6 Macam Lomba Agustusan yang Unik dan Tidak Biasa

17 Agustus 1945 merupakan tanggal kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu kita memperingati hari lahirnya Bangsa Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Berbagai acara pun sengaja diselenggarakan untuk menyemarakkan suasana di hari peringatan tersebut. Dari mulai upacara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih sampai penyelenggaraan doa bersama. Tak lupa berbagai lomba pun diadakan untuk menciptakan suasana yang gembira.

Kami yakin Anda juga pasti biasa mengikuti lomba-lomba pada perayaan 17 Agustus ini, kan? Lomba ini biasa dikenal dengan istilah lomba agustusan karena memang diselenggarakan setiap Bulan Agustus. Ada berbagai lomba agustusan yang sering diadakan. Misalnya seperti balap karung, tarik tambang, panjat pinang, balap kelereng, makan kerupuk, dan sebagainya. Agar acara peringatan Hari Kemerdekaan di daerah Anda lebih berkesan, kami sarankan adakanlah lomba agustusan yang lebih unik, berbeda, dan tidak biasa.

lomba-agustusan-yang-unik.jpg

Di bawah ini ide-ide lomba agustusan yang bisa Anda aplikasikan di lingkungan tempat tinggal Anda, antara lain :

  1. Lomba Bermain Game Online

Anak zaman sekarang pasti paling suka bermain game di smartphone miliknya. Nah, Anda sebagai panitia acara lomba agustusan bisa memanfaatkan tren tersebut untuk menggelar lomba yang lebih menarik dan terkini. Anda bisa menyelenggarakan lomba bermain game online. Di sini Anda cukup menyediakan area hotspot gratis, sedangkan gadget harus dibawa sendiri oleh masing-masing peserta. Lantas tentukan game apa yang hendak dipertandingkan.

  1. Lomba Mendandani Orang Tuanya

Anak-anak perempuan nih biasanya paling suka bermain-main dengan alat make up. Sejak kecil biasanya mereka sudah mahir menggunakan alat rias kecantikan ini. Anda bisa membuat acara lomba yang lebih menarik dengan mempertimbangkan kebiasaan tersebut yaitu lomba mendandani orang. Untuk modelnya sendiri, para peserta harus menggunakan model orang tuanya. Aturannya cuma satu. Biarkan anak yang harus merias orang tuanya tanpa dibantu sama sekali.

  1. Lomba Memasak Mie Instan

Lomba memasak selalu menjadi salah satu lomba yang paling ditunggu-tunggu. Tidak lain karena kemeriahan acara tersebut ditambah kita bisa menikmati hidangan yang dipertandingkan. Sayangnya untuk kalangan anak-anak, pekerjaan memasak ini termasuk sulit karena butuh kemahiran untuk bisa meramu bumbu yang lezat. Namun untuk memasak mie instan, anak-anak pun bisa melakukannya sendiri. Biar lebih unik, buatlah acara memasak mie instan dengan kreasi yang telah ditentukan.

  1. Lomba Menghias Jalan di Depan Rumah

Biar semakin kompak, Anda bisa mengadakan lomba yang bisa melibatkan semuanya, termasuk orang dewasa. Salah satu lomba yang kami sarankan adalah menghiasi jalan setapak yang ada di depan rumahnya. Para peserta diminta sekreatif mungkin dalam menghias jalan tersebut. Anda bisa membagi jalan tersebut menjadi beberapa bidang untuk kemudian dihiasi oleh masing-masing keluarga. Dengan begini, semua orang akan merasa gembira dan jalan pun menjadi lebih indah.

  1. Lomba Lari Estafet Sekeluarga

Ide lain untuk melibatkan seluruh anggota keluarga di lomba agustusan adalah lomba lari estafet. Para peserta yang mengikuti acara ini wajib membuat sebuah tim yang anggotanya masih keluarga. Misalnya ayah, ibu, dan seorang anak. Biar lebih seru, buat acara lari estafet yang lain daripada biasanya. Misalnya para peserta diminta melakukan misi tertentu di tengah-tengah rute lari. Peserta yang sudah berhasil menjalankan misi bisa melanjutkan larinya.

  1. Lomba Merangkai Tasbih

Lomba merangkai biji tasbih bisa menjadi salah satu ide menarik untuk acara Agustus di lingkungan tempat tinggal Anda. Sebagai panitia, Anda hanya perlu menyiapkan biji-biji tasbih dan benang. Kemudian peserta yang masih anak-anak diminta untuk merangkai biji-biji tasbih tersebut menjadi tasbih yang siap digunakan. Ingat, sebuah tasbih berisi total 99 biji yang terpisah menjadi 3 bagian yang masing-masing berisi 33 biji. Pemenang adalah peserta yang bisa merangkai tasbih paling cepat dan benar.