Buat Anda, Ini Langkah-langkah Cara Naik Kereta Bandara

Kabar gembira bagi warga Kota Jakarta khususnya, kini Anda sudah bisa menaiki kereta khusus yang akan mengantarkan Anda menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. Kereta ini akan membawa Anda menuju ke Bandara Soetta dalam waktu yang jauh lebih cepat. Maklum saja. Kondisi lalu lintas Kota Jakarta yang begitu padat membuat kita sering terlambat mencapai bandara tepat waktu. Inilah alasannya pemerintah lantas menyediakan kereta khusus ke bandara.

Pada dasarnya, kereta bandara ini tidak berbeda jauh dengan kereta-kereta yang lainnya. Jenis kereta yang digunakan yaitu Kereta Commuter Line. Satu-satunya perbedaan yang dimiliki oleh kereta ini ialah rutenya yang istimewa. Kereta ini khusus untuk mengangkut para penumpang menuju ke Bandara Soekarno-Hatta. Kereta ini sama sekali tidak akan menuju ke rute lainnya. Dengan adanya kereta spesial ini, perjalanan Anda pun bakal semakin mudah dan nyaman.

cara-naik-kereta-bandara.jpg

Terdapat setidaknya 6 kereta bandara yang akan mengangkut para penumpang silih berganti. Setiap harinya, kereta-kereta ini akan beroperasi sebanyak 84 kali dengan jeda setiap 30 menit sekali. Sehingga Anda tidak perlu menunggu kedatangan kereta tersebut terlalu lama. Adapun stasiun-stasiun yang melayani rute perjalanan menuju ke stasiun bandara ialah Stasiun Batu Ceper, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun SHIA, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Duri.

Bagi Anda yang mau menaiki kereta khusus untuk menuju ke bandara Soekarno-Hatta ini, Anda bisa mengikuti panduan sebagai berikut!

Langkah I : Membeli Tiket Naik Kereta

Kalau mau naik kereta bandara, Anda tentu harus memiliki tiketnya. Nah, tiket tersebut dapat dibeli secara online maupun offline. Pembelian tiket kereta bandara ini bisa dilakukan melalui website Railink.co.id atau aplikasi resmi Railink. Walaupun prosesnya lebih praktis, tetapi Anda akan dikenai biaya Rp 5.000/transaksi. Kalau mau prosesnya gratis tanpa biaya administrasi, Anda bisa membeli tiket kereta ini di stasiun langsung.

Proses pembelian tiket kereta bandara di stasiun dapat dilakukan menggunakan mesin tiket otomatis yang tersedia. Tenang saja. Terdapat setidaknya 6 mesin yang bisa dipakai oleh para calon penumpang. Sehingga Anda tidak perlu mengantre terlalu lama. Perlu diingat, vending machine ini tidak melayani uang tunai. Anda harus menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk bisa menggunakannya. Simpan baik-baik tiket yang sudah Anda beli kartu diperlukan nanti saat hendak memasuki kereta.

Cara menggunakan vending machine untuk membeli tiket kereta bandara ini tidak berbeda jauh dengan pembelian tiket kereta biasa. Anda hanya perlu memilih beberapa opsi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda. Dimulai dari memilih jenis tiket yang akan dibeli, menentukan stasiun keberangkaan dan stasiun tujuan, menentukan waktu keberangkatan, menentukan jumlah penumpang, mengisi data diri, dan memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Langkah II : Masuk ke Dalam Kereta

Anda bisa menunggu kedatangan kereta di waiting lounge yang tersedia. Setelah ada kereta yang datang, Anda bisa langsung bergegas menuju ke kereta tersebut. Namun sebelumnya Anda harus melewati pintu masuk terlebih dahulu. Silakan tempelkan tiket Anda pada mesin scanner yang tersedia di samping pintu. Posisikan barcode pada tiket tepat di depan scanner supaya kodenya terbaca. Setelah mesin berhasil mendeteksinya, pintu pun akan terbuka secara otomatis. Anda bisa langsung melewatinya dan menuju ke dalam gerbong kereta.

Silakan bergerak menuju ke gerbong yang sesuai dengan tiket Anda. Setelah Anda memasuki gerbong tersebut, segera cari tempat duduk yang telah Anda pesan sesuai tiket. Lantas Anda bisa duduk di kursi tersebut. Kursi kereta bandara ini memang sangat nyaman. Bagian bantalan dan sandarannya terasa empuk. Jika Anda perhatikan dengan baik, terdapat port USB di kursi Anda yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya listrik ke dalam baterai smartphone. Anda tinggal memasang kabel USB di sana dan menyambungkannya ke smartphone.

Langkah III : Keluar dengan Tertib

Selamat menikmati perjalanan Anda di dalam kereta bandara. Anda tidak perlu khawatir akan tersesat di tengah perjalanan sebab setiap kali berhenti di stasiun, ada petugas yang memberi informasi bahwa Anda telah sampai di stasiun apa. Begitu pula setelah kereta tersebut tiba di stasiun bandara, ada petugas yang akan memberi pengumuman lewat speaker khusus. Silakan Anda berdiri dari kursi, kemudian berjalan keluar dengan tertib bersama para penumpang yang lainnya. Nantinya Anda harus melewati pintu gerbang keluar. Untuk membukanya, Anda tinggal menempelkan tiket Anda di mesin scanner yang ada di sampingnya.

Bagaimana, prosesnya mudah sekali bukan? Jadi silakan Anda mencobanya sendiri ya!