Anda Harus Tahu, Ini Aturan Lengkap Bagasi di Kereta Api!

Naik kereta api, tut tut tut… Wah, siapa nih yang mimpinya akhirnya kesampaian juga untuk menaiki kereta api menjadi kenyataan. Kereta api memang merupakan alat transportasi yang unik dengan gerbong panjang yang dimilikinya. Kebanyakan orang ingin sekali naik kereta api semasa kecil. Sayangnya rute perjalanannya yang terbatas membuat kita tidak dapat menaiki angkutan umum ini ke tempat-tempat yang tidak dilalui oleh jalur rel kereta api.

Namun setelah beranjak dewasa, akhirnya Anda berhasil juga mewujudkan impian masa kecil tersebut. Tidak lain untuk menaiki kereta api menuju ke Bandung, Surabaya, atau kota-kota besar lainnya, baik untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan. Perlu Anda ketahui, kereta api mempunyai aturan khusus mengenai bagasi yang disediakan untuk para penumpang. Anda harus mengetahui aturan ini supaya bisa membawa barang dalam jumlah yang tepat.

aturan-bagasi-kereta-api.jpg

PT Kereta Api Indonesia sebagai perusahaan pengelola layanan transportasi yang berbasis kereta api terus melakukan pembenahan pada sistemnya. Hal ini semata-mata dilakukan untuk memuaskan minat masyarakat terhadap layanan kereta api. Termasuk soal ketentuan mengenai kapasitas barang maksimal yang boleh dibawa oleh para penumpang. Kenyataannya memang bagasi untuk setiap penumpang kereta api ini dibatasi.

Bobot Bagasi Gratis Maksimal

Sebagai penumpang kereta api, Anda berhak mendapatkan bagasi gratis untuk menampung barang bawaan Anda. Anda bisa memanfaatkan fasilitas bagasi gratis tersebut dengan baik. Adapun kapasitas bagasi gratis yang Anda dapatkan ialah maksimal bobot 20 kg atau volume 100 dm3. Kapasitas ini tentu sudah lebih dari cukup, khususnya bagi Anda yang hendak pergi merantau atau perjalanan bisnis. Silakan gunakan bagasi gratis tersebut untuk menyimpan barang-barang bawaan Anda.

Biaya untuk Kelebihan Bagasi

Tenang saja. Anda boleh kok membawa barang dalam jumlah yang lebih banyak daripada bagasi gratis yang telah diberikan. Namun Anda akan dikenakan biaya atas kelebihan beban tersebut. Besar biaya untuk bagasi berbayar ini disesuaikan dengan kelas kereta api yang Anda naiki. Biaya bagasi untuk kelas eksekutif adalah Rp 10.000/kg. Sedangkan biaya bagasi berbayar untuk kelas bisnis dan ekonomi non-PSO sebesar Rp 6.000/kg. Yang paling murah ialah biaya untuk bagasi kelas ekonomi PSO yang cuma senilai Rp 2.000/kg saja.

Bagasi Maksimal yang Diizinkan

Walaupun Anda boleh membawa barang bawaan yang banyak, tetapi pihak kereta api juga membatasi kapasitas barang yang boleh dibawa oleh setiap penumpang lewat ketentuan bagasinya. Maksimal barang yang diizinkan untuk Anda bawa yaitu beratnya 40 kg atau volumenya 200 dm3. Kalau lebih dari berat 40 kg atau volume 200 dm3, maka barang tersebut tidak diperbolehkan untuk dimasukkan ke kereta api. Anda harus tunduk dan patuh terhadap ketentuan tersebut kalau ingin naik kereta api.