8 Makanan Khas Korea yang Halal dan Lezat

Apakah makanan khas Korea yang halal dan juga lezat? Kalau bertanya manakah negara yang menarik untuk ditelusuri, maka Korea pasti menjadi salah satu jawaban utama Anda. Negara dengan julukan Negeri Ginseng tersebut memang mempunyai tradisi dan adat istiadat yang luar biasa unik. Anda pun pasti mengakuinya. Hebatnya lagi adalah warga negara Korea begitu bangga akan jati diri dan identitas bangsanya. Tidak seperti kita?

Salah satu bagian dari kebudayaan Negara Korea yang sangat layak untuk diketahui ialah makanan khasnya, di samping tempat wisata tentunya. Ada banyak sekali makanan dan minuman asli negara yang satu ini. Namun ingat kalau tidak semua dari makanan/minuman tersebut hukumnya halal karena mengandung daging babi. Oleh sebab itu, Anda yang beragama muslim harus memperhatikan hukum kehalalannya dengan baik. Untungnya tidak sedikit pula makanan/minuman khas Korea yang benar-benar halal.

makanan-khas-korea-halal.jpg

Di bawah ini merupakan daftar makanan khas Korea yang halal dan rasanya pasti lezat!

  1. Tteokbokki

Tteokbokki adalah kuliner yang dibuat dari kue beras (rice cake) dan kue ikan (fish cake). Kue-kue tersebut kemudian dimasak menggunakan bumbu pedas. Jadi bisa ditebak kalau tteokbokki ini memiliki cita rasa yang kenyal, gurih, dan pedas. Ada pula sensasi sedap yang muncul dari ikan, udang, cumi-cumi, atau gurita yang sering ditambahkan. Kalau di Indonesia mungkin mirip seperti pempek dari Palembang atau cimol dari Bandung.

  1. Jajangmyeon

Anda yang sudah pernah belajar bahasa korea pasti tahu kalau kata myeon artinya mie. Jajangmyeon adalah makanan yang menggunakan bahan dasar dari mie. Mie tersebut lantas dimasak memakai saus dari kacang hitam. Yang menarik adalah jajangmyeon selalu dihadirkan tanpa topping. Tentu rasanya sangat unik karena belum ada mie seperti ini di Indonesia. Kalau agak dipaksakan mungkin mirip seperti mie yamin dari Bandung yang tidak diberi tambahan bahan apapun.

  1. Korean Fried Chicken

Jangan salah sangka, Korea juga mempunyai olahan ayam goreng khas yang berbeda dari negara-negara lainnya. Biasa disebut Korean Fried Chicken, ayam goreng ini menggunakan saus khusus yang memiliki rasa manis dan pedas. Tidak lupa taburan biji wijen selalu menghiasi ayam goreng yang satu ini. Beberapa penjual juga kerap menambahkan kacang tanah tumbuk kasar untuk meningkatkan kelezatan ayam goreng khas Korea.

  1. Pattbingsu

Kata patt dalam bahasa indonesia berarti kacang merah. Pattbingsu adalah minuman berupa es serut yang memakai kacang merah sebagai topping utamanya. Hidangan ini hampir dipastikan selalu ada di setiap musim panas. Perpaduan antara dinginnya es dan manisnya kacang merah membuat perasaan menjadi bahagia. Kurang lebih pattbingsu ini mirip seperti es buah ya!

  1. Kimchi Jjigae

Kimchi merupakan asinan sawi putih yang difermentasikan memakai saus pedas dari cabai. Bisa dibilang kimchi adalah makanan khas Korea yang paling terkenal. Selain dimakan begitu saja, kimchi juga bisa dibuat menjadi makanan olahan yang lain. Salah satunya yaitu kimchi jjigae. Kimchi jjigae ialah sup yang dibuat memakai kimchi sebagai bahan utamanya. Rasa dari kimchi jjigae ini sangat lezat, gurih, segar, dan juga hangat di tubuh.

  1. Ramyeon

Mie instan di Korea biasa disebut ramyeon. Mie ini banyak dijual oleh toko kebutuhan bahan pokok dan supermarket di pinggir jalan. Berbeda dengan mie instan di Indonesia yang perlu dimasak terlebih dahulu, Anda cukup menuangkan air panas ke ramyeon sebelum dapat menikmatinya. Perbedaan lainnya adalah porsi ramyeon ini lebih besar sehingga Anda pasti akan langsung puas memakannya. Seringkali juga ditambahkan sayur-sayuran kering di dalam mie ramyeon.

  1. Bibimbap

Nasi campur khas Korea biasa disebut bibimbap. Bahan utamanya adalah nasi yang kemudian ditambah dengan berbagai macam lauk-pauk dan sayuran. Tepat di tengah-tengahnya ada telur mata sapi setengah matang yang akan membuat cita rasa bibimbap begitu gurih dan lembut. Sebelum dimakan, Anda harus mencampurkan bibimbap ini dengan mengaduknya sedemikian rupa agar menjadi satu. Umumnya bibimbap disajikan di wadah hotpot sehingga hangatnya terjaga.

  1. Odeng

Korea juga mempunyai sate khas yang bernama odeng. Sate ini dibuat menggunakan bahan utama kue ikan (fish cake) dengan berbagai bentuk. Tidak dibakar atau digoreng, semua fish cake yang telah ditusuk memakai sumpit tersebut lantas direbus di dalam kuah sup. Anda bisa menikmati odeng begitu saja atau mencelupkannya terlebih dahulu di saus. Rasanya sangat enak dan hangat. Cocok sekali dinikmati di musim dingin.