Cara Menggunakan Mesin Cetak Tiket Mandiri Kereta

Naik kereta api tut… tut… tut… Jarang-jarang kita bisa menaiki kereta api untuk bepergian ke suatu tempat. Kalau tidak mengendarai kendaraan pribadi, kita biasanya menggunakan bis. Padahal ada angkutan darat yang rasanya jauh lebih mengasyikkan dan pastinya bebas macet. Apakah itu? Tidak lain adalah kereta api. Kereta mempunyai jalur tersendiri yang menawarkan suasana bepergian yang berbeda daripada biasanya.

PT Kereta Api Indonesia terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa yang dimilikinya kepada publik. Salah satunya terletak pada pelayanan pembelian tiket. Kini membeli tiket kereta menjadi lebih mudah. Tidak harus pergi ke stasiun, Anda bisa membeli tiket kereta api di berbagai merchant yang bekerja sama dengan PT KAI. Bahkan Anda pun bisa membelinya secara online melalui berbagai website seperti www.andelumut.com.

cara-menggunakan-mesin-ctm.jpg

Ketika Anda memesan tiket melalui merchant atau website, Anda hanya akan menerima kode booking saja. Kode booking ini biasanya dikirimkan melalui SMS atau email. Perlu diperhatikan, kode booking ini berbeda dari tiket. Kode booking sebatas kode yang menyatakan bahwa Anda telah memesan kursi di kereta. Jadi sebelum menaiki kereta, Anda wajib mencetak tiket fisik terlebih dahulu berdasarkan kode booking tersebut.

Di sini Anda bisa menggunakan mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) untuk mencetak tiket fisik berdasarkan kode booking yang Anda miliki. Di atas merupakan gambar mesin CTM. Cara menggunakan mesin ini mudah sekali sebab kurang lebih sama seperti mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Sebelumnya Anda perlu menyiapkan kode booking dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang sesuai dengan identitas pemesan.

Berikut ini panduan langkah-langkah selengkapnya :

  1. Cari Mesin CTM

Pergilah ke stasiun, di mana Anda akan naik kereta api di sana. Kemudian carilah mesin CTM. Biasanya mesin ini diletakkan di tempat yang strategis dan tampak mencolok. Jikalau Anda sulit menemukannya, cobalah bertanya kepada petugas yang berjaga. Jangan lupa mengantre kalau banyak yang menggunakan mesin ini. Kemudian siapkan kode booking dan KTP pemesan tiket.

  1. Operasikan Mesin CTM

Anda harus tetap bersikap tenang dan jangan merasa gugup. Yakin bahwa mesin CTM ini sangat mudah digunakan meskipun Anda baru pertama kali mengoperasikannya. Anda hanya perlu memasukkan kode booking pada kolom Kode Booking/Pembayaran serta nomor KTP atau nomor telepon pada kolom No. ID/Telp. Kemudian klik cari. Selanjutnya akan muncul tampilan info data penumpang. Jika data sudah benar, klik kotak perintah CETAK. Lantas mesin pun akan mengeluarkan tiket (boarding pass) yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, serta nama kereta beserta tujuan dan jadwal keberangkatan.

  1. Serahkan ke Petugas

Setelah Anda selesai mencetak tiket, langkah berikutnya adalah pergi ke boarding gate untuk menyerahkan tiket tadi ke petugas verifikasi. Jangan lupa untuk serahkan pula KTP yang sesuai dengan informasi pemesan tiket kepada petugas. Tunggu sejenak sampai petugas tersebut selesai mengecek keaslian tiket menggunakan scanner serta memeriksa kecocokan tiket dengan kartu identitas penumpang.

  1. Tunggu Kedatangan Kereta

Anda bisa menunggu kereta api yang akan dinaiki tiba di stasiun keberangkatan. Hal ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Namun lebih baik datang ke stasiun jauh lebih awal daripada Anda terlambat datang dan harus terburu-buru. Agar suasana tetap asyik, Anda bisa menikmati pemandangan di sekitar stasiun. Silakan Anda bisa berjalan-jalan sejenak membaca beberapa informasi atau mengambil foto.

  1. Naik Kereta Api

Setelah Anda mendengar pengumuman resmi dari pihak stasiun yang menyatakan bahwa nama kereta yang akan Anda naiki sudah datang, segera bergegas menuju ke kereta tersebut. Masuklah ke gerbong yang sesuai dengan tiket, lalu pergi menuju ke kursi penumpang yang telah Anda pesan. Duduk dengan manis di kursi tersebut. Jaga baik-baik tiket milik Anda. Nantinya akan ada petugas lagi yang bakal memeriksa tiket tersebut.