Cara Menonton Film di Bioskop untuk yang Pertama Kali

Semua manusia pada hakikatnya membutuhkan hiburan untuk menyegarkan pikirannya. Film menjadi salah satu media hiburan yang paling diminati akhir-akhir ini. Kita bisa menyaksikan sebuah pertunjukan yang menarik di film. Tidak hanya jalan ceritanya, tetapi setiap film juga mengandung hikmah di dalamnya. Menonton film di televisi atau ponsel pasti sudah biasa. Nah, bagaimana kalau kita kali ini menonton film di bioskop saja?

Bioskop menawarkan pengalaman menonton film yang benar-benar mengesankan. Anda akan dibuat seolah-olah terlibat di dalamnya. Ukuran layar yang super lebar menjamin kenyamanan mata Anda. Begitu pula dengan kursi yang empuk, ruangan berpendingin udara, dan fasilitas-fasilitas lain yang serba mewah. Pokoknya menonton film di bioskop jauh lebih berkesan di hati deh daripada Anda menontonnya melalui layanan streaming film di rumah.

cara-menonton-film-di-bioskop.jpg

Kalau ini merupakan kesempatan pertama Anda bisa menonton film di bioskop, ikuti langkah-langkah di bawah ini yuk sebagai panduannya!

Langkah 1. Melihat Daftar Film yang Diputar

Tujuan Anda ke bioskop tentu ingin menonton film yang menarik, kan? Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu daftar film yang akan diputar di bioskop tujuan Anda. Informasi ini bisa Anda dapatkan di website resmi bioskop, surat kabar, atau poster film yang ada di sekitar gedung bioskop. Carilah informasi tentang kapan film yang ingin Anda tonton bakal diputar di bioskop tersebut. Lalu catat tanggal dan jam tayangnya.

Langkah 2. Membeli Tiket Masuk Bioskop

Anda membutuhkan tiket untuk bisa masuk ke gedung bioskop. Ada dua cara pembelian tiket yang bisa dilakukan. Pertama yaitu pembelian secara online, di mana Anda nanti akan memperoleh e-ticket yang bisa langsung digunakan. Cara pertama ini sangat kami rekomendasikan karena lebih praktis, aman, dan tidak perlu antre. Kedua yaitu membeli tiket di loket yang ada di pintu masuk bioskop. Tapi sekarang beberapa bioskop sudah meniadakan sistem pembelian secara offline seperti ini.

Langkah 3. Menentukan Tempat Duduk

Saat Anda melakukan pemesanan tiket, baik secara online maupun offline, Anda juga akan mendapat pertanyaan mengenai kursi yang diinginkan. Di sini Anda bebas menentukan tempat duduk yang Anda inginkan. Faktanya tidak ada perbedaan harga dari tempat duduk ini. Semua kursi dibanderol dengan harga yang sama. Jadi Anda harus memilih kursi yang paling nyaman yaitu deretan kursi di tengah. Di sini Anda bisa melihat layar dengan leluasa. Bagi Anda yang berkacamata hindari duduk di kursi deretan belakang. Deretan kursi yang paling tidak nyaman ialah deretan terdepan sebab Anda harus mendongakkan kepala untuk melihat layar.

Langkah 4. Pergi ke Bioskop

Setelah Anda mendapatkan tiket untuk menonton yang dibeli secara online, Anda bisa langsung pergi ke bioskop tujuan sesuai waktu pemutaran film. Kami sarankan datanglah paling tidak 30 menit sebelum film tersebut benar-benar diputar. Setelah sampai, Anda bisa menunjukkan tiket masuk kepada petugas yang berjaga. Kemudian tunggulah di depan pintu teater, di mana film Anda akan diputar. Sembari menunggu, Anda bisa ke toilet terlebih dahulu atau memesan makanan dan minuman sebagai bekal saat menonton film nanti.

Langkah 5. Memasuki Gedung Teater

Nantinya ada pengumuman bahwa pintu teater di mana Anda akan menonton film sudah dibuka. Silakan Anda memasuki gedung teater tersebut bersama dengan para penonton yang lainnya. Berjalanlah secara rapi, tidak perlu berdesak-desakan, atau terburu-buru. Sebab kursi yang sudah Anda pesan tidak mungkin diduduki oleh penonton lainnya. Jika masalah ini terjadi, Anda bisa melaporkannya kepada petugas. Setelah berhasil memasuki gedung teater, Anda bisa segera menuju ke kursi Anda sesuai nomornya. Duduk dengan baik di atas kursi dan nikmatilah film Anda.

Hal-hal mendadak yang boleh dilakukan di bioskop, antara lain :

  1. Keluar dari gedung teater untuk ke toilet kemudian balik lagi ke tempat duduk.
  2. Keluar dari gedung teater untuk membeli makanan/minuman lalu kembali lagi ke kursi semula.
  3. Keluar dari gedung di tengah-tengah pemutaran film karena tidak sanggup lagi mengikuti jalan cerita di film. Misalnya karena ada adegan yang menyeramkan.
  4. Keluar dari gedung di tengah-tengah pemutaran film sebab ada keperluan yang mendadak.

Sedangkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di bioskop yaitu :

  1. Meletakkan kaki di atas kursi di depan kita
  2. Berbicara keras di dalam bioskop
  3. Mengunyah makanan dan mengecapnya dengan keras
  4. Menyedot minuman sampai keluar bunyi yang keras
  5. Kentut sembarangan di dalam bioskop
  6. Mondar-mandir di dalam ruangan
  7. Berdiri karena merasa lelah sudah terlalu lama duduk
  8. Bermain handphone untuk semua aktivitas
  9. Merokok di dalam ruangan teater
  10. Meludah dan atau membuang bekas permen karet sembarangan
  11. Menjahili penonton yang lainnya
  12. Melempar barang berulang-ulang kali
  13. Tidur dengan suara yang mendengkur
  14. Tertawa di adegan yang tidak lucu
  15. Menceritakan jalannya film (spoiler) karena sudah pernah menonton
  16. Merekam isi film yang sedang diputar