Pulau-pulau Terindah di Indonesia Ada di Sini

Apakah pulau yang paling indah di Indonesia? Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Negeri Indonesia terbentuk dari gugusan pulau-pulau dalam jumlah yang sangat banyak. Negara kita ini mempunyai ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Terdapat lima pulau besar yaitu Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Ada juga pulau-pulau kecil seperti Pulau Bali, Pulau Maluku, Pulau Flores, dan sebagainya. Tak sedikit pula pulau-pulau yang tidak berpenghuni.

Sudah pasti Indonesia juga mempunyai pulau-pulau yang sangat indah dalam jumlah banyak sekali. Bukan dibuat oleh manusia, pulau-pulau tersebut memang sudah sedari awal memiliki keindahan yang luar biasa. Alam sendiri lah yang membuatnya tampak begitu memesona. Anda juga pasti akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan alami dari pulau-pulau ini. Jadi penasaran seperti apa kan? Mari kita jalan-jalan menikmati pulau-pulau terindah di Indonesia. Kami mempunyai delapan pilihannya!

pulau-terindah-di-indonesia.jpg

Pulau Weh

Tahukah Anda, Kota Sabang terletak di Pulau Weh. Pulau ini berada di ujung paling barat Pulau Sumatera. Kendati merupakan titik nol Negara Indonesia tidak lantas membuat pulau Weh ini terbengkalai. Faktanya Pulau Weh justru menjadi pulau terindah yang dimiliki oleh Indonesia. Pulau ini mempunyai pantai nan indah dan panorama bawah laut yang sungguh memesona. Anda juga bisa berjumpa dengan ikan hiu mulut besar serta kodok Bufo valhallae di sini. Keindahan Pulau Weh tidak terlepas dari upaya pemerintah setempat yang telah menjadikannya sebagai suaka alam.

Pulau Belitung

Pulau Belitung berada di lepas pantai timur Pulau Sumatera antara Selat Karimata dan Selat Gaspar. Keindahan pulau ini semakin terkenal setelah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pulau Belitung mempunyai jajaran batu-batu granit di sepanjang garis pantainya yang membuatnya terlihat unik dan indah sekali. Keindahan alami lingkungannya juga masih sangat baik dengan sungai yang airnya begitu jernih dan lebatnya pepohonan di hutan. Kalau Anda pergi ke Pulau Belitung, jangan lupa beli oleh-oleh berupa kerajinan rotan sebab penduduk di sini sangat mahir dalam menganyam rotan.

Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa berada di sebelah utara Pulau Jawa. Pulau ini masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.  Pulau dengan luas mencapai 1500 hektar ini kini tengah dikembangkan sebagai salah satu pesona taman laut di Indonesia. Saat ini di Pulau Karimunjawa terdapat sebuah tempat penangkaran ikan hiu, terumbu karang, dan ikan-ikan kecil berwarna-warni. Jadi bisa ditebak kalau Pulau Karimunjawa merupakan pulau yang sangat memanjakan bagi penghobi olahraga menyelam.

Pulau Nusa Lembongan

Pulau Nusa Lembongan berada tidak jauh dari Pulau Bali, tepatnya adalah sebelah tenggara Pulau Bali serta berdekatan dengan Pulau Nusa Penida dan Pulau Nusa Ceningan. Pulau ini mempunyai pantai yang dipenuhi batu karang dengan pemandangan yang sangat mengagumkan. Ada banyak sekali gua-gua alami yang terbentuk dari susunan batu karang tersebut. Tebing lautnya sangat menantang karena berada jauh di ketinggian pantai. Kabar baiknya adalah Pulau Nusa Lembongan memiliki suasana yang sangat nyaman dan tidak terlalu ramai sehingga cocok sekali dikunjungi bagi Anda yang ingin menenangkan diri.

Pulau Tiga Gili

Di sebelah barat Pulau Lombok terdapat pulau yang sangat indah bernama Pulau Tiga Gili. Disebut demikian karena sebenarnya ini merupakan tiga pulau yang nama depannya sama-sama Gili. Pertama yaitu Pulau Gili Trawangan yang mempunyai air laut sangat jernih dengan pemandangan bawah laut bagaikan surga. Kedua adalah Pulau Gili Meno yang mempunyai pantai dengan panorama terbaik di Indonesia. Sedangkan pulau yang ketiga ialah Pulau Gili Air yang memiliki fasilitas sangat komplit bagi Anda yang ingin belajar olahraga air.

Pulau Moyo

Terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Pulau Moyo menawarkan keindahan alami yang sungguh memesona. Tidak hanya oleh wisatawan lokal, gaung tentang keindahan Pulau Moyo bahkan sudah sampai ke tingkat dunia. Pulau Moyo merupakan salah satu pulau terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Pulau ini sangat pas dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto prewedding maupun tempat berbulan madu. Keindahan sunset di Pulau Moyo menjadi daya tarik utamanya.

Pulau Derawan

Pesona Pulau Derawan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur memang tidak bisa diragukan lagi. Pasalnya pulau yang memiliki air begitu jernih dengan kondisi alamnya yang sangat bersih ini mempunyai keindahan yang luar biasa. Bahkan saking jernihnya air laut di sini, Anda bisa melihat keindahan bawah laut dari atas kapal. Hati-hati saat berenang di sekitar pulau ini akan membuat Anda lupa daratan karena terlanjur merasa sangat bahagia di air. Pulau Derawan juga mempunyai koleksi biota laut dalam jumlah banyak yang bisa Anda temukan dengan mudahnya.

Pulau Arborek

Sudah bukan rahasia lagi kalau Kepulauan Raja Ampat di Papua mempunyai gugusan pulau-pulau kecil yang sangat menakjubkan. Dari sekian banyaknya pulau-pulau kecil di Kepulauan ini, terdapat satu pulau yang paling indah yaitu Pulau Arborek. Dari kejauhan saja sudah terlihat bahwa Pulau Arborek ini luar biasa indah. Pantainya landai dengan hamparan pasir putih nan bersih, lingkungan yang alami, dan pemandangan laut yang benar-benar natural. Semuanya ini berpadu secara harmonis menggoda Anda untuk segera mendatanginya.