Jenis-jenis Kembang Api Ternyata Ada Banyak Loh!

Acara perayaan akan semakin meriah manakala ada pesta kembang api di dalamnya. Misalnya seperti perayaan Malam Tahun Baru, Idul Fitri, Imlek, dan Natal. Disebut kembang api karena benda ini mampu menghasilkan api yang nyalanya membentuk pola yang indah menyerupai bunga/kembang. Untungnya bermain kembang api diperbolehkan di Negara Indonesia. Kembang api akan terlihat menakjubkan saat dinyalakan pada malam hari.

Kembang api mempunyai variasi yang beraneka ragam. Anda bisa melihatnya langsung di lapak para pedagang, di mana mereka menyediakan berbagai macam kembang api. Cara memainkan serta pola api yang dihasilkannya menjadi pembeda kembang api tersebut. Ada kembang api yang sangat aman sehingga bisa dimainkan oleh anak-anak. Namun ada pula kembang api yang harus dinyalakan oleh orang dewasa sebab Anda butuh trik untuk menyalakannya.

jenis-jenis-kembang-api.jpg

Berikut ini beberapa jenis kembang api yang ada di Indonesia. Di sini kami memakai istilah dalam bahasa inggris sebab belum tahu nama bakunya dalam bahasa indonesia. Anda mungkin bisa memberitahukan melalui kolom komentar.

Sparkler

Sparkler merupakan kembang api yang paling aman. Bahkan anak kecil pun diperbolehkan untuk memainkannya. Kembang api jenis sparkler terdiri dari pegangan dari kawat dan serbuk di bagian ujungnya. Anda bisa memegang kembang api ini pada bagian pangkalnya, kemudian nyalakan bagian ujungnya memakai korek api. Maka percikan bunga api pun akan tercipta. Anda bisa menggerak-gerakkan kembang api ini untuk membentuk pola yang indah.

Petasan

Petasan disukai bukan karena bunga api yang dihasilkannya, melainkan suara keras yang timbul. Petasan mampu mengeluarkan suara yang sangat keras sampai memekakkan telinga. Anak-anak biasanya paling suka bermain petasan di lapangan. Mereka memainkan kembang api ini bukan diarahkan ke orang lain, tapi area terbuka seolah-olah itu merupakan tembakan. Namun sekarang petasan sudah dilarang di Indonesia karena dianggap berbahaya.

Roket

Roket mirip sekali dengan petasan. Daya tariknya hanya terletak pada suara letusan yang dihasilkannya, bukan keindahan pola bunga api yang dihasilkannya. Kalau memainkan petasan, Anda perlu melemparkannya sejauh mungkin. Tapi berbeda dengan roket. Setelah sumbunya dinyalakan, roket akan meluncur ke atas lalu meledak di langit. Kembang api jenis ini mampu membuat suasana perayaan semakin ramai oleh suara letusannya.

Air Mancur

Kembang api jenis air mancur juga mudah kita jumpai di pedagang pinggir jalan. Biasanya anak kecil paling suka dengan kembang api yang satu ini. Dinamakan air mancur sebab kembang api ini mampu menghasilkan percikan bunga api yang sangat banyak dan mengarah ke atas. Jika dilihat mirip sekali dengan aliran air pada air mancur. Untuk menyalakannya, Anda hanya perlu meletakkan kembang api ini di bidang datar lalu nyalakan sumbunya.

Pinwheel

Salah satu kembang api yang paling sering dinyalakan adalah pinwheel. Pinwheel mampu membuat pola bunga api yang begitu indah di udara. Kembang api ini dilengkapi dengan tongkat. Anda perlu menancapkan tongkat tersebut, lalu nyalakan sumbu kembang api. Maka pinwheel pun akan meluncur ke udara kemudian meletus menghasilkan bunga api yang membentuk kincir angin yang begitu indah.

Shell

Shell bisa dibilang merupakan gabungan antara kembang api jenis rocket dan pinwheel. Shell akan meluncur ke udara saat sumbunya dinyalakan memakai api. Setelah itu, shell akan meletus menghasilkan suara yang keras. Beberapa saat kemudian tercipta bunga api yang berbentuk lingkaran menyerupai kincir angin. Anda bisa menggunakan kembang api jenis shell untuk menciptakan suasana yang meriah sekaligus menakjubkan.

Repeater

Repeater adalah kembang api yang dibuat dengan menggabungkan beberapa pinwheel menjadi satu. Jadi cukup sekali saja Anda menyalakan kembang api jenis ini, maka selanjutnya akan tercipta banyak sekali kembang api di langit. Biasanya sebuah kembang api repeater mampu menghasilkan sekitar 8-12 bunga api dalam waktu yang bersamaan. Tentu perasaan Anda akan semakin puas apabila menyalakan bunga api jenis ini.

Roman Candle/Tube

Kembang api roman candle disebut pula tube. Ini merupakan kembang api yang sangat unik. Jika biasanya kembang api menghasilkan percikan bunga api berbentuk lingkaran yang mirip seperti kincir angin, berbeda dengan kembang api jenis roman candle/tube. Percikan bunga api yang dihasilkannya berbentuk menyerupai lilin yang bergelombang. Anda bisa berkreasi dalam menciptakan kemeriahan di langit menggunakan kembang api ini.