Butuh Tips Naik Kereta Api agar Nyaman?

Anda bisa memakai alat transportasi umum untuk menempuh perjalanan yang jauh. Kereta api misalnya. Mengendarai kereta api membuat Anda bisa merasakan pengalaman yang berbeda. Jarang sekali Anda bisa menggunakan moda transportasi yang satu ini kan? Kereta mempunyai jalur khusus yang membuatnya spesial. Kadang-kadang Anda akan dibawa ke tepi pantai, area persawahan, sampai hutan belantara. Sungguh pengalaman yang mengesankan.

Persiapan harus Anda lakukan sebelum menaiki kereta api supaya perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. Sedikit bocoran, Anda yang baru pertama kali naik transportasi ini mungkin akan merasa sedikit bingung dan terkejut. Hal ini tak terlepas dari keunikan kereta itu sendiri. Mulai dari tata cara pemesanan tiket, prosedur untuk dapat naik, suasana yang ada di dalam kereta, sampai barang-barang apa saja yang sebaiknya Anda bawa supaya merasa nyaman.

tips-naik-kereta-api.jpg

Kiat-kiat di bawah ini akan memastikan Anda merasa nyaman ketika berada di dalam kereta api.

Pesan Tiket Secara Online

Kami sarankan belilah tiket kereta api melalui media online. Saat ini, ada banyak sekali agen perjalanan yang membuat layanan reservasi secara online. Prosesnya tentu jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan Anda membeli tiket melalui loket resmi. Anda hanya perlu mengakses website atau aplikasi perjalanan. Kemudian lakukan proses reservasi kursi kereta langsung dari genggaman tangan Anda. Semudah itu saja!

Mau yang Murah atau Eksklusif?

Kelas kereta api di Indonesia terdiri dari tiga jenis yaitu kelas ekonomis, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Pertimbangkan baik-baik kebutuhan utama Anda, mau tiket yang harganya murah atau kereta dengan fasilitas yang premium? Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, kami sarankan pesanlah kursi di kereta ekonomi. Meski harganya cukup murah, tetapi fasilitas yang bakal Anda dapatkan sudah memadai kok. Ada sofa, AC, dan toilet. Sedangkan bila Anda punya anggaran yang cukup, pilih kereta bisnis atau eksekutif yang siap memanjakan Anda dengan layanannya.

Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Jangan lupa membawa bekal berupa makanan atau minuman ya. Anda sama sekali tak dilarang kok untuk memakan atau meminum sesuatu di dalam gerbong kereta api. Maklumlah karena waktu yang lama membuat para penumpang pasti akan merasa lapar dan haus selama berada di perjalanan. Memang sih setiap kereta dilengkapi dengan gerbong khusus untuk keperluan kantin. Tapi harga makanan dan minumannya cukup mahal. Lebih baik bawa bekal sendiri dari rumah. Namun kalau Anda penasaran dengan rasanya, coba saja pesan.

Bawa Bantal dan Selimut juga

Anda juga sebaiknya membawa bantal dan selimut kalau mau naik kereta api, khususnya bila waktu perjalanan kereta tersebut pada malam hari. Bantal akan membuat Anda bisa tertidur nyenyak saat duduk di kursi kereta. Anda akan merasa lebih nyaman dengan adanya bantal yang menjadi alas kepala. Selimut juga akan menolong Anda mengusir hawa dingin saat malam hari. Sialnya suhu dingin tersebut justru lebih banyak disebabkan oleh pengaturan AC yang terlalu dingin. Jaket saja tidak mampu melawan hawa dingin ini.

Jangan Menjadi Orang Asing

Jangan menjadi orang asing saat naik kereta api ya! Ingat, kita ini tinggal di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan penduduk paling ramah di dunia. Ketika Anda sudah berada di dalam gerbong, cobalah bertegur sapa dengan penumpang lain di sebelah Anda. Meskipun Anda sama sekali tidak mengenal orang tersebut namun dia pasti akan merasa senang saat Anda menganggap keberadaannya. Siapa tahu akan berlanjut menjadi rekan bisnis atau jodoh mungkin? Mulailah berbasa-basi dengan menanyakan waktu, cuaca, dan tujuan perjalanannya.

Rasakan Sensasi Berada di Kereta

Mumpung Anda sedang berada di dalam kereta, nikmatilah semua suasana yang ada. Jangan memikirkan tentang hal-hal lain terlebih dahulu. Ambil segala sisi baik dari semua yang Anda lihat dan singkirkan prasangka-prasangka buruk. Jarang-jarang loh Anda bisa naik transportasi ini. Naik kereta api sudah menjadi impian Anda sejak kecil. Apalagi kalau tujuannya ke Bandung atau Surabaya. Jadi rasakan sensasi apa adanya selama perjalanan wisata Anda berada di dalam kereta.