Cara Mengolah Gurita agar Empuk dan Tidak Alot

Pilihan makanan laut (seafood) memang ada banyak sekali. Salah satunya yaitu gurita. Gurita (octopus) mempunyai wujud yang sekilas mirip seperti cumi-cumi dan sotong. Hanya saja gurita memiliki tentakel yang sangat banyak. Sekilas sih tampangnya kelihatan menyeramkan sekali ya. Tapi siapa sangka kalau di balik penampilannya tersebut, gurita ternyata mempunyai cita rasa yang lezat sekali. Daging gurita ini memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang agak kenyal, empuk, dan lembut di mulut.

Kenyataannya memasak gurita membutuhkan keterampilan yang tinggi loh. Cukup sulit memasak daging gurita ini menjadi sebuah masakan yang sempurna. Sebab gurita mesti dimasak dengan trik khusus agar dagingnya tetap terasa empuk dan lembut. Kesalahan dalam mengolah daging gurita akan membuat teksturnya menjadi alot seperti karet. Akibatnya hidangan gurita Anda tadi pun terasa kurang nikmat. Ketika menikmatinya, Anda seperti memakan karet yang dibumbui. Teksturnya terlalu kenyal dan alot.

Nah, bagaimana sih caranya mengolah gurita yang benar itu? Anda bisa mengikuti panduan lengkapnya di bawah ini!

Keluarkan Jeroannya Terlebih Dahulu

Perlu Anda ketahui, gurita juga memiliki organ bagian dalam yang biasa kita sebut sebagai jeroan. Tapi tidak seperti binatang pada umumnya, jeroan gurita terletak di bagian dalamnya. Anda membutuhkan trik tersendiri untuk mengeluarkan jeroan tersebut. Caranya yaitu silakan Anda pegang salah satu sisi bagian kepala gurita, lalu gulung ke atas. Gulunglah terus kulit kepala gurita ini sampai bagian dalamnya berada di luar. Kalau sudah, Anda bisa memotong jeroan gurita tersebut dengan mudah menggunakan pisau yang tajam. Setelah itu, kembalikan lagi posisi kepala gurita seperti semula.

Bersihkan Gurita dengan Garam Dapur

Anda memerlukan trik khusus untuk bisa membersihkan gurita dengan sempurna. Anda tidak bisa hanya memakai air saja karena tak akan mampu menghilangkan lapisan lendir yang lengkep pada permukaan tubuh gurita tersebut. Menggunakan sabun pun tentu tak boleh karena dapat mengkontaminasi daging gurita. Solusinya adalah Anda bisa memanfaatkan garam. Silakan Anda masukkan gurita ke baskom, lalu taburkan garam sebanyak 3-5 sendok makan. Kemudian Anda bisa memijat dan meremas tubuh gurita beberapa kali sambil menekannya dengan sepenuh tenaga. Kalau sudah, Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Lakukan upaya pembersihan ini sebanyak 2-3 kali sampai gurita sudah tidak lengket lagi.

Rebus Selama 3-15 Menit agar Empuk

Siapkan panci di atas kompor. Tuangkan air secukupnya untuk keperluan merebus gurita. Silakan Anda rebus air di dalam panci ini hingga mendidih. Kalau air di panci sudah mendidih, barulah kemudian Anda masukkan gurita ke dalam panci tersebut. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk merebus gurita ini? Durasinya tergantung pada ukuran gurita tadi. Kalau guritanya kecil, Anda cukup merebusnya selama 3-5 menit. Untuk gurita ukuran sedang, rebuslah selama 8-10 menit. Sedangkan untuk guritas besar, Anda perlu merebusnya sampai 13-15 menit. Saat merebus gurita di panci, Anda tidak perlu menutupnya ya. Setelah setengah sesi waktu sudah berjalan, balikkan gurita tersebut agar matangnya merata.

Segera Cuci Menggunakan Air Dingin

Setelah gurita sudah matang, Anda harus segera membasuhnya dengan air dingin. Tujuannya apa? Yaitu untuk menghentikan proses pemasakan pada gurita tersebut. Suhu panas yang masih menempel pada tubuh gurita akan membuatnya semakin matang sehingga teksturnya menjadi alot. Dengan membasuh memakai air dingin, Anda dapat menurunkan suhu gurita tersebut sehingga proses pemasakannya pun otomatis akan berhenti. Dengan demikian, tekstur daging gurita yang Anda harapkan pun akan tetap bertahan. Silakan cuci tubuh gurita tadi secara merata ya.

Silakan Anda Bisa Mulai Memasaknya

Kini gurita Anda pun sudah selesai diolah dengan baik. Langkah berikutnya Anda bsa memasaknya sesuai dengan selera pribadi. Anda bisa menumisnya, memberinya saus istimewa, atau teknik memasak yang lain. Namun ingat bahwa daging gurita tersebut sudah matang dengan sempurna. Jadi saat memasaknya nanti, Anda tidak perlu terlalu lama membiarkannya berada di atas wajan. Cukup sebentar saja selama 2-3 menit agar bumbunya meresap ke dalam daging gurita. Setelah itu, Anda bisa mengangkatnya dari wajan dan menyajikannya di piring. Silakan menikmati ya.