Suka Duka Naik Kereta Ekonomi di Indonesia

Semua orang pernah bermimpi bisa menaiki kereta api. Pasti menyenangkan rasanya apabila pergi ke suatu tempat dengan mengendarai alat transportasi yang satu ini. Kereta mempunyai jalur khusus yang menawarkan sensasi dan pengalaman berbeda dari kendaraan-kendaraan lainnya. Namun tidak semua orang berhasil mewujudkan impian tersebut. Selain karena rute perjalanan yang dilayaninya terbatas, harga tiket kereta api juga masih menjadi kendala bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Faktanya ialah harga tiket kereta api sebenarnya tidak terlalu mahal kok. Harga ini sebanding dengan fasilitas-fasilitas dan pengalaman yang akan Anda dapatkan ketika menaiki kereta api. Perlu Anda ketahui, kereta api di Indonesia terdiri dari tiga kelas yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Kalau Anda ingin naik kereta dengan biaya yang tidak terlalu mahal, pilihlah kereta kelas ekonomi. Saat ini kereta api ekonomi sudah dilengkapi dengan kursi yang nyaman, AC di setiap gerbong, dan tentu saja toilet.

suka-duka-kereta-ekonomi.jpg

Apa sih sukanya naik kereta api kelas ekonomi?

  1. Harga Tiketnya Jauh Lebih Murah

Faktor harga tentu saja menjadi kelebihan utama dari kereta api dengan kelas ekonomi. Harga tiketnya murah meriah loh. Perbedaannya tentu sangat terasa jika dibandingkan dengan kereta bisnis atau kereta eksekutif. Bahkan beberapa jenis kereta menawarkan harga yang lebih murah daripada harga tiket bis. Jadi kalau Anda ingin pergi ke suatu tempat dengan budget yang minim, memang kereta ekonomi menjadi pilihan terbaik.

  1. Penumpangnya Ramah Khas Indonesia

Kereta di kelas ekonomi merupakan kereta yang merakyat. Seluruh lapisan masyarakat yang di Indonesia ada di sini. Malahan tidak sedikit para pengusaha yang sengaja naik kereta ini dengan alasan ingin menikmati suasananya yang nyaman. Penumpang di sini sangat ramah. Mereka tidak segan saling menyapa dan membantu penumpang lain yang sama sekali tidak dikenalnya. Anda akan merasa seperti pergi bersama keluarga.

  1. Gerak-gerik Bisa Lebih Bebas

Naik kereta api dengan kelas ekonomi memang akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam. Penumpang lain yang ada di dalam gerbong yang sama tak ubahnya seperti keluarga kita sendiri. Kita pun menjadi lebih leluasa dan nyaman berada di dalamnya. Tak jarang kita mendapatkan tawaran makanan atau minuman dari penumpang yang duduk di sebelah. Mereka pun tak sungkan mengobrol dengan kita.

Sementara itu, tidak enaknya naik kereta api di kelas ekonomi yaitu :

  • Kursi di dalam kereta ini memang berupa sofa. Tapi busanya tipis dan kemiringannya pun tidak bisa diatur. Anda mungkin akan merasa pegal jika harus duduk di sana dalam waktu yang lama untuk menempuh perjalanan jauh.
  • Setiap gerbong di kereta api ekonomi memang dilengkapi dengan AC. Namun AC yang dipakai hanya AC rumahan. Di malam hari, suhu AC ini dingin sekali sehingga memaksa Anda mengenakan jaket tebal dan menarik selimut.
  • Memilih kursi kereta kelas ekonomi harus dilakukan dengan pintar. Kalau salah dalam memilihnya, Anda akan duduk menghadap ke arah yang berlawanan dengan arah laju kereta. Bagi sebagian orang, hal ini akan membuat pusing dan mual.
  • Jika sedang apes, Anda akan berada di dalam satu gerbong bersama gerombolan orang yang tak memiliki simpati dan empati. Orang-orang ini akan terus ribut di dalam kereta dan membuat kegaduhan. Anda akan susah menikmati perjalanan.
  • Sebisa mungkin hindari memilih kursi yang berada di barisan ujung gerbong. Kenapa? Tidak lain karena kursi tersebut dekat dengan toilet. Meskipun awalnya toilet sudah dibersihkan petugas, namun kemudian menjadi jorok lagi setelah dipakai.
  • Cukup sulit mendapatkan tiket kereta api di kelas ekonomi. Paling tidak Anda harus memesannya sebulan sebelum melakukan perjalanan. Harganya yang cukup murah membuat peminatnya begitu banyak sehingga stock tiketnya cepat habis.