5 Tempat Wisata Kuliner di Indonesia Paling Favorit

Di manakah tempat wisata kuliner di Indonesia yang terfavorit? Jalan-jalan tidak harus selalu tentang pemandangan indah melulu. Anda pun bisa bepergian ke suatu tempat hanya sekadar untuk mencicipi masakan khas daerahnya saja. Sangat beruntung kita tinggal di Indonesia yang terkenal sebagai surganya kuliner. Terdapat banyak sekali olahan makanan dan minuman yang begitu lezat dan menggugah selera di Bumi Pertiwi.

Anda yang suka makan-makan tentunya tidak ingin kelewatan informasi soal tempat terbaik di Indonesia untuk berwisata kuliner, kan? Beberapa daerah di bawah ini mungkin bisa dengan mudah Anda tebak karena memang kelezatan kulinernya sudah terkenal seantero Nusantara. Yap Bandung, Surabaya, dan Padang adalah tempat terbaik untuk mendapatkan makanan dan minuman paling enak dan unik. Lainnya Anda bisa menemukan di Makassar dan Palembang.

tempat-wisata-kuliner-terfavorit.jpg

Tempat 1. Kota Bandung

Sudah tidak bisa disangkal lagi kalau Kota Bandung merupakan juaranya tempat wisata paling favorit di Indonesia. Faktor pendukung ialah ada begitu banyak hidangan kuliner yang bisa Anda nikmati di Kota Paris Van Java ini. Dijamin deh semuanya sedap! Anda juga tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan jajanan unik di sini karena Bandung juga menjadi tempat terbaik untuk ber-street food ria. Contoh-contoh kuliner yang wajib Anda beli kalau bertandang ke kota ini antara lain peuyeum, batagor, cimol, karedok, mie kocok, dodol, dan bandros.

Tempat 2. Kota Padang

Apakah makanan paling lezat di dunia? Tidak lain adalah rendang daging sapi yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat. Jadilah sangat pantas kalau Padang menduduki peringkat kedua sebagai tempat terbaik untuk wisata kuliner di Indonesia. Selain rendang, Padang sebenarnya masih mempunyai banyak sekali hidangan kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Misalnya seperti gulai kepala ikan mas, sup kepala ikan kakap, gulai ayam, itiak lado mudo, dendeng balado, serta dendeng batoko. Tidak hanya restoran-restoran mewah, warung-warung makan pinggir jalan juga biasa menyajikan semua hidangan yang sangat lezat ini.

Tempat 3. Kota Surabaya

Ada banyak sekali penggemar masakan khas Jawa di Indonesia. Kalau Anda termasuk salah satunya, kami sarankan puaskanlah nafsu makan Anda dengan bertandang ke Kota Surabaya. Di Kota Pahlawan ini, Anda bisa mendapatkan berbagai hidangan khas Jawa yang benar-benar enak. Tidak seperti masakan khas Jawa di Yogyakarta yang rasanya terlalu manis atau di Semarang yang berasa terlalu gurih, Anda bisa merasakan masakan yang lebih pas dengan lidah di Surabaya. Beberapa menu masakan yang sangat terkenal meliputi rujak cingur, rawon, lontong balap, pecel semanggi, tahu tek, dan sate klopo.

Tempat 4. Kolam Makassar

Kalau di lingkungan perkotaan Kota Makassar, Anda bakal menemukan makanan-makanan khas yang selalu identik dengan kuah, berempah banyak, dan isinya berupa potongan-potongan daging sapi yang begitu menggoda selera. Memang paling enak kalau menikmati pemandangan alam di kota ini sambil ditemani sup yang berkuah panas. Ada coto makassar, sop konro, atau sop sodara yang siap memberikan kepuasan pada lidah Anda. Anda bisa menyantap hidang-hidangan tersebut bersama dengan buras, singkong rebus, atau jagung rebus. Dijamin sedap banget!

Tempat 5. Kota Palembang

Kota lain di Pulau Sumatera yang juga menyimpan aneka kuliner yang luar biasa lezat adalah Kota Palembang di Sumatera Selatan. Bila sudah mendengar nama Palembang pastinya tidak jauh dari pempek sebagai makanan khas daerahnya. Namun tahukah Anda kalau kuliner asli Palembang tidak melulu pempek? Ada tekwan yang menyerupai bakso ikan, mie celor dengan kuah kental, laksa yang berkuah santan, dan pindang patin yang begitu pedas. Serta yang tidak boleh ketinggalan ialah kue delapan jam yang harus ada di setiap Hari Raya.