8 Tips Pergi ke Kolam Renang Biar Asyik dan Aman

Di beberapa hari yang akan datang, Anda mungkin sudah berencana untuk pergi wisata ke kolam renang? Kolam renang memang menawarkan wahana wisata yang menyenangkan. Kita bisa bermain air sepuas-puasnya dengan cara yang lebih advance di sini. Tidak hanya kolam yang berisi air, tetapi ada berbagai alat permainan air yang disuguhkan oleh pengelola kolam renang. Anda bisa memainkannya dengan bebas sampai puas.

Namun pergi ke kolam renang juga membutuhkan persiapan khusus. Terutama jika Anda turut mengajak serta anak-anak untuk wisata ke kolam renang. Apalagi kalau Anda berencana pergi ke kolam renang umum yang ramai oleh pengunjung. Anda tak tahu pasti bagaimana suasana di dalam lingkungan kolam renang tersebut. Persiapan secara matang akan membuat perjalanan wisata Anda dan keluarga terasa nyaman serta menyenangkan.

tips-pergi-ke-kolam-renang.jpg

Yuk, ikuti tips-tips di bawah ini biar wisata Anda ke kolam renang terasa asyik dan menyenangkan.

  1. Pergi Ketika Hari Kerja

Kalau bisa, jangan pernah pergi ke kolam renang saat akhir pekan. Kenapa? Dijamin di dalamnya akan dipenuhi oleh pengunjung. Kolam renang termasuk salah satu tempat wisata favorit. Sehingga kebanyakan orang akan berlibur ke sini saat Hari Minggu tiba. Sebaiknya Anda pergi ke kolam renang saat hari kerja, dari Senin hingga Jumat. Pada hari kerja, lingkungan kolam renang cenderung sepi. Anda bisa menikmati setiap wahana yang ada sampai puas.

  1. Datang Saat Pagi atau Sore

Waktu liburan ke kolam renang paling tepat dilakukan saat pagi atau sore hari. Kedua periode waktu ini sengaja dipilih sebab sinar matahari belum terlalu terik. Maklum saja karena kebanyakan kolam renang berada di lingkungan outdoor. Sehingga Anda dapat menikmati suasana kolam yang terasa segar. Anda hendaknya menghindari pergi ke sini ketika hari sudah siang. Selain karena udaranya terasa begitu panas, jumlah pengunjungnya pun sudah terlalu banyak.

  1. Kenakan Pakaian Renang Khusus

Saat berenang sebaiknya Anda mengenakan pakaian khusus renang. Pakaian ini sudah dirancang dengan baik supaya nyaman dipakai saat Anda berenang. Anda pun dapat menikmati kesegaran air secara maksimal apabila menggunakan pakaian ini. Selain itu, pakaian renang akan memastikan Anda tetap aman dan tidak berisiko tersangkut. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan bentuk pakaian renang yang terlalu ketat, Anda bisa memilih ukuran yang lebih besar sehingga tampak longgar.

  1. Pakailah Tabir Surya

Ingatlah bahwa Anda berada di lingkungan outdoor saat bermain air di kolam renang. Artinya kulit Anda bisa tersengat oleh sinar matahari setiap saat. Di satu sisi, sinar mentari mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan. Namun di sisi lain, sinar ini juga dapat membakar lapisan kulit Anda. Kulit mulus Anda akan langsung menghitam apabila terbakar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, Anda harus melindunginya menggunakan tabir surya. Usapkan tabir surya secukupnya di bagian tangan, kaki, leher, dan wajah.

  1. Pilih Tempat yang Aman

Water Park yang luas mempunyai beberapa kolam renang dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ada kolam yang cukup dalam, kolam dengan wahana ember, kolam renang yang mempunyai air berarus, sampai kolam renang yang airnya dangkal. Anda harus menyadari kemampuan diri sendiri. Jikalau Anda kurang mahir dalam berenang, sebaiknya pilih kolam yang dangkal supaya tetap aman. Anda bisa mencoba ke kolam renang yang lebih dalam lagi dengan pengawasan orang yang pandai berenang.

  1. Simpan Barang Bawaan di Loker

Salah satu fasilitas kolam renang yaitu loker bagi para pengunjung. Loker ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang dibawa oleh pengunjung. Anda harus memanfaatkan fasilitas loker ini dengan baik. Masukkan semua barang bawaan Anda yang tidak digunakan ketika berenang di dalam loker. Kemudian kunci pintunya dengan rapat. Setelah itu, Anda bisa bebas berenang dan menikmati semua wahana yang ada. Anda tidak perlu takut lagi barang-barang bawaan bakal hilang.

  1. Awasi Buah Hati Anda

Apabila Anda pergi ke kolam renang bersama dengan anak-anak, Anda tidak boleh terlalu asyik bermain sehingga lupa terhadap mereka. Utamakan keamanan dan keselamatan anak-anak. Namun Anda juga tidak boleh melarang mereka berada di dalam kolam renang. Biarkan mereka tetap bermain air di bawah pengawasan Anda. Agar lebih aman, jangan lupa memasangkan pelampung di tubuhnya. Bermain air di kolam akan melatih kemampuan motoriknya.

  1. Mandi Setelah Berenang

Walaupun sudah berenang di air kolam renang, tetapi Anda tetap harus mandi sampai bersih. Pasalnya kondisi kolam renang sebenarnya tidak bersih seperti yang terlihat. Apalagi untuk kolam renang umum. Air di dalamnya sudah terkenan keringat, atau bahkan air liur dan air seni dari pengunjung lain. Terlebih untuk menjaga kebersihan kolam renang dan menjernihkan airnya, pihak pengelola menggunakan berbagai obat-obatan kimia yang kurang bagus bagi kesehatan kulit. Jadi wajib hukumnya mandi setelah Anda puas berenang dan bermain air di kolam renang.