Macam-macam Kelas di Kereta Api Indonesia

PT Kereta Api Indonesia terus melakukan inovasi untuk membuat masyarakat merasa semakin nyaman saat berkendara menggunakan jasa angkutan massal kereta api. PT KAI mempunyai beberapa pembagian subkelas yang menyesuaikan target marketnya. Tahukah Anda, pilihan kelas kereta di Indonesia saat ini ada 5 macam loh. Di antaranya yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis, kelas eksekutif, kelas prioritas, dan kelas sleeper.

Dengan adanya pilihan yang semakin banyak ini, tentu kita sebagai orang-orang yang hobi banget melancong ke tempat wisata akan semakin dimudahkan. Mau tiket kereta yang harganya murah atau kereta dengan kualitas layaknya pesawat? Sekarang Anda bisa memilihnya dengan leluasa. Bahkan kereta kelas sleeper memungkinkan kita bisa tidur di dalam gerbong loh. Kurang menarik apa coba? Inilah saatnya mewujudkan salah satu impian kecil Anda.

macam-macam-kelas-kereta.jpg

Yuk kita telusuri lebih jauh tentang kelas-kelas di kereta api ini.

Kelas Ekonomi

Keunggulan kereta kelas ekonomi adalah harga tiketnya yang murah meriah. Bahkan dibandingkan dengan harga tiket bis, tiket kereta ekonomi ini lebih murah. Sedangkan selisih harga tiket dengan kelas kereta bisnis bisa mencapai 2 kali lipat lebih murah.

Setiap gerbong kereta kelas ekonomi mempunyai kapasitas 106 kursi penumpang. Kereta ini menggunakan kursi berupa bangku sambung yang bisa memuat 2 dan 3 orang. Bangkunya dilengkapi sandaran yang tegak dengan lapisan busa yang tidak terlalu tebal. Setiap gerbong juga memiliki fasilitas standar yaitu toilet, AC, dan colokan listrik.

Kelas Bisnis

Kereta kelas bisnis berada di atas kereta kelas ekonomi sehingga harga tiketnya pun lebih mahal. Berbeda dengan kursi di kereta ekonomi, kereta bisnis sudah menggunakan bangku individu. Jadi setiap penumpang mendapatkan jatah satu bangku yang disusun menjadi dua baris.

Di dalam gerbong juga hanya diisi dengan 64 kursi saja sehingga  jarak kaku pun terasa lebih lapang. Bangku tersebut bisa diubah arah hadapnya, tetapi tidak bisa direbahkan atau diatur sudut kemiringan sandarannya. Di dalam gerbong ini juga dilengkapi AC, colokan listrik, dan toilet.

Kelas Eksekutif

Kereta kelas eksekutif kelihatannya mirip seperti kereta kelas bisnis, namun sebenarnya kedua jenis kereta ini berbeda. Kereta kelas eksekutif berada di level yang lebih tinggi karena setiap gerbong hanya diisi dengan 50 kursi. Hal ini membuat kondisi interior menjadi lapang dan lebih nyaman.

Kereta kelas eksekutif juga menggunakan kursi dengan lapisan busa yang empuk, bisa diubah arah hadapnya, dan sandarannya pun dapat direbahkan sampai 50 derajat. Selain fasilitas standar seperti AC, toilet, dan colokan listrik, Anda juga akan mendapatkan fasilitas premium berupa bantal, selimut, dan televisi jika naik kereta jenis ini. Selain itu, kereta eksekutif juga memiliki waktu tempuh yang lebih cepat sebab tidak berhenti di banyak stasiun.

Kelas Prioritas

Namanya juga kereta kelas prioritas, jadi kereta ini dipenuhi oleh segudang fasilitas premium. Bahkan kereta kelas eksekutif pun masih kalah jauh. Semua fasilitas yang ada di dalam kereta ini dapat dinikmati secara pribadi. Contohnya nih AVOD (Audio Video on Demand) di setiap kursi penumpang serta makanan alat carte.

Kondisi di dalam gerbong kereta prioritas juga begitu mewah. Kursi yang digunakan menyerupai kursi pesawat yang memiliki tumpuan kaki dan sandarannya bisa direbahkan memakai tuas, di mana kapasitas setiap gerbong hanya sebanyak 28 penumpang. Sebenarnya kereta wisata juga termasuk kereta prioritas. Namun perbedaannya yaitu tiket kereta wisata harus dibeli secara borongan. Sedangkan tiket kereta prioritas ini bisa dibeli satuan.

Kelas Sleeper

Kelas sleeper merupakan kelas paling mewah yang dimiliki oleh kereta api di Indonesia. Perbedaan yang paling signifikan jika dibandingkan dengan kelas-kelas lainnya yaitu adanya partisi di setiap bangku penumpang sehingga memberikan dapat privasi yang lebih baik. Sandaran bangkunya pun dapat direbahkan sampai 150 derajat menggunakan tombol otomatis.

Tentu saja kereta kelas sleeper menggunakan bangku yang sangat empuk. Hal ini dilakukan untuk memastikan Anda benar-benar merasa nyaman sampai bisa tertidur nyenyak dengan tubuh yang direbahkan. Di setiap bangku terdapat televisi 12 inci berteknologi touchscreen, earphone, colokan listrik universal, dan USB charger. Selama perjalanan, Anda juga akan mendapatkan jamuan berupa makan dua kali, minuman, dan camilan yang lezat.