Cara Naik Bandros Mengelilingi Kota Bandung

Bandung dikenal sebagai salah satu kota paling romantis di Indonesia. Di sini juga pusatnya mode di negeri ini. Semua orang di sini tampil penuh gaya di kehidupannya sehari-hari. Maka pantas memang kalau Kota Banding mendapatkan julukan Paris Van Java. Karena memang kota ini merupakan Parisnya Pulau Jawa, atau bahkan Indonesia. Kota Bandung mempunyai sejuta pesona yang siap memukau Anda ketika berkunjung ke sini.

Rugi rasanya bila Anda berwisata ke Kota Bandung tetapi tidak melihat pemandangan kotanya. Anda akan dibuat takjub dengan ibukota Provinsi Jawa Barat ini karena mempunyai panorama alam yang begitu indah. Bagi Anda yang datang dari luar kota, Anda tidak perlu khawatir kalau mau jalan-jalan mengelilingi kota ini. Sebab kini pemerintah setempat telah menyediakan bus khusus yang akan mengantarkan para turis mengelilingi Kota Bandung.

cara-naik-bandros-di-bandung.jpg

Nama bus wisata yang akan membawa kita untuk mengelilingi Kota Bandung adalah Bandros (Bandung Tour On Bus). Bandros merupakan bus wisata khusus milik Pemerintah Bandung yang berfungsi untuk membawa para wisatawan mengelilingi kota. Bukan sembarangan bus loh ya, melainkan bus yang sudah didesain dengan sangat apik mengusung konsep kekinian dan tema art deco. Dijamin deh Anda pasti bakal gembira sekali saat menaikinya.

Terdapat 6 bus bandros yang tersedia di Kota Bandung. Setiap bus tersebut mempunyai warna yang berbeda-beda. Rute perjalanannya pun berbeda. Jadi kalau mau mengelilingi suatu daerah di Bandung, Anda tinggal memilih bus yang tepat. Berikut ini daftar bus bandros di Kota Bandung beserta rute perjalanannya.

Bandros Biru

Alun-alun Bandung, Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, dan Kawasan Buah Batu

Bandros Kuning

Lapangan Gasibu, Taman Cibeunying, Taman Superhero, Taman Foto Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, dan Braga

Bandros Ungu

Lapangan Gasibu, Taman Cikapayang, Alun-alun Kota Bandung, Ujung Berung, Museum Geologi, dan Pusdai

Bandros Hijau

China Town, Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, dan Gor Padjajaran

Bandros Pink

Lapangan Gasibu, Taman Pasupati, Taman Jomblo, Teras Cikapayang, dan Taman Budaya

Bandros Hitam

Bandros ini khusus untuk tamu VIP yang datang ke Kota Bandung

Untuk dapat menaiki bandros, Anda bisa mengikut panduan sebagai berikut :

  1. Tentukan bus bandros mana yang ingin Anda naiki. Apakah bandros berwarna biru, kuning, ungu, hijau, pink, atau hitam? Tentunya warna bandros tersebut akan mempengaruhi rute perjalanannya. Tanyakan pada diri Anda ingin melihat-lihat Bandung dari sisi mananya.
  2. Datanglah ke halte khusus untuk pemberhentian bandros. Halte ini terletak di rute awal masing-masing bandros. Misalnya jika Anda ingin naik bandros biru, datanglah ke Alun-alun Bandung. Begitu pula jika Anda ingin naik bandros hijau, langsung ke China Town saja.
  3. Setelah tiba di halte bandros, pergilah menuju ke loket penjualan tiketnya. Harga tiket bandros saat ini adalah Rp 20.000/orang dalam sekali perjalanan atau Rp 40.000/orang untuk multi trip atau sepuas-puasnya. Ingat, bandros beroperasi setiap hari dari mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore.
  4. Tunggu kedatangan bandros di halte tersebut. Saran kami naiklah bandros ini di waktu pagi atau sore hari. Pada jam-jam ini, Anda akan merasa lebih nyaman saat menaiki bandros tanpa terganggu oleh padatnya lalu lintas atau cuaca yang panas. Pemandangan di Bandung juga nampak lebih indah.
  5. Setelah bandros sudah tiba di halte, Anda bisa bergegas menaikinya. Tidak perlu berdesak-desakan. Bersabarlah dan mengantre bersama para penumpang yang lain. Pilihlah tempat duduk yang paling nyaman menurut Anda. Posisi kursi di bagian depan tentu lebih baik daripada deretan kursi belakang. Jika mau, Anda bisa naik ke lantai dua. Maklum saja, bandros ini merupakan bus tingkat loh. Jadi dijamin bakal lebih seru!

Selamat menikmati perjalanan Anda!