8 Tempat Snorkeling Paling Spektakuler di Indonesia

Di mana tempat snorkeling yang paling spektakuler di Indonesia? Indonesia termasuk negara maritim yang paling besar di dunia. Ini berarti wilayah perairannya lebih luas daripada wilayah daratannya. Indonesia memang terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang tersusun menjadi satu kesatuan. Kabar baiknya kita sebagai warga negara Indonesia bisa menikmati keindahan wilayah perairan seperti sungai, danau, dan laut yang menakjubkan

Buat Anda yang mengaku sebagai pencinta air, jangan lewatkan aktivitas snorkeling pada kesempatan liburan kali ini. Selalu ingat bahwa Indonesia adalah surganya tempat wisata air. Bukan hanya satu, dua, tiga, atau bahkan sepuluh, tetapi destinasi pariwisata air di Indonesia ada banyak sekali. Mungkin jika Anda berniat menghitungnya, objek wisata tersebut bisa lebih dari seribu tempat. Namun kali ini kita hanya akan membahas delapan yang terbaik.

tempat-wisata-snorkeling-terbaik.jpg

Cape Kri, Raja Ampat

Raja Ampat sudah lama dikenal sebagai tempat snorkeling paling indah di dunia. Terdapat sekitar 610 pulau, 600 spesies karang laut, dan lebih dari 1500 spesies ikan ada di sini. Salah satu spot terbaik di Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah air ialah Cape Kri. Daya tarik utama dari spot ini yaitu banyaknya spesies ikan langka yang tinggal dengan damai di tempat ini. Misalnya seperti ikan barakuda, ikan giant parrot, ikan hiu black tip, dan penyu hawksbill.

Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh adalah bagian paling barat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pulau ini sekarang banyak diminati oleh penggemar snorkeling karena mempunyai pemandangan bawah laut yang luar biasa menakjubkan. Bahkan tidak sedikit pengagum yang menyamakannya dengan Raja Ampat. Ratusan terumbu karang, aneka ikan berwarna-warni, dan tumbuh-tumbuhan air tumbuh subur di sini. Tetapi yang paling menarik ialah Anda bisa bertemu dengan ikan lumba-lumba, ikan hiu, dan ikan manta rays di Pulau Weh.

Labuan Bajo, Flores

Para penyelam dunia pun mengakui kalau pemandangan di lautan Labuan Bajo tak ubahnya seperti di surga. Indah sekali! Keindahan tersebut terbentuk berkat 385 jenis terumbu karang, 70 jenis ikan spons, dan ribuan ikan-ikan lain yang hidup rukun di tempat ini. Anda pasti bakal dibuat terkagum-kagum ketika sedang ber-snorkeling ria. Kami sarankan pergilah ke Labuan Bajo pada bulan Maret-April atau September-November untuk melihat migrasi ikan manta rays.

Pulau Banda, Maluku

Maluku juga mempunyai tempat snorkeling yang paling spektakuler di Indonesia, tepatnya di bawah Pulau Banda. Pulau ini merupakan rumah bagi terumbu karang dan ratusan ikan berbagai spesies yang tumbuh dengan baik. Perlu Anda ketahui bahwa Pulau Banda terdiri dari 6 pulau kecil antara lain Pulau Naira, Pulau Volkano, Pulau Banda Besar, Pulau Hatta, Pulau Ai, serta Pulau Run. Dan yang paling bagus ialah Pulau Hatta yang memiliki air jernih sekali. Saking jernihnya air di tempat ini, Anda sudah bisa melihat pemandangan bawah laut dari pinggir pantai.

Pantai Pink, Pulau Komodo

Pulau Komodo mempunyai banyak pantai dengan pemandangan yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Pink. Disebut demikian karena hamparan pasirnya berwarna merah muda. Selain dari sisi pantainya, Pantai Pink juga memiliki keindahan panorama di bawah air laut. Cobalah snorkeling di tempat ini untuk mendapatkan pengalaman menyelam yang berbeda. Objek wisata di Pantai Pink juga masih cukup sepi loh sehingga Anda dapat menyelam sepuas-puasnya.

Wakatobi, Sulawesi Selatan

Tahukah Anda, nama Wakatobi adalah kependekan dari nama-nama pulau di Kepulauan Tukang Besi yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Ini merupakan tempat wisata snorkeling yang sangat unik dan menarik. Kenapa? Sebab Anda bisa menikmati keindahan pemandangan bawah air yang letaknya tidak jauh dari pantai. Sehingga bagi Anda yang mungkin masih belajar menyelam bisa memulainya dari tempat ini.

Pulau Bunaken, Manado

Sampai saati ini Pulau Bunaken masih menjadi juaranya tempat wisata air di Bumi. Bahkan UNESCO pun telah menobatkan Pulau Bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia. Anda tidak perlu meragukan lagi keindahan tempat ini deh sebab percuma saja. Pulau Bunaken mempunyai aneka ragam karang-karang sehat yang tumbuh subur dengan air laut yang hangat dan jernih. Ada banyak sekali spesies biota laut langka yang hidup di sini seperti reef octopus, blue spotted stingrays, dan moray eels. Nah yang spesialnya adalah Anda bisa melihat dugong yang sedang memakan rumput laut ketika air sedang pasang.

Pulau Karimun Jawa, Jawa Tengah

Jangan pernah menyangka kalau kondisi Laut Jawa sudah sangat tercemar ya. Buktinya Pulau Karimun Jawa yang terletak di sebelah utara Jepara menyimpan panorama bawah laut yang super indah. Terdapat empat spot snorkeling utama yang memiliki keistimewaannya sendiri di sini yaitu Pulau Menjangan, Pulau Sentral, Pulau Big Pine, dan Pulau Kecil. Terumbu karang dan ikan berwarna-warni dijamin bisa Anda temukan dengan mudah di sini. Menariknya Anda diperbolehkan untuk memberikan pakan berupa remah-remah roti kepada ikan.