Panduan Dasar Check In di Hotel yang Benar

Bagaimana cara check in di hotel yang benar? Anda yang baru pertama kali mencoba menginap di hotel mungkin akan merasa kebingungan sendiri bagaimana prosedurnya yang benar. Perlu Anda ketahui, semua hotel memang mempunyai standar baku dalam melayani para tamu yang akan, sedang, atau selesai menginap di kamar-kamar miliknya. Semakin berkelas hotel tersebut, semakin banyak pula fasilitas yang dimilikinya sehingga kadang-kadang justru semakin membingungkan para tamu awam.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab aturan baku semua hotel pada dasarnya adalah sama. Hal ini dimulai dari Anda melakukan check in ke dalam hotel tersebut. Lantas, bagaimana kalau Anda belum mengetahui tata cara check ini ke hotel yang benar? Sekali lagi kami katakan Anda tidak perlu cemas, risau, atau ragu-ragu kalau belum mengetahuinya. Anda bisa langsung menanyakan ke petugas resepsionis yang berjaga untuk meminta panduan lengkapnya. Kurang lebih prosesnya pasti sama seperti berikut ini!

cara-check-in-hotel.jpg

Melakukan Reservasi

Ada baiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu apabila ingin menginap di suatu hotel. Tujuannya tentu saja untuk memastikan Anda bisa mendapatkan kamar pada saat melakukan check in nantinya. Anda bisa melakukan proses reservasi melalui telepon atau website agen perjalanan seperti AndeLumut.com ini. Hubungilah nomor telepon resmi hotel tersebut dan sampaikan niat Anda untuk melakukan reservasi kamar pada tanggal sekian. Kemudian Anda bisa menyebutkan tipe kamar yang Anda inginkan.

Melakukan Check In

Anda bisa mengunjungi hotel yang telah dipesan sebelumnya. Kemudian masuklah ke ruangan resepsionis. Katakan kepada petugas bahwa Anda sudah melakukan reservasi kamar atas nama tuan atau nyonya siapa. Lalu Anda akan dimintai mengisi formulir check in hotel. Setelah itu, Anda juga akan diminta petugas untuk membayar uang deposit sebagai jaminan. Besar nominal uang deposit ini bermacam-macam tergantung kebijakan hotel. Anda bisa membayarnya secara tunai maupun menggunakan kartu kredit.

Langkah 3. Menuju ke Kamar

Setelah petugas menyerahkan kunci kamar hotel, silakan Anda bisa langsung pergi menuju ke kamar. Jangan sungkan untuk meminta bantuan petugas membawakan barang-barang bawaan Anda apabila jumlahnya banyak. Setiba di kamar, Anda bisa memberikan uang tips sekitar Rp 10-25 ribu kepada petugas yang telah membantu membawakan barang-barang Anda sebagai bentuk ucapan rasa terima kasih.

Memahami Fasilitas Anda

Anda harus memahami fasilitas-fasilitas hotel apa saja yang bisa Anda nikmati secara gratis dan berbayar. Tidak semua barang yang ada di dalam kamar Anda merupakan barang cuma-cuma. Contohnya adalah makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas. Jika ada sebuah kulkas di dalam kamar Anda, barang yang gratis hanyalah air mineral serta pelengkapnya seperti teh, kopi, dan gula. Jika Anda menikmati makanan atau minuman yang lain di kulkas, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan saat check out nanti.

Sementara itu, semua peralatan mandi yang terdapat di kamar mandi seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan sampo bisa Anda gunakan secara gratis. Anda juga bahkan diperbolehkan untuk membawa pulang. Semua peralatan mandi ini biasanya ditempatkan di tempat yang rapi. Kecuali untuk keset, handuk, haridryer, dan sandal tidak boleh Anda pulang sebab benda-benda ini termasuk ke dalam aset milik hotel. Jika Anda ketahuan membawa barang-barang tersebut, maka uang jaminan Anda yang akan dipakai untuk membayarnya.

Memahami Aturan

Hotel-hotel di Indonesia umumnya menggunakan patokan jam 12 siang sebagai batas akhir menginap. Terkadang ada pula hotel yang memberikan toleransi sekitar 1-2 jam. Artinya jika Anda melakukan check out pada pukul 1 atau 2 siang, maka Anda akan tidak akan dikenai biaya tambahan. Sedangkan bila Anda check out pada pukul 2 siang hingga 4 sore, Anda biasanya bakal dikenai biaya tambahan sebesar 50 persen. Namun apabila Anda melakukan check out di atas jam 4 sore, Anda akan dikenai biaya tambahan 100 persen atau biaya menginap sehari lagi.

Jadi waktu yang paling tepat untuk melakukan check out di hotel antara pukul 10-11 siang. Tetapi sebelumnya Anda jangan sampai kelewatan fasilitas sarapan pagi gratis yang diberikan oleh hotel. Sarapan dengan model prasmanan ini biasanya dilangsungkan selama jam 7-9 pagi. Di sini Anda bebas mau mengambil menu makanan dan minuman apa saja karena sudah termasuk dalam fasilitas hotel yang Anda beli.

Melakukan Check Out

Prosedur untuk melakukan check out ini kebalikannya dengan proses check in di hotel. Setelah kamar sudah Anda rapikan seperlunya dan diri Anda pun sudah mandi, silakan pergi menuju ke ruangan resepsionis untuk melakukan proses check out. Utarakan maksud Anda untuk check out dari hotel tersebut kepada petugas yang berjaga. Biasanya Anda akan diberi formulir tertentu untuk ditandatangani. Kemudian berikan lagi formulir tersebut kepada petugas beserta biaya penginapan dan kunci hotel. Setelah itu, uang jaminan akan dikembalikan ke Anda. Kini Anda sudah bisa meninggalkan hotel tersebut.