Cara Naik City Tour Jakarta dengan Mudah 100% Gratis

Anda mungkin ingin mengelilingi Kota Jakarta dengan mudah tanpa ribet? Atau bahkan Anda maunya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun saat berwisata keliling Jakarta tersebut? Wah, banyak keinginannya nih. Untungnya Pemerintah Jakarta telah sigap dengan keinginan para warganya yang kadang-kadang punya impian yang aneh. Mereka pun telah menyediakan bus khusus yang dapat digunakan untuk berkeliling Kota Jakarta. Kabar baiknya lagi, bus ini dapat dinaiki secara gratis loh!

Pemerintah Kota Jakarta memang benar-benar memanjakan setiap orang yang sedang berada di sini. Mereka telah menyediakan bus khusus untuk berwisata melihat-lihat pemandangan indah di Jakarta secara cuma-cuma. Namanya adalah city tour bus. Sesuai namanya, bus ini memang diperuntukkan buat keperluan jalan-jalan di dalam kota saja. Siapa saja boleh naik ke dalam bus ini. Tidak hanya warga Jakarta saja, tetapi Anda yang berasal dari luar kota juga bisa. Bahkan turis asing pun sangat boleh menaikinya.

cara-naik-city-tour-jakarta.jpg

Bagi Anda yang belum pernah menaiki bus khusus city tour ini pasti akan mengalami sedikit kebingungan bagaimana cara menaikinya. Tenang saja kami akan memandu Anda kok. Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu Anda. Namun sebelumnya Anda harus tahu kalau bus city tour di Jakarta ini cuma ada sebanyak 6 macam saja. Setiap bus juga memiliki rute tersendiri berdasarkan tema wisatanya. Adapun bus-bus tersebut yaitu :

BW 1 History of Jakarta

Kalau mau berwisata mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta, Anda bisa menaiki bus city tour dengan kode BW 1 ini. Adapun rute bus ini dimulai dari Juanda/Istiqlal – Monas 2 – IRTI – Balai Kota – Museum Nasional – Gedung Arsip – Museum BI – BNI 46 – Pasar Baru.

BW 2 Jakarta Modern

Ingin melihat pemandangan indah dari landmark dan ikon modern Jakarta? Sebaiknya Anda naik saja bus city tour yang memiliki kode BW 2. Rute bus BW 2 yaitu Juanda/Istiqlal – Monas 1 – Monas 2 – IRTI – Balai Kota – Sarinah – Bundaran HI – Sarinah – Museum Nasional – Pecenongan – Pasar Baru GKJ.

BW 3 Art and Culinary

Bagi Anda yang suka menikmati seni serta makanan yang unik dan enak, wajib banget menaiki bus city tour Jakarta dengan kode BW 3. Berikut ini rute bus BW 3 dimulai dari Juanda/Istiqlal – Monas 1 – Monas 2 – IRTI – Balai Kota – Sarinah – Bundaran HI – Harmoni – Gedung Arsip – Museum BI – BNI 46 – Sawah Besar – Masjid Kebon Jeruk – Pecenongan.

BW 4 Jakarta Skyscrappers

BW 4 akan mengantarkan Anda melihat indahnya pemandangan Kota Jakarta yang dipenuhi oleh gedung pencakar langit. Cocok banget dinaiki oleh Anda yang berasal dari pedesaan. Rute bus BW 4 antara lain Istiqlal – Monas 1 – Monas 2 – Balai Kota – Sarinah – Tosari – Sudirman – Karet – Bundaran Senayan – Gelora Bung Karno – Dukuh Atas – Plaza Indonesia – Museum Nasional – Pecenongan – Pasar Baru (Gedung Kesenian Jakarta) – Istiqlal.

BW 5 Jakarta Open Space

Sesuai dengan tema yang diusung yaitu Jakarta Open Space, bus city tour dengan kode BW 5 akan mengantarkan Anda mengunjungi area-area publik yang ada di Kota Jakarta. Rute bus BW 5 di antaranya yaitu IRTI – Balai Kota – Sarinah – Tosari – RPTRA Kalijodo – Tosari – Bundaran HI – Sarinah.

BW 6 Jakarta Heritage

Buat yang pengen tahu situs-situs cagar budaya yang ada di Kota Jakarta, Anda sebaiknya naik ke bus city tour yang memiliki kode BW 6. Adapun rute bus BW 6 meliputi Juanda/Istiqlal – Monas 1 – Monas 2 – IRTI – Balai Kota – Sarinah – Tosari – Maqom Mbah Priuk – Tosari – Bundaran HI- Sarinah.

Berikut ini langkah-langkah menaiki city tour bus di Jakarta. Dijamin gratis tanpa biaya sepeserpun.

Langkah 1. Tentukan Bus yang Ingin Dinaiki

Ada 6 macam bus city tour yang disediakan oleh pemerintah Jakarta untuk keperluan wisata saja. Setiap bus ini menawarkan pengalaman jalan-jalan yang berbeda. Ada bus khusus untuk membawa Anda menikmati sejarah Jakarta, Jakarta yang modern, seni dan kuliner, gedung pencakar langit, ruang terbuka hijau, serta situs cagar budaya. Silakan Anda tentukan tema wisata yang ingin dinikmati, lalu naiklah ke bus yang sesuai dengan tema tersebut.

Langkah 2. Kunjungi Halte Khusus City Tour

Setelah Anda sudah menentukan bus yang ingin dinaiki, perhatikan dengan baik rute bus tersebut. Kami sudah menjelaskan rute setiap bus city tour ini secara detail di bagian atas. Kalau mau menaiki bus city tour ini, pergilah ke halte khusus bus city tour yang paling dekat dengan posisi Anda. Misalnya Anda mau naik bus BW 1, pergilah ke daerah sekitar Museum Nasional lalu cari halte khusus bus city tour. Tandanya yaitu ada palang bertuliskan city tour di dekat halte tersebut.

Langkah 3. Pantau Keberadaan Bus City Tour

Anda tidak perlu risau menunggu kedatangan bus city tour ini. Sebab pemerintah Kota Jakarta sudah memanfaatkan teknologi canggih agar kita bisa melacak keberadaan bus tersebut. Anda bisa menggunakan aplikasi khusus bernama Trafi yang bisa didownload secara gratis di Play Store dan Apps Store. Dengan menggunakan aplikasi Trafi ini, Anda bisa melacak keberadaan bus city tour tersebut sedang berada di mana. Sehingga Anda pun merasa lebih tenang saat menunggu kedatangannya.

Langkah 4. Naik ke Dalam Bus City Tour

Saat ada bus city tour yang berhenti di halte, Anda bisa memeriksa terlebih dahulu kode bus tersebut untuk memastikannya bahwa memang bus ini yang ingin Anda naiki. Sebab beberapa bus city tour memang kadang-kadang dapat berhenti di halte yang sama karena ada rutenya yang sama. Jadi sebelum menaikinya, Anda disarankan untuk mengecek kode bus tersebut supaya tidak salah naik bus yang lain. Setelah betul itu busnya, silakan Anda bisa langsung menaikinya. Kemudian di dalam bus akan ada petugas yang menyambut kedatangan Anda dan memberikan tiket khusus penumpang bus city tour. Tenang saja, gratis kok!

Langkah 5. Selamat Menikmati Perjalanan

Bus city tour merupakan bus tingkat yang memiliki 2 lantai sehingga daya tampung penumpangnya pun lebih banyak daripada bus biasa. Anda bisa memilih tempat duduk mana yang paling nyaman menurut Anda. Kalau saran kami sih, pilihlah kursi paling depan yang ada di lantai 2. Di sini Anda bisa menikmati keindahan Kota Jakarta dengan leluasa. Tidak ada yang menghalangi pandangan Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan smartphone Anda buat memotret gambar ya. Jadi selamat menikmati perjalanan Anda.