Kiat-kiat Merayakan Tahun Baru Imlek China

Tidak terasa sebentar lagi perayaan Tahun Baru China akan segera tiba. Sudah menjadi tradisi bagi kaum Tionghoa untuk merayakan Hari Imlek tersebut. Sama seperti tahun baru masehi atau tahun baru hijriah, tahun baru imlek begitu bermakna bagi penduduk dari Negeri Tirai Bambu. Ini merupakan momen istimewa, di mana kita bisa menyambut hari baru bersama-sama dengan harapan agar bahagia, beruntung, dan berumur panjang.

Namanya juga tahun baru bagi etnis China, maka tak heran kalau perayaan Imlek kental sekali dengan kebudayaan khas Tionghoa. Walaupun Anda saat ini tinggal di Indonesia, tetapi Anda tidak boleh melupakan para leluhur. Kebudayaan ini begitu menarik. Berbeda sekali dengan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia. Hal ini yang membuat perayaan Imlek terasa sangat spesial bukan hanya bagi warga Tionghoa saja, tetapi semua orang.

tips-merayakan-imlek.jpg

Buatlah perayaan Tahun Bari Imlek kali ini terasa menyenangkan dengan kiat-kiat sebagai berikut!

Kiat 1. Kunjungi Kelenteng Terlebih Dahulu

Di permulaan Hari Imlek sebaiknya Anda mengawali hari dengan pergi ke kelenteng terlebih dulu sebelum ke tempat manapun. Buatlah awal hari Anda memiliki energi yang positif. Kemudian Anda bisa melakukan upacara sembahyang dengan penuh perasaan khidmat. Berdoalah dengan baik. Anda harus mensyukuri kehidupan selama ini dan berharap kebaikan di hari yang akan datang. Jangan lupa untuk mendoakan pula seluruh keluarga besar dan kerabat dekat Anda.

Kiat 2. Menikmati Hidangan Keberuntungan

Merayakan Hari Imlek tidak lengkap rasanya tanpa menyantap makanan dan minuman khas. Yap, sama seperti perayaan yang lain, ada beberapa hidangan yang selalu ada di Perayaan Hari Raya Imlek. Tidak cuma untung mengganjal perut semata, hidangan-hidangan ini juga diyakini mampu mendatangkan keberuntungan bagi para penikmatnya. Di antaranya yaitu kue taro, kue lobak, kue keranjang, kue beras ketan (niangao), puding beras (babaofan), ikan bandeng, dan pangsit goreng (jaugok).

Kiat 3. Menonton Atraksi dan Festival

Rayakanlah Hari Imlek bersama orang-orang yang lainnya. Jangan berdiam diri di rumah saja. Anda bisa pergi keluar untuk menonton festival. Apalagi kalau bukan atraksi barongsai dan liong. Kedua pertunjukan ini wajib ditonton di Hari Imlek. Kalau beruntung, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan tarian, nyanyian, komedi, dan atraksi khas dari Negeri Tirai Bambu. Di televisi juga biasanya banyak disiarkan film-film dari genre Mandarin.

Kiat 4. Mengunjungi Bazar Murah

Jangan lewatkan kesempatan berburu barang mewah dengan harga murah ketika Hari Imlek tiba. Sebab tidak sedikit acara bazar yang diadakan untuk menyambut hari yang istimewa ini. Di bazar Anda bisa menemukan berbagai barang yang harganya miring. Bahkan jika beruntung, Anda bisa mendapatkan barang unik, langka, hingga bermerek. Di sini diperlukan kecermatan Anda dalam menilai harga asli barang. Karena tak jarang ada penjual nakal yang menyematkan diskon palsu.

Kiat 5. Menonton Pesta Kembang Api

Sama seperti perayaan tahun baru masehi, Hari Imlek pun biasa dirayakan dengan pesta kembang api. Namun bedanya pesta kembang api saat Imlek jauh lebih meriah. Bukan hanya saat malam pergantian tahun baru saja kembang api tersebut dinyalakan, tetapi saat malam perayaan Hari Imlek juga. Jadi Anda tidak boleh melewatkan acara yang menarik ini. Pesta kembang api akan menutup hari Anda waktu Imlek dengan indah.