5 Tempat Wisata Pilihan di Poso Sulawesi Tengah

Apakah nama tempat wisata pilihan di Poso, Sulawesi Tengah? Bagi Anda yang sedang melancong ke Kabupaten Poso di Provinsi Sulawesi Tengah jangan sampai kelewatan mengunjungi tempat wisatanya ya. Ini dikarenakan Poso mempunyai beragam objek wisata asyik dan berbeda yang patut untuk Anda sambangi. Karena posisinya berada di daerah pesisir, jadi bisa ditebak deh kalau pariwisata di sini didominasi oleh pantai dan laut.

Tapi Anda jangan salah sangka dulu. Kualitas pantai dan laut di Kabupaten Poso benar-benar indah. Dijamin Anda bakal langsung terpesona seketika tatkala melihat keindahan panorama tempat wisata di kabupaten ini. Ada Kepulauan Togean, Danau Poso, Cagar Alam Morowali, Teluk Tomori, serta Gua Pamona dan Latea. Mari kita jalan-jalan bersama mengunjungi semua objek wisata tersebut dan menikmati keindahan Kabupaten Poso.

  1. Kepulauan Togean

tempat-wisata-kepulauan-togean.jpg

Di sebelah utara Kota Poso terdapat sebuah kepulauan yang sangat indah bernama Kepulauan Togean. Bagaimana tidak indah coba? Kepulauan Togean mempunyai taman laut alami yang berisi ribuan jenis ikan dan terumbu karang yang hidup dengan damai. Pastinya Anda bisa melakukan diving di objek wisata ini untuk melihat secara langsung panoramanya. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir. Sebab Anda bisa bermain di bibir pantai dengan air laut yang jernih dan tenang.

  1. Danau Poso

tempat-wisata-danau-poso.jpg

Danau Poso merupakan salah satu danau yang paling dalam dan paling indah yang dimiliki oleh Indonesia. Lokasinya berada di daerah Tentena, tidak jauh dari Kota Poso. Keistimewaan dari danau ini adalah pantainya yang ditutupi oleh pasir berwarna putih keemasan yang sangat lembut. Airnya juga jernih sekali dan berombak jadi kelihatan mirip laut. Disarankan untuk datang ke tempat wisata ini pada saat penyelenggaraan Festival Danau Poso sehingga lebih mengesankan.

  1. Cagar Alam Morowali

wisata-cagar-alam-morowali.jpg

Kabupaten Poso juga mempunyai sebuah cagar alam terkenal yang bernama Cagar Alam Morowali. Tempat ini merupakan habitat bagi para binatang dan tumbuh-tumbuhan endemik khas Pulau Sulawesi. Cagar Alam Morowali terdiri dari beberapa kawasan yang meliputi pantai, hutan bakau, hutan rawa, hutan aluvial, hutan lumut, dan hutan pegunungan. Ada pula tiga sungai utama yang membentang di kawasan ini. Cagar Alam Morowali juga sekaligus menjadi tempat tinggal bagi suku Wana.

  1. Teluk Tomori

tempat-wisata-teluk-tomori.jpg

Teluk Tomori adalah surganya taman laut di Kabupaten Poso yang tidak bisa ditemukan di tempat mana pun di Indonesia. Keindahan teluk ini terbentuk dari gugusan pulau-pulau kecil yang sangat eksotis. Ada pula gua-gua alami yang sangat menarik dan sayang sekali bila Anda lewatkan. Pada pagi dan sore hari, Anda akan menjumpai pemandangan yang mengharukan di mana para nelayan tengah disambut oleh anak dan istrinya.

  1. Gua Pamona dan Gua Latea

gua-pamona-dan-latea.jpg

Kabupaten Poso mempunyai cukup banyak gua yang terbentuk secara alami. Di antara gua-gua tersebut, terdapat dua buah gua yang paling menarik yaitu Gua Pamona dan Gua Latea. Kedua gua ini mempunyai ukuran yang relatif lebih besar dibandingkan dengan gua-gua yang lainnya. Panorama alam yang dimiliki oleh Gua Pamona dan Gua Latea juga patut diacungi jempol. Anda bisa mengagumi betapa spektakulernya maha karya yang dibuat oleh alam dari gua-gua ini.