Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar ala Orang Vietnam Asli

Kini aktivitas meminum kopi sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Kopi terbukti dapat menghangatkan suasana dan menyatukan semua orang. Suasana berkumpul akan terasa lebih akrab manakala ada minuman kopi di sana. Faktanya kegiatan meminum kopi ternyata tidak cuma dilakukan oleh masyarakat Indonesia saja loh. Masyarakat-masyarakat dari belahan dunia yang lainnya pun suka meminum kopi. Termasuk masyarakat Vietnam pun menyukainya.

Masyarakat di Vietnam mempunyai selera yang tinggi soal kopi. Masyarakat setempat juga memiliki cara tersendiri dalam mengolah biji kopi menjadi bubuk kopi yang siap minum. Bahkan Vietnam juga punya teknik khusus untuk menyeduh bubuk kopi menjadi sebuah minuman kopi yang sangat nikmat. Teknik ini dikenal dengan sebutan vietnam drip. Minuman kopi ala Vietnam ini memiliki sensasi rasa yang luar biasa nikmat dengan aroma yang sungguh mantap. Apalagi kalau Anda benar dalam meminumnya.

cara-minum-kopi-vietnam.jpg

Sekilas Tentang Kopi Vietnam

Masyarakat Vietnam memiliki tradisi yang sudah turun-temurun dalam menyeduh dan menyajikan kopi. Biasanya masyarakat di sini menggunakan vietnam drip untuk menyeduh bubuk kopi. Kalau masyarakat lokal sih menyebut vietnam drip ini dengan nama phin. Vietnam drip bekerja dengan menyaring bubuk kopi dengan rapat sehingga tetesan yang dihasilkannya pun sedikit sekali.

Kita harus menunggu tetesan demi tetesan kopi yang jatuh melalui saringan ini. Namun berkat itu pula kopi yang dihasilkan menjadi sangat kental dan pekat. Sebagai paduan dari kopi yang kental tersebut, masyarakat Vietnam akan menambahkan susu kental manis. Kombinasi dari rasa kopi yang pahit dan sedikit asam dan manisnya susu mampu menghasilan sensasi rasa yang begitu nikmat.

cara-meminum-kopi-vietnam.jpg

Cara Meminum Kopi Vietnam

Yuk, ikuti aturan-aturan dalam meminum kopi vietnam dripper sebagai berikut!

Jangan Sentuh Dripper sampai Berhenti Menetes

Model penyajian kopi vietnam bermacam-macam. Ada yang disajikan berupa minuman kopi di dalam cangkir saja. Namun ada pula café yang menyajikan minuman ini lengkap dengan alat vietnam dripnya. Kalau Anda menerima segelas kopi dengan vietnam drip yang masih menempel di atasnya, maka Anda harus membiarkan gelas tersebut tetap berada di sana.

Vietnam drip ini berisi bubuk kopi dan air yang baru mendidih sehingga panas sekali. Anda harus menunggunya sampai tetesan kopi tersebut berhenti. Membuka vietnam drip sebelum kopi selesai menetes membuat tekanan dari uap panas akan terjebak di dalamnya. Akibatnya kopi pun tidak terekstrasi dengan maksimal sehingga rasa dan aromanya menjadi hambar.

Aduk Terlebih Dahulu antara Kopi dan Susu Kental

Kopi vietnam berisi air seduhan kopi dan susu kental manis. Sebenarnya boleh-boleh saja Anda mencoba merasakan seduhan kopi yang sangat pekat tersebut. Namun masyarakat Vietnam tidak melakukannya setiap hari. Biasanya mereka akan mengaduk kopi dengan susu sampai tercampur rata terlebih dahulu. Barulah kemudian campuran kopi dan susu ini dituangkan ke cangkir yang berisi es batu.

Meminum kopi vietnam memang lebih nikmat kalau disajikan dalam keadaan yang dingin. Oleh sebab itu, kedai-kedai kopi di Vietnam selalu tidak ketinggalan menyajikan es batu pada gelas yang terpisah.  Ingat ya, kopi dan susuk ini harus diaduk terlebih dahulu sebelum ditambah dengan es batu. Sebab kalau Anda sudah terlanjur menambahkan es, maka antara kopi dengan susu akan sulit tercampur. Akibatnya rasa kopi pun kurang nikmat.

Minum Air Putih atau Teh Tawar Setelah Kopi Habis

Di Vietnam, penyajian kopinya begitu unik. Kopi di sini selalu disajikan bersama dengan segelas teh hijau tawar. Walaupun Anda tidak memesan teh, pelayan akan tetap menyajikannya karena memang sudah dalam satu paket. Bukan tanpa alasan sebenarnya minuman teh ini disajikan. Teh hijau tawar tersebut berfungsi sebagai penetral setelah Anda meminum habis segelas kopi vietnam.

Maklum saja, kopi vietnam terbuat dari biji kopi robusta yang mempunyai rasa sangat kuat. Ditambah dengan metode penyeduhannya yang menggunakan vietnam drip, maka rasa kopi di sini pun pekat sekali. Baik rasa pahit dan masam dari kopi maupun rasa manis dari susu kental manis sungguh terasa dan membekas di lidah kita. Maka perlu penetral minuman untuk membuat lidah kembali merasa segar yaitu teh tawar atau air putih. Pastikan Anda meminum penetral ini setelah kopi di gelas sudah habis.