Cara Nikmat Makan Buah Delima Langsung dengan Bijinya

Pohon delima kini sudah semakin langka. Jarang orang yang menanam pohon delima ini. Padahal pohon delima memiliki penampilan yang menarik. Tanaman delima cukup indah ditanam sebagai tanaman hias. Bahkan tak sedikit loh penghobi tanaman yang membuat bonsai dari pohon delima. Salah satu daya tarik tanaman delima terdapat pada buahnya. Pohon delima ini nampak begitu sempurna dengan batang dan cabangnya yang banyak, daun-daunnya yang rimbun dan kecil, serta buahnya yang sangat menarik.

Langkanya tanaman delima membuat banyak orang yang belum pernah merasakan buah ini. Kondisi ini tentu sangat miris pohon delima termasuk salah satu tanaman asli Indonesia. Umumnya pohon delima tumbuh subur di pedalaman hutan dan pinggiran sungai. Tapi karena sekarang sudah tidak banyak lagi keberadaan tanaman delima ini, akibatnya orang-orang pun belum pernah memakannya. Mungkin Anda sendiri termasuk salah satunya? Lantas bagaimana sih caranya memakan buah delima itu?

cara-makan-buah-delima.jpg

Tahukah Anda?

Buah delima mempunyai biji-biji kecil berwarna merah. Biji delima ini diselimuti oleh lapisan yang lunak dan mengandung banyak cairan yang disebut arils. Anda tidak perlu memilahnya karena pada dasarnya biji delima ini bisa kita makan kok sebab teksturnya lunak. Anda bisa langsung memakan biji delima ini tanpa perlu memisahkan lapisan arils dari bijinya. Tekstur biji delima ini kurang lebih mirip seperti biji markisa atau biji semangka. Biji tersebut sama sekali tidak membahayakan organ pencernaan Anda jika dimakan. Biji-bijian ini akan hancur sampai lembut saat diproses oleh lambung dan usur.

Berdasarkan nutrisi yang dikandungnya, buah delima banyak mengandung vitamin C. Terang saja karena buah ini memang mempunyai rasa masam yang dominan disertai dengan rasa manis yang cukup terasa. Perlu Anda ketahui, buah delima mengandung setidaknya vitamin C sebanyak 8,9 miligram per buah. Selain itu, buah delima juga memiliki kandungan antioksidan dan kalium hingga mencapai 205 miligram. Kandungan lemak sehat juga terdapat di dalam buah delima yang dapat membantu memelihara tingkat kesehatan jantung. Sedangkan jumlah kalorinya yaitu 72 kalori.

memakan-biji-delima.jpg

Cara Makan Buah Delima

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa menikmati buah delima ini, di antaranya yaitu :

  1. Memakannya secara langsung. Bagi Anda yang memang pencinta rasa masam bisa mencobanya. Buah delima ini terasa begitu nikmat karena memiliki rasa masam-masam manis.
  2. Kalau ingin mengolah buah delima, pilihan yang paling tepat tentunya adalah jus. Anda dapat langsung memasukkan biji delima ini ke blender. Tambahkan es ya biar semakin nikmat.
  3. Selanjutnya Anda juga bisa membuat selai dari buah delima. Resepnya sih sama saja seperti cara membuat selai pada umumnya. Cuma kali ini Anda perlu menambahkan biji-biji delima.
  4. Buah delima juga bisa dijadikan bumbu masakan loh. Anda dapat memanfaatkannya sebagai bumbu pengganti asam jawa, belimbing wuluh, atau cuka.
  5. Kalau Anda suka menikmati salad, Anda bisa membuat salad dengan tambahan buah delima. Rasanya dijamin pasti akan semakin segar deh.