Dijamin Puas Banget Pakai 15 Tips Ini Saat Makan di Restoran All You Can Eat

Anda mungkin mempunyai hobi makan? Senang memakan bahan-bahan makanan yang enak dan unik? Yakin bisa makan dalam jumlah yang banyak tanpa berhenti? Kalau iya, Anda wajib banget coba pergi ke restoran yang memiliki konsep all you can eat. Restoran all you can eat ialah restoran yang menawarkan kesempatan bagi para konsumennya untuk bisa makan sepuas-puasnya. Hanya dengan melakukan sekali pembayaran saja, Anda bisa memakan semua hidangan di restoran tersebut sepuas hati.

Tren restoran dengan konsep all you can eat sepertinya kini sedang mewabah di Indonesia. Kebanyakan adalah restoran yang menyajikan menu makanan khas luar negeri seperti Jepang, Korea, Perancis, dan Amerika. Namun ada satu dua restoran khas Indonesia yang mencoba mengusung konsep all you can eat ini. Berhubung biaya yang mesti Anda keluarkan untuk makan di restoran tipe all you can eat lumayan mahal, maka Anda harus mampu menghabiskan banyak makanan supaya untung besar dan tidak rugi.

cara-makan-all-you-can-eat.jpg

Silakan Anda bisa mengikuti kiat-kiat makan di restoran all you can eat di bawah ini!

Pilih Restoran dengan Makanan yang Anda Sukai

Sama halnya seperti Anda hendak pergi ke restoran biasa, ketika mau mengunjungi restoran all you can eat pun Anda harus mencari tahu menu makanan yang ditawarkan di sana terlebih dahulu. Anda harus tahu pasti apa saja makanan-makanan yang bakal didapatkan saat makan di tempat tersebut. Jikalau memang restoran tersebut menyediakan makanan yang tidak terlalu Anda sukai, sebaiknya jangan pergi deh karena dijamin Anda tidak mampu menghabiskan banyak makanan. Pergilah hanya ke restoran all you can eat yang memang menawarkan makanan-makanan favorit Anda.

Kenakan Pakaian yang Longgar dan Hindari Ikat Pinggang

Dilarang keras mengenakan pakaian yang seksi, ketat, atau mempunyai bentuk yang pas dengan tubuh Anda. Apalagi jika pakaian tersebut harus dikenakan menggunakan ikat pinggang, maka sebaiknya Anda harus menghindarinya. Kenapa sih? Sebab tubuh Anda, terutama bagian perut, akan terasa penuh dan sesak apabila Anda mengenakan pakaian-pakaian tersebut. Kami sarankan cobalah Anda mengenakan pakaian yang longgar sehingga akan tetap terasa nyaman meskipun Anda kekenyangan nanti. Dijamin deh saat kekenyangan, perut Anda akan membesar berkali-kali lipat.

makan-all-you-can-eat.jpg

Jangan Datang dengan Perut yang Benar-benar Kosong

Ada banyak orang yang tidak makan sama sekali sejak dari pagi ketika dia berencana hendak pergi ke restoran all you can eat. Alasannya sih biar kondisi perutnya benar-benar sehingga menganggap dapat menghabiskan banyak makanan. Sebenarnya ini merupakan pemikiran yang keliru. Ketika perut kosong, Anda justru tidak akan mampu memakan banyak hidangan. Perut Anda akan terasa sakit kalau tiba-tiba dipaksa memroses makanan yang banyak sekali. Kurang lebih kejadiannya mirip seperti berbuka puasa yang harus makan sedikit agar perut tak sakit. Jadi sebaiknya Anda makan dahulu dari rumah.

Pilihlah Waktu Makan Ketika Pagi atau Siang Hari

Anda bisa pergi ke restoran all you can eat kapan pun Anda mau. Namun kami sarankan pilihlah waktu makan saat pagi atau siang hari. Selain karena biasanya antreannya lebih sedikit, kondisi tubuh saat pagi dan siang juga lebih bugar daripada malam hari. Anda bahkan bisa mempersiapkan diri sebelumnya agar siap menghabiskan makanan dan minuman yang banyak. Berbeda dengan waktu malam hari, di mana kondisi tubuh kita sudah diatur supaya beristirahat. Alasan lainnya ialah beberapa restoran all you can eat menawarkan harga paket yang lebih murah saat pagi atau siang hari.

makan-di-restoran-all-you-can-eat.jpg

Dianjurkan untuk Berolahraga Sebelum Makan Besar

Kalau bisa sih sebelum Anda pergi ke restoran all you can eat lakukan olahraga terlebih dahulu. Dengan berolahraga, Anda bisa membakar kalori yang tersimpan di tubuh, membuat Anda merasa lapar, serta mempersiapkan perut Anda supaya aktif sehingga dapat melakukan pekerjaan yang berat. Cobalah Anda sebelumnya melakukan jogging, bersepeda, berenang, atau memainkan permainan olahraga. Namun tentu saja, setelah selesai berolahraga, Anda mesti mandi terlebih dahulu. Baru deh kemudian langsung pergi ke restoran all you can eat dengan penampilan yang sudah rapi.

Mulailah Memakan Menu Pembuka Dingin ke Hangat

Rata-rata restoran all you can eat mempunyai makanan yang lengkap dari mulai makanan pembuka, makanan penyela, makanan utama, snack, dan makanan penutup. Sebelum memakan hidangan utama, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati makanan pembuka. Sayang banget loh kalau hidangan-hidangan ini tidak Anda perhatikan. Trik makan dari kami ialah cobalah makanan pembuka yang dingin terlebih dahulu, barulah kemudian berlanjut ke hidangan yang hangat. Makanan-makanan yang dingin akan menyegarkan tubuh Anda.

pesan-makan-all-you-can-eat.jpg

Nikmati Hidangan Laut Dulu, Baru Lanjut ke Daging

Hidangan utama di restoran all you can eat umumnya berupa makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging sapi, daging ayam, telur, ikan, cumi-cumi, gurita, dan lain-lain. Sekali lagi kami ingatkan Anda wajib mencoba semua hidangan ini tanpa terkecuali. Agar perut Anda muat menampung seluruh bahan makanan tersebut, mulailah dengan memakan seafood terlebih dahulu. Seafood mengandung serat yang lebih sedikit daripada daging sehingga tak akan membuat perut Anda merasa cepat kenyang. Sehingga Anda pun sanggup menghabiskan lebih banyak makanan.

Ambil Makanan yang Mahal Sebanyak Mungkin

Makan di restoran all you can eat memang membutuhkan biaya yang banyak. Sehingga biasanya orang-orang baru akan ke sini untuk merayakan momen-momen yang spesial saja. Kalau sekali-kali makan di restoran all you can eat memang sepadan sekali lah sebab kita bisa makan banyak sepuas-puasnya. Tapi kalau setiap hari jajan ke sini, mungkin dompet akan berteriak keras. Berhubung harga yang harus Anda keluarkan untuk makan di sini cukup mahal, maka Anda harus banyak mengambil makanan-makanan yang mahal. Khususnya daging harus menjadi perhatian utama Anda.

tips-makan-all-you-can-eat.jpg

Rasakan Semuanya Dalam Porsi yang Kecil Dahulu

Daging memang mempunyai cita rasa yang sangat lezat. Namun kalau Anda hanya makan daging saja saat di restoran all you can eat, Anda bakal rugi besar. Karena di sini bahan makanan yang bisa Anda cicipi ada banyak sekali. Sebaiknya Anda coba semua makanan tersebut. Ketika dalam sesi mencoba bahan makanan satu per satu, ambil sampel makanannya dalam porsi yang kecil saja. Dengan demikian, perut Anda masih mempunyai ruang untuk mencoba makanan yang lainnya. Termasuk menikmati hidangan-hidangan yang Anda favoritkan tentunya.

Memakan Sayuran dan Buah-buahan Harus di Akhir

Selain daging, Anda juga bakal menemukan sayuran dan buah-buahan ketika berada di restoran all you can eat. Bagi Anda yang memang tidak suka sayur, Anda bisa langsung melewatkannya. Tapi kalau Anda termasuk pencinta sayuran dan buah, lebih baik makanlah bahan makanan tersebut di sesi terakhir. Ingatlah bahwa sayuran dan buah mengandung kadar serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut Anda cepat kenyang kalau tanpa sadar sudah memakannya dalam jumlah yang cukup banyak. Rugi dong kalau Anda ke restoran all you can eat cuma makan sayuran dan buah-buahan saja.

trik-makan-all-you-can-eat.jpg

Pilihlah Air Tawar, Teh, atau Minuman yang Tidak Berat

Jangan makan terus-menerus. Perut Anda pun membutuhkan cairan untuk membantunya mencerna makanan. Tenang saja, restoran all you can eat biasanya menyediakan berbagai minuman yang boleh Anda ambil berulang-ulang kali sampai puas. Namun Anda tidak boleh terjebak dengan trik restoran tersebut dalam menyediakan minuman. Hindarilah mengambil minuman yang rasanya sangat manis, minuman bersoda, serta minuman yang nampak berat. Jikalau ada, ambil saja air putih atau teh tawar. Sehingga perut Anda tidak langsung merasa kenyang.

Makanan dan Minuman yang Manis juga Wajib di Akhir

Sebenarnya kami sama sekali tidak melarang Anda untuk mengambil makanan atau minuman yang rasanya manis. Justru Anda harus mengambil makanan dan minuman tersebut sebab kalau tidak akan rugi sekali kesempatan Anda terbuang dengan percuma. Tetapi Anda mesti ingat kalau makanan dan minuman yang manis itu banyak mengandung karbohidrat sehingga dapat membuat perut merasa cepat kenyang. Jadi Anda hanya boleh mengambil makanan dan minuman ini saat di akhir sesi ketika Anda sudah merasa puas memakan semua hidangan yang mahal di sana.

Hindari Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Saat pergi ke restoran all you can eat sih kami sarankan Anda untuk memakan lauk pauknya saja. Jangan mengambil makanan pokok yang umumnya mengandung karbohidrat tinggi. Misalnya yaitu nasi, mie, roti, spaghetti, ramen, udon, bubur, kentang, dan umbi-umbian. Bahan-bahan ini umumnya kita nikmati setiap hari sehingga sayang banget deh kalau perut Anda cuma menampung bahan-bahan tersebut. Tapi kalau Anda tetap ingin mencobanya sih silakan ambil saja dalam porsi yang sedikit. Selezat-lezatnya rasa dari hidangan berkabrohidrat tinggi ini, daging dan seafood masih memiliki rasa yang lebih lezat kok.

Bagi Tugas Antara Mengambil Bahan dan Memasak

Datang ke restoran all you can eat bakalan lebih seru kalau mengajak teman. Dijamin deh Anda tidak bakal merasa malu atau jaim untuk menikmati makanan yang banyak. Jika bisa sih Anda berdua berbagi tugas ya. Jadi ada yang kebagian jatah untuk mengambil bahan makanan dan ada pula yang tugasnya memasak. Dengan saling bahu-membahu dan berbagi tugas, maka masakan Anda pun bakal lebih cepat matang. Ketika satu orang mengambil bahan-bahan makanan, orang yang lainnya memasak bahan-bahan yang telah diambil. Ini artinya Anda pun dapat menikmati makanan yang lebih banyak lagi.

Jika Merasa Kenyang, Coba Berdiri atau Jalan-jalan

Setelah makan dalam jumlah yang cukup banyak, Anda pasti bakalan merasa kenyang. Biasanya rasa kenyang ini sudah mulai muncul di pertengahan sesi makanan. Sayang banget loh kalau Anda langsung pulang padahal kesempatan untuk dapat mengambil makanan lebih banyak lagi masih ada. Solusi untuk menyiasati rasa kenyang tersebut bukanlah meminum minuman. Dengan meminum, Anda justru akan membuat perut semakin terisi sehingga rasanya semakin kenyang. Kalau bisa sih berdirilah atau jalan-jalan mengelilingi interior restoran ketika Anda sudah mulai merasa kenyang,