Langkah-langkah Cara Naik Bus Damri di Bandara

Tidak usah bingung mau meneruskan perjalanan Anda menggunakan kendaraan apa setelah selesai menaiki pesawat terbang. Sebab di bandara, ada banyak sekali pilihan angkutan umum yang tersedia. Jadi sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot memberitahukan kepada sanak famili di rumah untuk menjemput Anda di bandara. Manfaatkan saja berbagai pilihan angkutan umum yang ada di bandara untuk mengantarkan Anda ke rumah.

Misalnya yaitu taksi. Bukan taksi online ya karena angkutan umum berbasis online memang tidak diperbolehkan beroperasi di area bandara dan sekitarnya. Melainkan taksi resmi bandara tersebut. Anda bisa menaiki taksi, baik taksi argo maupun taksi non-argo, untuk mengantarkan perjalanan Anda. Kalau mau menaiki angkutan yang biayanya lebih murah lagi, cobalah Anda menaiki bus damri. Dijamin deh tarifnya jauh lebih murah daripada taksi.

cara-naik-damri-bandara.jpg

Bagi Anda yang belum pernah naik bus damri di bandara, kami bagikan panduan langkah-langkahnya untuk Anda!

Pergi ke Terminal Bus Damri

Mula-mula Anda bisa menuju ke terminal bus damri yang ada di dalam bandara terlebih dahulu. Biasanya lokasi terminal ini berada tidak jauh dari pintu keluar bandara. Seharusnya Anda bisa menemukannya dengan mudah. Kalau Anda tidak tahu tempatnya, jangan malu bertanya kepada petugas bandara. Anda bisa bertanya kepada petugas security tentang lokasi terminal bus damri tersebut. Mereka pasti akan menunjukkannya dengan senang hati. Silakan ikuti petunjuk dari petugas tadi untuk menuju ke terminal bus damri.

Pilih Bus Damri yang Tepat

Di terminal, terdapat cukup banyak bus damri yang terparkir dan siap mengantarkan para penumpang ke tempat tujuannya. Setiap bus mempunyai rute perjalanan yang berbeda-beda. Jadi Anda tidak boleh salah dalam menaiki bus supaya tidak tersesat di jalan. Rute perjalanan bus damri ini biasanya sudah ditunjukkan oleh papan informasi yang ada di dekat setiap bus. Jika masih ragu, Anda bisa bertanya kepada para kondektur yang ada di terminal ini. Mereka akan menunjukkan bus yang paling sesuai dengan tempat yang Anda tuju.

Naik ke Dalam Bus Damri

Setelah Anda sudah tahu bus damri yang mana yang bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan, sebaiknya Anda segera menaikinya. Pilih tempat duduk yang paling nyaman menurut Anda. Jangan menunda-nunda waktu untuk duduk di luar bus terlebih dahulu sebab bukan tak mungkin Anda tidak akan mendapatkan jatah kursi. Tenang saja. Kondisi bus damri ini bersih kok. Tempat duduknya juga lumayan nyaman. Dengan ukuran tempat duduk yang cukup luas, Anda bisa bersantai di sini dan tidak perlu berdesak-desakan dengan penumpang yang lain.

Bayar Biaya Tiket Anda

Konsep pembayaran tiket bus damri ini kurang lebih mirip seperti bus angkutan umum biasa. Jadi Anda tidak perlu membeli tiket di loket khusus terlebih dahulu. Anda tinggal langsung menaiki bus damri ini. Sesaat sebelum bus damri ini berangkat, bakal ada petugas khusus yang meminta uang pembayaran kepada setiap penumpang. Anda cuma perlu menyebutkan tempat tujuan kepada petugas tersebut. Selanjutnya petugas ini akan menyebutkan ongkos perjalanan yang harus dibayar. Anda bisa membayar sesuai nominal yang disebutkan oleh petugas.

Turun di Halte Tujuan

Jangan khawatir Anda bakal tersesat di tengah jalan atau turun di tempat yang tidak semestinya. Sebab petugas bus damri akan mengingat tempat tujuan Anda dengan baik. Setelah tiba di tempat tersebut, bus ini bakal berhenti. Kemudian Anda akan diberitahukan oleh petugas bahwa sudah sampai tiba di lokasi tujuan. Karena memang sudah sampai, Anda bisa turun dari bus ini. Tidak perlu terburu-buru ya. Tetaplah berjalan dengan hati-hati dan selalu waspada terhadap setiap kemungkinan. Kini Anda pun sudah sampai di tempat tujuan.