Dijamin Aman! 6 Tips Mudik dengan Naik Bus Sendiri

Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Mudik namanya. Bahkan kini mudik telah menjadi sebuah adat istiadat yang tak terpisahkan dari momen Lebaran. Paling tidak seminggu sebelum Lebaran, orang-orang sudah mulai melakukan mudik. Ada yang mengendarai kendaraan pribadi. Namun tidak sedikit pula yang memilih menaiki alat transportasi umum seperti bus, kereta, kapal, dan pesawat.

Kali ini Anda mungkin memilih untuk mudik menggunakan bus. Bus memang merupakan salah satu pilihan kendaraan umum yang paling tepat digunakan saat mudik. Bus menawarkan Anda sebuah perjalanan mudik yang nyaman melalui jalur darat. Harga tiketnya pun terbilang cukup murah. Bagi Anda yang ingin pulang ke kampung halaman dengan jarak yang tidak terlalu jauh, bus layak untuk dicoba. Cuma satu masalahnya, tingkat keamanan di bus tidak terlalu bagus.

tips-mudik-naik-bus.jpg

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan pintar menjaga diri saat menaiki bus. Terlebih jika Anda melakukan perjalanan mudik seorang diri. Kiat-kiat berikut ini akan membantu Anda mendapatkan perjalanan dengan bus yang aman dan nyaman.

Gunakan PO Bus yang Sudah Tepercaya

Perusahaan yang menyediakan layanan jasa transportasi berupa bus di Indonesia saat ini ada banyak sekali. Kenyataannya tidak semua PO bus ini memiliki reputasi yang baik. Bahkan kalau dihitung-hitung jumlah PO bus yang reputasinya bagus lebih sedikit. Sebisa mungkin pilihlah PO bus yang sudah ternama untuk Anda gunakan mudik. Anda bisa bertanya kepada kerabat, teman, atau mencarinya di internet. Jangan pernah mau menggunakan bus dari PO yang tidak terkenal, walaupun harga tiketnya lebih murah. Tak jarang terjadi kasus penumpang yang diturunkan di tengah jalan oleh bus dari PO abal-abal ini.

Pilihlah Tipe Bus dengan Kelas Eksekutif

Mudik hanya dilakukan satu kali dalam setahun. Sebagai penghargaan atas diri sendiri yang telah bekerja keras, Anda bisa menaiki bus dengan kelas eksekutif. Jangan pelit ya untuk diri sendiri. Sekali-kali Anda patut merasakan kenyamanan yang berlebih selama perjalanan pulang ke kampung halaman. Walaupun harga tiketnya mungkin mencapai 2 kali lipat lebih mahal, tapi kami jamin Anda tidak akan kecewa setelah menggunakannya. Tidak hanya lebih nyaman, keamanan Anda pun jauh lebih terjamin jika menaiki bus kelas eksekutif.

Siapkan Perjalanan Jauh-jauh Hari

Jangan pernah mudik secara mendadak. Perjalanan mudik harus direncanakan dengan baik paling tidak 3 hari sebelumnya. Saat menyusun rencana, Anda bisa menyiapkan barang-barang yang harus dibawa dalam perjalanan. Pastikan HP Anda sudah terisi pulsa yang cukup sehingga dapat melakukan panggilan telepon sewaktu-waktu. Jika Anda akan mudik ke rumah orang tua sendiri, Anda mungkin tidak perlu membawa pakaian yang terlalu banyak. Bawalah cukup 1-2 setel pakaian pengganti saja. Jika tak terlalu penting, Anda tidak usah membawa oleh-oleh karena akan merepotkan di perjalanan. Anda bisa membeli buah tangan setelah sampai nanti.

Bawalah Uang secara Bijaksana

Hindari membawa uang tunai yang terlalu banyak di dalam dompet. Biarkan uang Anda tetap tersimpan rapi di dalam bank. Anda masih dapat menariknya di bank yang ada di kampung. Bawalah uang tunai secukupnya untuk keperluan Anda membeli makan dan minum selama di dalam perjalanan. Maksimal uang yang tersimpan di dompet adalah Rp 500 ribu. Selain itu, simpan juga uang cadangan maksimal Rp 1 juta di tempat yang aman untuk kebutuhan yang mendadak. Anda bisa menyimpan uang ini di tas pinggang, kaus kaki, atau bahkan pakaian dalam.

Bawa Bekal dan Obat-obatan

Untuk mengusir rasa bosan di dalam bus, beberapa penumpang biasanya memakan snack atau jajanan pasar selama perjalanan. Untungnya hal ini diperbolehkan di bus. Jadi Anda sebaiknya juga membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Sebisa mungkin hindarilah membeli jajanan dari pedagang asongan karena harganya bisa mahal sekali. Saat bus berhenti untuk memberikan kesempatan para penumpang beristirahat sebaiknya Anda juga memilih restoran yang sudah terkenal sebagai tempat untuk makan. Kalau ingin membeli snack atau softdrink pun sebaiknya Anda membelinya di supermarket. Tak jarang pedagang bertindak nakal saat momen mudik ini berlangsung.

Tetap Terhubung dengan Keluarga

Sudah bukan jamannya lagi memberikan kejutan atas kedatangan Anda di kampung halaman. Sebaiknya Anda memberi kabar kepada keluarga di kampung bahwa ingin mudik di hari H. Lalu selama di dalam perjalanan Anda harus terus memberikan kabar kepada keluarga tentang perjalanan Anda. Jangan terlalu pelit dengan pulsa. Lakukan telepon minimal setiap 1 jam sekali. Beri tahukan bahwa Anda sudah sampai di daerah mana. Dengan begini, posisi Anda tetap terpantau, Anda lebih aman, dan keluarga di rumah pun tidak merasa waswas.