Jenis-jenis Tiket MRT (Mass Rapit Transit) di Jakarta

Warga DKI Jakarta kini patut berbangga hati. Pasalnya ada satu moda transportasi massal yang baru saja selesai dibuat tahun ini. Tidak lain yaitu MRT (Mass Rapit Transit). Sekilas MRT ini mirip seperti kereta api. MRT mempunyai rangkaian gerbong yang panjang dan kita pun harus menunggu di stasiun kalau ingin menaikinya. Perbedaannya adalah MRT hanya melayani rute perjalanan di dalam kereta. Laju keretanya pun jauh lebih cepat daripada kereta api biasa.

Untuk bisa menaiki MRT, Anda perlu membeli tiketnya terlebih dahulu di stasiun khusus. Kami sudah pernah memberikan panduan bagaimana Anda bisa mendapatkan tiket MRT ini. Perlu Anda ketahui, terdapat dua jenis tiket MRT. Ketika melakukan pembelian, Anda akan ditawari oleh petugas ingin membeli tiket yang berjenis apa. Kurang lebih jenis tiket tersebut hampir sama seperti tiket pada kereta Commuter Line Jabodetabek.

jenis-jenis-tiket-mrt.jpg

Jenis-jenis tiket MRT antara lain single journey ticket dan multiple journey ticket. Yuk, kita ketahui lebih dalam tentang jenis-jenis tiket tersebut.

Single Journey Ticket

Single journey ticket adalah tiket MRT yang dapat digunakan untuk sekali perjalanan. Tiket ini hanya bisa dipakai untuk naik MRT satu kali saja menuju ke stasiun yang ditentukan. Nantinya setelah sampai di stasiun tujuan, Anda bisa mengembalikan tiket ini kepada petugas. Tapi tenang Anda pun diperbolehkan untuk menyimpan tiket tersebut. Karena memiliki penampilan yang sangat menarik, tidak jarang penumpang menyimpannya sebagai kenang-kenangan.

Multiple Journey Ticket

Multiple journey ticket adalah tiket MRT yang bisa dipakai berkali-kali. Anda bisa melakukan berulang-ulang kali perjalanan ke berbagai stasiun tujuan hanya dengan menggunakan satu tiket ini. Namun tentu saja, Anda tetap harus membayar biaya perjalanan setiap kali hendak menaiki MRT. Biaya tersebut diambil dari saldo yang memang tersimpan di dalam kartu multiple journey ini.

Jadi tiket multiple journey ini tidak ubahnya seperti dompet digital yang bisa menyimpan uang elektronik. Anda pun dapat melakukan pengisian ulang (top up) saldo ke tiket ini. Kalau dibandingkan dengan single journey ticket, multiple journey ticket ini jauh lebih praktis. Anda tidak perlu membeli tiket lagi setiap kali hendak naik MRT. Cukup lakukan proses check in di stasiun MRT menggunakan tiket ini, maka Anda sudah bisa langsung menaiki MRT.