3 Objek Wisata Alami di Kabupaten Belu

Apakah objek wisata yang ada di Kabupaten Belu? Kabupaten Belu terletak di Pulau Timor. Lokasinya berbatasan langsung dengan Timor Leste. Ibukota Kabupaten Belu adalah Atambua. Meskipun berada di lokasi yang cukup terpencil, tetapi Kabupaten Belu memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut untuk kita kunjungi. Salah tiganya adalah pantai-pantai menarik yang ada di tempat ini.

Kabupaten Belu mempunyai Teluk Gurita, Kolam Susuk, dan Pasir Putih. Ketiga pantai inilah yang menjadi objek wisata terfavorit bagi warga Atambua dan sekitarnya. Pantai-pantai tersebut akan dikunjungi oleh banyak wisatawan di akhir pekan atau musim libur seperti sekarang. Hal ini memang sebuah kewajaran sebab pantai di Kabupaten Belu memiliki panorama yang sangat indah serta pemandangannya berbeda dari pantai lain.

objek-wisata-kabupaten-belu.jpg

Yuk, kita jalan-jalan bersama ke pantai di Kabupaten Belu!

  1. Teluk Gurita

Kita mulai perjalanan ini dari Teluk Gurita yang berlokasi di Kecamatan Kakuluk Mesak. Kalau dari Kota Atambua, kita cukup bergerak ke arah barat laut sekitar 18 km atau kurang lebih 30 menit. Teluk Gurita merupakan teluk yang sangat bersejarah. Pada zaman penjajahan, teluk ini sering dijadikan sebagai pelabuhan darurat dan tempat perdagangan. Konon tentara Jepang juga membuang sisa amunisinya ke Teluk Gurita setelah mengalami kekalahan perang.

Jadi saat berwisata ke Teluk Gurita, kita bisa mengagumi keindahan alamnya sekaligus mempelajari sejarah yang dimilikinya. Teluk ini mempunyai panorama alam yang masih sangat asri. Kombinasi antara laut yang biru, pemandangan pohon menghijau, dan cerahnya langit dijamin akan membuat Anda langsung terpesona. Pikiran Anda yang semula suntuk akan langsung sirna setelah melihat deburan ombak yang jernih.

  1. Kolam Susuk

Dari Teluk Gurita, kita berlanjut melancong ke Kolam Susuk. Letaknya tidak terlalu jauh kok karena ada di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak. Jaraknya lebih kurang 17 km dari Kota Atambua. Kolam Susuk merupakan sebuah kolam alami yang sangat unik. Ini dikarenakan Kolam Susuk mempunyai air yang warnanya keputih-putihan menyerupai susu. Warna putih tersebut akan semakin jelas ketika siang hari kondisi cuacanya cerah.

Kenapa air di Kolam Susuk bisa berwarna putih? Penyebabnya tidak lain karena tanah yang ada di dasar kolam tersebut yang memang berwarna putih. Jadi yang berwarna putih sebenarnya adalah tanah dasarnya, bukan airnya. Air di Kolam Susuk sangat jernih sehingga terasa sangat menyegarkan. Keberadaan kolam tersebut sangat pas sebab terletak persis di tengah-tengah padang sabana yang luas.

  1. Pasir Putih

Objek wisata yang tak boleh Anda lewatkan saat berada di Kabupaten Belu adalah Pantai Sukaerlaran atau Pantai Pasir Putih. Letaknya lebih jauh dari dua tempat wisata sebelumnya yakni sekitar 24 km dari Kota Atambua. Pantai Pasir Putih adalah sebuah pantai alami yang mempunyai pasir berwarna putih. Putihnya pasir tersebut membentang di sepanjang bibir pantai dan berpadu apik dengan birunya warna air laut. Keistimewaan lain dari pantai ini yaitu lokasinya sangat dekat dengan wilayah perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.