam. Setiap tempat mempunyai kebijakannya masing-masing. Cari tahu aturan jumlah kail yang bisa digunakan di tempat pemancingan yang akan Anda tuju. Gunakan kail sebanyak mungkin hingga mencapai jumlah maksimal kail yang diperbolehkan agar peluang Anda mendapatkan ikan semakin besar. Letakkan kail-kail di lokasi yang berbeda-beda dan berjauhan. Jangan lupa untuk menandainya supaya tidak tertukar dengan pemancing yang lainnya.

Pergilah Saat Cuaca Sedang Bersahabat

Saat memancing di kolam pemancingan umum biasanya Anda akan dikenai biaya memancing berdasarkan waktu. Semakin lama Anda memancing di sana, semakin mahal pula biayanya. Padahal durasi waktu memancing tidak selalu berbanding lurus dengan jumlah ikan yang bisa diperoleh. Anda bisa mendapatkan ikan yang banyak dalam waktu yang singkat apabila memancing di waktu yang tepat. Kapan waktu tersebut? Kami sarankan pergilah memancing saat kondisi cuaca sedang bersahabat dan jam-jam ikan merasa lapar. Jangan memancing saat panas terik atau hujan karena peluang mendapatkan ikannya kecil.

Pilih Bagian Kolam yang Banyak Ikan

Ikan-ikan yang ada di dalam kolam pemancingan biasanya tidak menyebar ke seluruh bagian dari kolam tersebut. Melainkan ikan-ikan ini lebih suka bergerombol di titik-titik tertentu yang menjadi favoritnya. Bagian kolam yang banyak ikannya umumnya terletak di dekat saluran air masuk serta saluran pembuangan air. Ikan-ikan sengaja memilih berkumpul di tempat ini karena banyak makanannya. Selain itu, bagian kolam yang banyak terdapat tumpukan batu atau area yang teduh juga sangat disukai ikan sebagai tempat persembunyiannya. Lemparkan mata pancing Anda ke titik-titik ini.

Santai dan Nikmati Suasananya

Jangan lupa niat awal Anda pergi memancing ikan adalah menghibur diri serta berkumpul bersama teman-teman yang mempunyai hobi yang sama. Bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan saja sudah lebih dari cukup. Karena memang memperoleh ikan hanya bonus tambahan dari hobi yang satu ini. Jadi bersantailah dan nikmati suasana di tempat pemancingan umum tersebut. Kapan lagi Anda bisa menjernihkan pikiran dan membuat perasaan menjadi segar kalau bukan hari ini? Mumpung ada kesempatan, nikmatilah dengan senang hati.