Cara Naik dan Turun Memakai Lift yang Benar

Kemajuan di bidang teknologi benar-benar berhasil membantu manusia dalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Kini semua kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Bahkan untuk sekadar menaiki atau menuruni bangunan bertingkat pun sudah ada alat bantunya. Kita tidak perlu repot lagi menggunakan tangga yang menguras banyak tenaga. Sebab kini sudah ada lift yang siap mengantarkan Anda ke lantai berapa pun yang diinginkan.

Keberadaan lift telah sukses menggantikan peran tangga untuk menjangkau tempat yang ada di posisi lebih tinggi atau lebih rendah. Anda tinggal memasuki ruangan lift tersebut, kemudian memilih angka sesuai lantai yang ingin dituju. Maka dengan sigap, lift pun akan mengantarkan Anda ke lantai tersebut. Memang benar kalau cara menggunakan lift ini sebenarnya sangatlah mudah. Namun bagi orang yang pertama kali mencobanya pasti akan merasa bingung.

cara-naik-lift-yang-benar.jpg

Jika Anda termasuk orang yang baru pertama kali naik lift, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang justru akan membuat malu diri sendiri. Silakan Anda pelajari cara yang benar dalam menggunakan lift berikut ini, baik saat Anda ingin menaiki lantai atau menuruni lantai.

  1. Silakan Anda menuju ke ruangan lift yang letaknya paling dekat. Setiap lantai seharusnya memiliki ruangan ini.
  2. Tekan tombol anak panah ke atas jika Anda ingin menaiki lantai. Namun bila Anda ingin menuruni lantai, tekanlah tombol anak panah ke bawah.
  3. Perhatikan dengan baik indikator di atas ruangan lift. Indikator ini menunjukkan posisi lift sedang berada di lantai berapa.
  4. Tunggu beberapa saat sampai lift tiba di lantai yang sama dengan Anda. Jika lift sudah tiba, maka pintu ruangan akan terbuka otomatis. Silakan masuk ke dalamnya.
  5. Silakan Anda menekan tombol berupa angka tempat di mana lantai yang ingin dituju. Misalnya Anda ingin ke lantai 3, maka tekan saja angka 3.
  6. Anda tidak perlu menekan tombol tutup pintu (>I<) karena pintu lift memang tidak bisa ditutup secara manual, pintu akan tertutup secara otomatis.
  7. Berdiri dengan baik di dalam ruangan lift, bersikaplah sopan, dan jangan mengganggu pengguna lift yang lainnya. Silakan tunggu di dalam lift beberapa saat.
  8. Jika kebetulan Anda menaiki lift bersama dengan pengguna lainnya, lift mungkin akan berhenti di beberapa lantai terlebih dahulu sebelum menuju ke lantai tujuan Anda.
  9. Di sinilah pentingnya Anda harus memperhatikan indikator apakah lift sudah sampai di lantai tujuan Anda atau belum. Perhatikan dengan baik.
  10. Jika indikator menunjukkan bahwa pintu sudah berada di lantai tujuan Anda, silakan tunggu sampai pintu terbuka. Kemudian keluar dari lift dengan hati-hati. Anda sudah berhasil menggunakan lift tersebut.