8 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan saat Naik Mobil

Hidup di zaman sekarang, kita memang dituntut untuk bergerak dengan cepat. Jika sampai ketinggalan, maka hilang juga kesempatan emas yang seharusnya bisa kita dapatkan. Untungnya berbagai kendaraan bermotor telah berhasil diciptakan. Salah satunya yaitu mobil. Mobil ialah kendaraan yang mempunyai empat roda. Ukurannya yang besar memungkinkan mobil dapat menampung penumpang dalam jumlah yang lebih banyak. Anda pun bisa pergi beramai-ramai menggunakan mobil.

Produsen mobil sudah berusaha semaksimal mungkin merancang mobil buatannya dengan baik. Namun kenyataannya tidak sedikit orang yang tetap merasa tidak nyaman saat menaiki mobil. Orang tersebut tetap merasa mual dan muntah akibat terserang mabuk perjalanan. Mungkin Anda juga termasuk salah seorang yang selalu mengalami mabuk ketika naik mobil? Waduh, pastinya masalah tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman di perjalanan ya. Bahkan mungkin kini Anda pun takut naik mobil.

agar-tidak-mabuk-di-mobil.jpg

Biar Anda tidak mengalami mabuk perjalanan lagi saat naik mobil, ikuti kiat-kiat di bawah ini yuk!

Bersihkan Mobil Anda

Kenyataannya penyebab utama seseorang mengalami mabuk di dalam mobil salah satunya karena bau tidak sedap di dalam mobil tersebut. Karena terus-menerus mencium aroma yang tidak mengenakan ini, Anda pun merasa pusing serta mual. Jadi untuk mencegahnya, Anda harus memastikan kondisi mobil tersebut sudah bersih. Buanglah semua kotoran yang ada di dalamnya. Singkirkan benda-benda yang berbau menyengat dari mobil. Buatlah kondisi mobil sebersih mungkin.

Pasang Pengharum Mobil

Buatlah mobil mempunyai aroma yang harum dan menyegarkan. Selain dengan membersihkan mobil, Anda pun dapat memasang produk pengharum bila perlu. Pengharum ini akan menciptakan nuansa tertentu di dalam mobil Anda. Sehingga Anda bisa merasa nyaman ketika mencium aroma tersebut. Jadi pilihlah produk pengharum dengan aroma favorit Anda. Saran kami pilih pengharum yang mempunyai aroma menyegarkan seperti lemon, jeruk nipis, apel, sereh, dan cemara.

Duduk di Bagian Depan

Penyebab lain seseorang mengalami mabuk perjalanan yaitu akibat guncangan hebat yang dialaminya. Pada mobil, tempat duduk yang biasanya memiliki guncangan yang keras yaitu deretan paling belakang. Apalagi di bagian bagasi belakang, guncangannya terasa begitu keras karena letaknya yang dekat sekali dengan mesin. Jadi sebaiknya Anda selalu memilih duduk di bagian depan ketika naik mobil. Bahkan bila Anda merasa belum kuat menahan guncangan mobil, tolaklah tawaran naik mobil jika Anda harus duduk di deretan kursi belakang.

Makan Permen Mint

Perment mint bisa Anda gunakan untuk menjaga kondisi perut tetap merasa tenang dan nyaman. Rasa mint yang menyegarkan ini ampuh sekali dipakai untuk mengatasi rasa mual ketika Anda naik mobil. Bila perlu, pilihlah produk permen yang mempunyai rasa mint begitu kuat. Meskipun rasanya kurang enak, tapi yakinlah permen tersebut bisa sangat membantu Anda supaya tidak mengalami mabuk perjalanan. Anda harus terus menghisapnya di mulut selama perjalanan berlangsung.

Dengarkan Lagu Ngebeat

Hati-hati terhadap rasa bosan yang timbul ketika di tengah perjalanan. Sebab rasa bosan ini pun dapat berubah menjadi perasaan tidak nyaman, kemudian Anda akan mengalami pusing dan muntah. Anda sebaiknya menyibukkan diri dengan mengobrol bersama penumpang lain. Kalau sudah tidak ada bahan pembicaraan lagi, Anda dapat mendengarkan lagu. Pilihlah lagu yang ngebeat dan menghentak supaya perasaan Anda bisa teralihkan terus ke dalam lagu.

Jangan Nyalakan AC

Bagi Anda yang memang sering mengalami mabuk darat, cobalah naik mobil tanpa menghidupkan AC. Sebab udara dingin yang dikeluarkan AC tersebut dapat membuat tubuh Anda semakin drop dan pusing. Beberapa AC juga kerap mengeluarkan bau tak sedap yang akan semakin memperburuk keadaan. Anda bisa meminta izin ke penumpang lain untuk mematikan AC tersebut. Lebih baik gunakan saja udara alami yang masuk melalui jendela. Udara ini jauh lebih menyegarkan.

Terus Lihat ke Depan

Selama berada di dalam mobil yang sedang melaju, usahakan pandangan Anda terus melihat ke arah depan. Hindari melihat pemandangan dari samping jendela. Mengapa? Sebab deretan pepohonan dan bangunan yang seolah-olah bergerak mundur dapat memusingkan mata Anda. Berbeda halnya apabila Anda terus melihat ke depan, Anda bisa menikmati pemandangan tersebut. Hindari memandang objek yang berjarak dekat. Lihatlah objek-objek yang letaknya cukup jauh sehingga gerakannya tidak cepat.

Jangan Bermain HP

Tidak disarankan memainkan HP bagi Anda yang menderita mabuk perjalanan yang cukup parah. Meski saat ini Anda bertindak sebagai penumpang mobil, bermain HP akan membahayakan diri Anda sendiri. Bukan lain karena Anda bisa terkena sakit kepala yang begitu parah kalau terus memainkan HP selama berada di dalam mobil. Sebaiknya Anda terus fokus terhadap perjalanan Anda. Sehingga Anda bisa terus menjaga kondisi tubuh, terutama perut dan perasaan, supaya tetap dapat menikmati perjalanan ini.