7 Tips Pergi Wisata Sendirian biar Tetap Asyik

Anda mungkin pernah berkeinginan untuk pergi wisata sendirian? Mengapa tak mencobanya? Ternyata eh ternyata, bukan hanya Anda saja kok yang pernah mempunyai niat semacam itu. Ada banyak sekali orang di luar sana yang juga tertarik untuk pergi wisata sendirian. Alasannya pun bermacam-macam. Tetapi yang paling sering adalah dia sedang ingin menyendiri atau menikmati hidup sendirian atau hendak menemukan jati dirinya.

Pergi liburan bersama dengan orang-orang terdekat memang rasanya menyenangkan. Tetapi liburan sendirian pun tidak kalah asyiknya. Di sini kita bisa mengekspresikan diri sesuka hati tanpa perlu jaim atau sungkan kepada orang lain. Jarang-jarang kan Anda memiliki kesempatan semacam ini. Pergi ke suatu tempat asing tanpa adanya orang yang mengenal kita sama sekali membuat kita tidak harus terbebani dengan image sendiri.

tips-pergi-wisata-sendiri.jpg

Agar suasana liburan Anda tetap terasa asyik walaupun Anda pergi sendirian, ikuti yuk kiat-kiat ala Ande Lumut berikut ini!

  1. Mantapkan Hati

Wisata secara solo memang terasa menyenangkan asalkan Anda bisa menikmati setiap momen yang ada. Terkadang seseorang yang masih merasa ragu tidak bisa menikmati suasana liburan sendiri. Anda akan merasa bingung mau melakukan apa dan canggung terhadap suasana di sekelilingnya. Semua ini terjadi karena masih ada keraguan di dalam lubuk hati. Itu sebabnya, Anda perlu memantapkan hati terlebih dahulu.

  1. Tentukan Destinasi Wisata

Anda bisa pergi ke tempat wisata yang ramai atau sepi ketika berlibur sendirian. Tapi pastikan kondisi keamanan di tempat tersebut benar-benar terjamin bila Anda pergi ke sana seorang diri. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat tersebut. Dari mulai harga makanannya, objek wisata yang dimiliki, hingga tingkat keramahan warga sekitarnya. Cari tahu juga kasus kriminal yang mungkin pernah terjadi di sana.

  1. Susun Anggaran

Kadang-kadang berlibur sendirian justru lebih boros. Hal ini dikarenakan Anda tidak bisa membeli paket wisata yang bisa menghemat pengeluaran. Tidak ada pula diskon yang akan diterima jika Anda bepergian seorang diri. Selain itu, Anda pun tidak dapat berbagi tempat penginapan. Artinya Anda harus membayar sewa kamar secara penuh. Jadi Anda harus merencanakan anggaran secara matang.

  1. Rencanakan Kegiatan

Saat berlibur sendiri, Anda tidak bisa meminta pendapat kepada siapa pun mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan nanti. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk merencanakan daftar kegiatan yang bakalan dilakukan setelah sampai di tempat tujuan. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa menikmati tempat wisata tersebut secara maksimal tanpa ada yang terlupakan.

  1. Siapkan Dompet dan HP

Dua barang yang wajib disiapkan dengan matang saat pergi wisata seorang diri yaitu dompet dan handphone. Kedua barang ini akan menolong perjalanan Anda. Siapkan uang yang cukup di dalam dompet. Jangan bawa uang terlalu banyak untuk mencegah Anda mengalami lapar mata atau tindakan kriminal yang mungkin bisa terjadi. Simpan pula uang cadangan di dalam tas untuk kebutuhan mendadak. Periksa kembali HP Anda untuk memastikan baterainya penuh serta pulsa dan kuota data masih cukup.

  1. Perbanyak Kenalan

Bersikap ramah kepada siapa saja, inilah kunci utama supaya Anda dapat menikmati suasana berlibur seorang diri. Turunkan ego Anda dan hilangkan perasaan malu agar Anda bisa mendapatkan kenalan baru sebanyak-banyaknya. Tak perlu pilah-pilih siapa orang yang akan Anda ajak berkenalan. Dari mulai tukang parkir, pemilik warung, para wisatawan lain, sampai petugas di tempat wisata pun bisa Anda ajak kenalan.

  1. Cobalah Hal Baru

Cobalah hal baru sebanyak-banyaknya. Yakin bahwa Anda tidak akan merasa kecewa setelah melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan-kegiatan yang baru pertama kali Anda lakukan akan menambah pengalaman Anda. Anda pun akan merasa lebih bersemangat ketika mencoba kegiatan ini. Jika sebelumnya Anda mungkin merasa ragu atau malu untuk melakukannya, inilah waktu yang tepat untuk mencoba kegiatan tersebut.