Cara Naik Busway buat Anda yang Baru Pertama Kali

Pemerintah kini sedang menggalakkan pemakaian kendaraan umum bagi masyarakat. Tujuan dari program ini untuk mengatasi kemacetan yang sudah parah, khususnya di Kota Jakarta. Penggunaan kendaraan pribadi disinyalir sebagai biang kerok utama kemacetan. Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya menghadirkan alat transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelas. Salah satunya yaitu busway.

Busway berbeda dengan bus-bus pada umumnya. Cara naik busway pun berbeda langkah-langkahnya dibandingkan saat kita naik bus biasa. Bagi Anda yang baru pertama kali menaiki kendaraan umum ini jangan sampai salah ya. Dimulai dari membeli tiket, membaca rute bus, memilih bus yang tepat, bagaimana naik bus yang aman, sampai hal-hal yang perlu dilakukan setelah tiba di tempat tujuan akan kami jelaskan secara lengkap kali ini.

cara-naik-busway-jakarta.jpg

Intinya Anda harus berani mencoba naik busway sendiri agar tahu proses detailnya. Bila nanti Anda bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas ya!

Langkah 1. Menuju ke Halte Busway

Naik busway tidak bisa dilakukan di sembarang tepat. Anda tidak bisa mencegah busway ini di tengah-tengah jalan seperti halnya bus biasa. Jika ingin menaiki busway, Anda wajib pergi menuju ke halte busway yang terdekat. Untungnya saat ini telah banyak dibangun halte khusus busway di Kota Jakarta. Bahkan ada pula halte yang diletakkan di kota-kota sekeliling Jakarta. Jadi seharusnya Anda bisa menemukan halte ini dengan mudah.

Langkah 2. Beli Kartu E-ticket

Tiket untuk busway wujudnya bukan berupa tiket fisik, tetapi e-ticket. Anda cukup membeli e-ticket ini sekali kemudian bisa digunakan berkali-kali asalkan saldo di dalamnya mencukupi. Di mana tempat pembelian e-ticket ini? Tidak lain di loket yang ada di setiap halte busway. Anda tinggal menuju ke loket tersebut, kemudian sampaikan kepada petugas bahwa Anda berniat untuk membeli e-ticket. Lalu Anda akan mendapatkan kartu menyerupai debit card/credit card yang merupakan e-ticket.

Langkah 3. Memasuki Area Berbayar

Area berbayar di sini maksudnya area yang bisa kita gunakan untuk menunggu. Area tersebut dilengkapi dengan palang sebagai pintu masuk dan keluarnya. Untuk membuka palang, Anda cukup menempelkan e-ticket tepat di pemindai yang tersedia. Nantinya sensor pemindai akan merespons e-ticket Anda sembari menarik dana di dalamnya sebagai biaya untuk menaiki busway. Prosesnya cepat sekali. Anda juga bisa melihat sisa saldo e-ticket di layar monitor.

Langkah 4. Mencari Busway Menurut Koridor

Koridor merupakan istilah yang berarti rute perjalanan busway. Di setiap halte, terdapat papan informasi yang berisi tentang koridor berbagai busway. Perhatikan info papan tersebut sebaik-baiknya. Posisi Anda saat ini sudah diberi label yaitu Anda di sini (you are here). Kemudian cari busway yang sesuai dengan rute perjalanan Anda. Jika sudah menemukannya, silakan tunggu kedatangan busway tersebut dan jangan sampai terlewat.

Langkah 5. Menaiki Busway yang Tepat

Ingat selalu berapa nomor busway yang harus Anda naiki untuk menuju ke tempat tujuan. Periksa setiap nomor busway yang datang ke halte tempat Anda menunggu. Jika busway yang harus Anda naiki sudah tiba, Anda bisa segera beranjak untuk menaikinya. Biarkan penumpang lain untuk turun terlebih dahulu, barulah kemudian Anda bisa naik. Hati-hati saat masuk ke dalam bus tersebut sebab ada jarak yang cukup jauh Anda posisi bus dengan tempat Anda menunggu. Anda bisa terperosok jika teledor saat melangkah.

Langkah 6. Menuruni Busway

Nikmatilah perjalanan Anda menggunakan busway dengan nyaman. Tapi Anda tetap harus memperhatikan bus tersebut sudah sampai di mana. Busway akan berhenti di setiap halte untuk menaikkan para penumpang. Apabila bus tersebut sudah berhenti di halte tujuan Anda, silakan Anda bisa menuruninya. Sekali lagi Anda harus berhati-hati saat hendak berpindah dari bus ke halte sebab ada jarak yang cukup jauh di antaranya.

Langkah 7. Berpindah ke Bus yang Lain

Ada kalanya Anda harus menaiki beberapa busway terlebih dahulu untuk pergi dari suatu tempat menuju ke tempat yang lain. Di sinilah keistimewaan dari busway yaitu Anda tak usah membayar biaya lagi untuk menaiki busway yang lain. Syaratnya yaitu Anda masih berada di dalam area berbayar dan belum keluar melalui palang pintu. Selama masih di area berbayar, Anda bisa naik busway yang lain berulang-ulang kali tanpa perlu membayar lagi.

Langkah 8. Keluar dari Area Berbayar

Periksa sekali lagi apakah halte tempat Anda berdiri sekarang merupakan tempat tujuan Anda. Anda harus memastikannya bahwa tempat tersebut memang benar-benar tujuan perjalanan Anda. Jika sudah yakin, Anda bisa keluar dari area berbayar melalui palang pintu keluar yang tersedia. Anda cukup menempelkan e-ticket pada alat pemindai yang tersedia, maka palang pun akan terbuka secara otomatis. Tenang saja, untuk keluar dari area berbayar, Anda tak akan dikenakan biaya lagi. Silakan Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata Anda.