4 Pantai Dekat Candi Borobudur, Apa Saja Ya?

Di momen liburan seperti sekarang ini memang paling tepat pergi wisata bersama keluarga ya. Anda bisa menghabiskan waktu yang berkualitas mengunjungi tempat-tempat yang menarik. Apakah Anda pernah pergi ke Candi Borobudur? Kalau belum pernah, tak ada salahnya sekali-kali pergi ke candi ini. Mengingat Candi Borobudur termasuk salah satu keajaiban dunia yang keindahannya bahkan sudah terkenal ke seluruh dunia. Masa iya Anda yang merupakan warga Negara Indonesia belum pernah mengunjungi situs purbakala ini.

Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Akses transportasi menuju ke tempat wisata ini sangat mudah, baik dari Semarang maupun Yogyakarta. Begitu pula dengan kondisi jalan menuju ke Candi Borobudur terbilang sudah bagus. Maklum karena candi ini merupakan tempat wisata kelas dunia dan menjadi salah satu unggulan Provinsi Jawa Tengah. Sehingga pemerintah setempat benar-benar memperhatikan keadaan infrastruktur serta sarana dan prasarananya. Dijamin Anda dapat pergi ke lokasi Candi Borobudur dengan mudah.

Kalau sudah puas menikmati keindahan Candi Borobudur, jangan langsung beranjak pulang dulu ya. Sebab Anda masih bisa berkeliling ke beberapa objek wisata menarik yang terletak di sekitar Candi Borobudur. Jika kebetulan Anda termasuk pencinta pantai, Anda juga bisa pergi ke pantai-pantai yang ada di sekitar candi ini. Berhubung lokasi Magelang lebih dekat dengan pantai selatan dibandingkan pantai utara, maka Anda bisa berwisata ke pantai-pantai yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Apa sajakah itu?

Pantai Baron

pantai-baron-dekat-borobudur.jpg

Objek wisata Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat Kota Yogyakarta, pantai ini berjarak sekitar 40 km. Pantai Baron memiliki keindahan khas pantai laut selatan, namun ombaknya tidak terlalu tinggi sehingga cukup aman bermain air di sini. Tempatnya juga landai mengingat pantainya yang membentuk cekungan. Anda bisa singgah ke sini karena kondisi akses jalannya juga sudah baik.

Pantai Sundak

pantai-sundak-dekat-borobudur.jpg

Berbeda dengan Pantai Baron yang memiliki pasir berwarna cokelat, pasir di Pantai Sundak ini berwarna putih. Sehingga panorama alam yang disajikan juga sangat indah. Apalagi ditambah dengan kondisi lingkungan sekitar yang masih asri, banyaknya pepohonan, serta laut biru yang membentang luas semakin menambah keindahan pantai ini. Momen terbaik untuk pergi ke pantai Sundak yaitu saat pagi hari sembari menikmati keindahan matahari terbit.

Pantai Indrayanti

pantai-indrayanti-dekat-borobudur.jpg

Pantai lain yang memiliki panorama sangat indah di Yogyakarta yaitu Pantai Indrayanti. Pantai ini terletak di Wonosari, Gunung Kidul. Pantai ini sudah begitu populer di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan sekitarnya. Bahkan namanya juga sudah cukup terkenal di Nusantara. Pantai Indrayanti merupakan pantai berpasir putih yang menampilkan Samudera Hindia dengan indah sekali. Airnya yang berwarna biru kehijauan, ditambah gugusan terumbu karang membuat pantai ini begitu menarik.

Pantai Parangtritis

pantai-parangtritis-dekat-borobudur.jpg

Pantai Parangtritis adalah objek wisata pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Sehingga rugi sekali rasanya apabila Anda pergi ke daerah ini, tetapi tidak berkunjung ke Pantai Parangtritis. Pantai ini terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Lokasinya berada 25 km sebelah selatan dari Kota Yogyakarta. Selain keindahan pantainya yang sudah tak perlu diragukan lagi, pantai ini juga memiliki gunung-gunung pasir di sekitar pantai. Wisatawan bisa berseluncur di gunung pasir ini.