Cara Naik Eskalator yang Benar dan Aturan-aturannya

Saat Anda pergi ke mall, hotel bintang lima, atau restoran mewah umumnya ada tangga yang mampu berjalan sendiri. Namanya bukan lain adalah eskalator. Eskalator ini berbeda dengan lift ya. Kalau lift wujudnya berupa ruangan yang dapat naik dan turun. Sedangkan eskalator merupakan tangga yang berjalan, baik ke atas atau bawah. Dengan menaiki eskalator ini, kita tidak perlu membuang-buang tenaga untuk memijaki setiap anak tangganya. Cukup berdiri saja di salah satu anak tangga eskalator, maka kita sudah sampai di lantai atas atau bawah.

Kini eskalator selalu digunakan di bangunan-bangunan publik di Indonesia. Sayangnya cuma di daerah perkotaan saja bangunan yang sudah mempunyai eskalator. Sedangkan bagi Anda yang kebetulan tinggal di pedesaan kemungkinan kecil bisa merasakannya. Satu-satunya jalan keluar yaitu Anda harus pergi ke mall yang terdapat di daerah perkotaan. Pasti mall tersebut memiliki eskalator di dalamnya. Sebab eskalator juga akan meningkatkan daya tarik dan nilai suatu mall. Setelah tiba di mall tersebut, Anda bisa mencoba menaiki eskalator yang tersedia. Gratis kok!

cara-naik-eskalator-yang-benar.jpg

Di bawah ini langkah-langkah bagaimana cara menaiki eskalator dengan baik dan benar!

  1. Pilih Eskalator Sesuai Tujuan Anda

Terdapat dua jenis eskalator yaitu eskalator naik dan eskalator turun. Eskalator naik berfungsi untuk mengantarkan kita ke lantai atas. Sementara eskalator turun untuk membawa kita ke lantai bawah. Pilihlah eskalator sesuai dengan tujuan Anda, apakah mau naik ke lantai atas atau turun ke lantai bawah dari posisi saat ini. Hindari melawan arah arus eskalator karena sangat mengganggu orang lain.

  1. Pijakkan Kaki dan Pegang Handrail-nya

Bagi Anda yang baru pertama kali menaiki eskalator, Anda mungkin akan merasa agak terkejut ketika berada di atas eskalator. Bahkan bukan tak mungkin Anda bisa terjatuh karena mengalami limbung akibat tubuh yang tidak seimbang saat berada di eskalator. Supaya Anda tetap aman, pijakkan kaki Anda ke anak tangga eskalator sembari tangan langsung memegangi handrail untuk menjaga tubuh Anda. Tidak masalah apakah kaki kanan atau kaki kiri dulu yang berada di eskalator.

  1. Lebih Baik Posisikan Tubuh di Tengah

Kalau Anda sendirian di atas suatu anak tangga eskalator, lebih baik posisikan tubuh Anda tepat berada di tengah-tengah anak tangga tersebut untuk menjaga tingkat keseimbangannya. Walaupun eskalator saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih, namun tidak ada salahnya Anda berjaga-jaga dari kemungkinan yang paling buruk. Menempatkan tubuh Anda di posisi tengah juga akan membuat pergerakan lebih leluasa.

  1. Tetap Bersikap Tenang dan Waspada

Beberapa orang yang baru kali pertamanya menggunakan eskalator akan merasa takut setengah mati. Hal ini wajar saja. Sebab memang ada sejumlah kejadian, di mana seseorang terjepit di ujung eskalator, khususnya eskalator yang sudah rusak dan tidak terawat. Jadi selama berada di atas eskalator, Anda harus tetap waspada. Jangan bercanda dulu dengan orang lain. Atasi rasa takut ini dengan tetap bersikap tenang dan berpikir positif.

  1. Segera Melangkah Setelah Sampai

Di ujung eskalator, baik tangga yang naik maupun turun, biasanya mempunyai area datar yang cukup panjang. Sehingga Anda dapat melihat ujung eskalator tersebut dengan jelas. Sesaat sebelum anak tangga yang dipijaki oleh kaki Anda mencapai bagian ujung eskalator dan masuk ke dalam lantai, Anda harus segera melangkahkan kaki dari anak tangga eskalator tersebut. Pijakkan kaki Anda ke atas lantai, kemudian segera melangkah ke depan supaya tidak mengganggu orang lain di belakang Anda.

Agar Anda tetap aman saat menggunakan eskalator, ikuti kiat-kiat di bawah ini!

  • Jangan membawa barang yang berat
  • Disarankan berdiri di posisi tengah
  • Tetap berkonsentrasi dan hati-hati
  • Hentikan bermain dan jangan melamun
  • Pastikan tali sepatu Anda sudah terikat
  • Jagalah anak-anak yang bersama Anda
  • Jangan malu untuk memegang handrail
  • Hindari mengenakan gaun yang panjang
  • Dilarang duduk di atas anak tangga
  • Jangan gantungkan tas Anda di handrail
  • Selalu sigap saat melangkah ke tangga
  • Segera melangkah setelah tiba di tujuan