Panduan Cara Bayar Tiket Busway untuk Anda

Warga Jakarta kini semakin dipermudah kalau mau bepergian ke suatu tempat. Sebab pilihan alat transportasi massalnya begitu banyak. Pemerintah tidak henti-hentinya membuat inovasi dengan menghadirkan angkutan umum terbaru. Salah satunya yaitu busway. Busway ialah bus yang istimewa. Bentuknya mirip seperti bus biasa, tetapi ukurannya lebih besar dengan desain yang begitu menawan. Maka tak heran banyak orang yang tertarik menaikinya.

Busway boleh dinaiki oleh semua orang kok, bukan hanya warga DKI Jakarta saja. Tentunya asalkan orang tersebut membayar tiket terlebih dahulu, maka dia boleh naik busway. Kabar baiknya yaitu harga tiket busway ini terbilang murah loh, meski dari luarnya kendaraan umum ini terlihat mewah sekali. Selain itu, Anda juga bisa menaiki busway berulang-ulang kali cukup dengan membayar sekali saja asalkan tidak meninggalkan area berbayar.

cara-bayar-tiket-busway.jpg

Namun Anda harus mengetahuinya bahwa prosedur membeli tiket busway itu berbeda dengan alat transportasi umum yang lainnya. Cara membayar tiketnya juga berbeda. Pengelola busway memberlakukan tiket berupa tiket elektronik (e-ticket) yang berbentuk kartu. Untuk Anda yang baru pertama kali menaiki busway, Anda bisa membeli e-ticket tersebut di loket yang biasanya ada di setiap halte tempat menunggu kedatangan busway.

Membeli E-Ticket

Anda tidak usah bingung mencari tempat penjualan e-ticket yang bisa digunakan sebagai tiket naik busway. Sebab e-ticket ini dijual di seluruh loket yang ada di halte busway. Silakan Anda tinggal menuju ke halte busway terdekat, lalu pergilah ke loket. Sampaikan maksud Anda kepada petugas yang berjaga bahwa Anda berniat untuk membeli e-ticket. Petugas kemudian akan menawari Anda berbagai pilihan e-ticket. Silakan Anda pilih sesuai kebutuhan.

Di sini Anda hanya perlu memberikan uang pembayaran kepada petugas. Anda sama sekali tidak dimintai fotocopy KTP atau pun dokumen kependudukan yang lainnya. Jadi siapa pun bisa membeli e-ticket ini. Termasuk bagi Anda yang belum mempunyai KTP sendiri, Anda tetap bisa membeli kartu e-ticket untuk naik busway ini. E-ticket yang baru Anda beli sudah memiliki saldo. Jadi Anda bisa langsung menggunakannya tanpa perlu mengisi ulang saldo terlebih dahulu.

Menggunakan E-Ticket

Setelah Anda berhasil mendapatkan e-ticket, silakan Anda pergi menuju ke area berbayar. Ini merupakan area yang berfungsi untuk menunggu kedatangan busway. Siapa pun orang yang sudah berada di area ini artinya dia sudah membayar tiket naik busway dan berhak untuk menaiki busway. Di area berbayar juga terdapat berbagai papan informasi yang berguna bagi para penumpang. Contohnya yaitu papan berisi rute perjalanan busway berdasarkan nomor kendaraannya.

Ada sebuah palang yang menjadi pintu masuk area berbayar. Silakan Anda letakkan e-ticket pada pemindai sampai palang pintunya terbuka. Barulah kemudian Anda bisa memasuki area berbayar. Ingat, e-ticket hanya bisa digunakan sekali saja untuk setiap kali perjalanan. Apabila Anda pergi bersama orang lain, maka setiap orang harus mempunyai e-ticket. E-ticket tersebut tidak bisa digunakan bersama-sama meskipun saldo di dalamnya mencukupi. Orang lain bisa menggunakan e-ticket Anda asalkan Anda sudah keluar dari area berbayar. Jadi satu kartu hanya boleh satu kali check in.

Menaiki Busway

Setelah Anda berhasil memasuki area berbayar berarti Anda dinyatakan sudah membayar tiket busway. Selanjutnya Anda tinggal menunggu kedatangan busway yang akan mengantarkan ke tempat tujuan. Jangan sampai salah menaiki busway. Anda bisa mencari informasi busway koridor berapa yang menuju ke tempat tujuan Anda pada papan petunjuk yang tersedia. Baca baik-baik informasi pada papan tersebut.

Jika busway yang dimaksud sudah datang, biarkan penumpang dari bus untuk turun terlebih dahulu, kemudian Anda bisa segera menaikinya. Berhati-hatilah saat menaiki busway tersebut supaya Anda tidak jatuh terperosok. Duduklah dengan baik di kursi yang paling cocok dengan Anda. Nikmati perjalanan Anda. Setelah busway berhenti di halte tujuan Anda, Anda bisa langsung turun dari bus tersebut tanpa perlu membayar apapun lagi. Untuk keluar dari area berbayar, Anda cukup menempelkan e-ticket pada pemindai sampai palang terbuka.