5 Air Terjun Paling Tinggi di Pulau Jawa

Apakah air terjun yang paling tinggi di Pulau Jawa? Berwisata alam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan orang-orang terkasih. Salah satu tempat menarik yang dapat dijadikan destinasi wisata alam yang bagus adalah air terjun. Bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa, Anda tidak perlu pergi ke luar pulau hanya sekadar untuk menikmati keindahan air terjun. Sebab pulau kita tercinta ini mempunyai banyak sekali air terjun menarik yang layak Anda kunjungi.

Beberapa air terjun yang terkenal di Pulau Jawa antara lain Curug Sewu, Air Terjun Madakaripura, Curug Cipendok, Air Terjun Jarakan, Curug Cimahi, Air Terjun Sedudo, Curug Citambur, dan Grojogan Sewu. Masing-masing air terjun tersebut memiliki panorama yang berbeda-beda. Semuanya tak mau kalah membuat takjub hati para pengunjung untuk mengagumi keindahannya. Ukuran ketinggiannya juga tidak sama. Ada yang satu air terjun, ada pula yang bertingkat-tingkat. Bahkan ada loh air terjun di Pulau Jawa yang ukurannya sangat tinggi. Anda pasti juga akan berdecak kagum saat melihatnya.

air-terjun-pulau-jawa.jpg

Lantas, di mana sih air terjun di Pulau Jawa yang paling tinggi?

  1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun yang berada di dalam Kawasan Nasional Bromo Tengger Semeru ini mempunyai ketinggian hingga mencapai 200 m. Inilah yang membuat Air Terjun Madakaripura menjadi air terjun paling tinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Bentuk air terjun ini berupa ceruk yang dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi. Dari bukit-bukit tersebut mengalir air deras yang membentuk air terjun.

  1. Air Terjun Jarakan

Dengan tinggi mencapai 115 m, pantaslah Air Terjun Jarakan dinobatkan sebagai air terjun tertinggi kedua di Pulau Jawa. Lokasi Air Terjun Jarakan terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Yang menarik adalah terdapat sebuah sungai kecil di bagian dasar air terjun ini yang boleh dipakai oleh para wisatawan untuk bermain air atau berenang. Jadi di sini Anda tidak hanya menikmati pemandangan saja, tetapi juga bisa langsung merasakan sensasi segarnya air terjun.

  1. Air Terjun Sedudo

Di posisi ketiga terdapat Air Terjun Sedudo yang mempunyai ketinggian hingga 105 m. Catat baik-baik kalau air terjun ini berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Berada di dataran tinggi 1438 di atas permukaan laut, suasana di sekitar Air Terjun Sedudo sungguh sangat sejuk. Ada banyak pepohonan tinggi menjulang yang menghiasi tempat ini sehingga membuatnya tampak begitu asri. Disarankan pergilah ke Air Terjun Sedudo pada awal tahun baru Jawa untuk menyaksikan upacara adat istiadat yaitu Parna Prahista.

  1. Curug Citambur

Hanya berselisih sekitar 5 m dari Air Terjun Sedudo, Curug Citambur yang berada di posisi keempat sebagai air terjun paling tinggi di Pulau Jawa ini memiliki ketinggian 100 m. Lokasinya sendiri tersembunyi di Desa Karang Jawa, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur Selatan, Provinsi  Jawa Barat. Curug Citambur mempunyai debit air yang cukup besar dengan aliran air yang terbilang deras. Airnya terasa begitu dingin dan menyegarkan.

  1. Curug Cipendok

Curug Cipendok memiliki tinggi kurang lebih sekitar 92 m. Curug ini bertempat di Lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Timur. Letaknya yang berada di tengah-tengah hutan membuat kondisi di Curug Cipendok masih sangat alami. Udara di sekitarnya sungguh sejuk dengan jajaran pepohonan yang tampak di bawah. Jika mau, Anda juga bisa berkemah di bumi perkemahan yang tempatnya tidak jauh dari Curug Cipendok.