3 Langkah Cara Naik Bus City Tour Semarang dengan Gratis

Seolah-olah tak mau kalah dengan Jakarta, Kota Semarang kini mempunyai bus city tour juga loh. Dan tentunya Anda bisa menaiki bus ini secara gratis 100% tanpa biaya sesen pun. Kapan lagi coba bisa mengelilingi Kota Semarang dengan biaya cuma-cuma. Yuk Muter-muter Semarang, inilah slogan utama dari bus city tour di Semarang. Bus city tour ini memiliki model bertingkat dengan kapasitas penumpang mencapai 70 orang.

Sebuah kemajuan yang bagus tentunya bagi Kota Semarang karena sudah mempunyai bus city tour sendiri. Sehingga para wisatawan yang kebetulan singgah di Semarang bisa menikmati panorama kota ini dengan lebih mudah, dan juga gratis tentunya. Bus city tour di Semarang merupakan bus tingkat dua yang dilengkapi dengan kursi yang empuk, hiburan musik, dan AC di dalamnya. Jadi Anda pasti akan merasa nyaman saat duduk di dalamnya.

Sayangnya, bus city tour di Semarang untuk saat ini cuma masih ada 1 unit saja. Sehingga Anda harus esktra bersabar saat mengantre bersama calong penumpang lainnya. Dan yang lebih penting lagi Anda harus siap-siap kecewa apabila tidak berhasil mendapatkan jatah tempat duduk sehingga harus mengantre lagi untuk pemberangkatan bus yang selanjutnya. Mudah-mudahan saja jumlah bus city tour ini segera ditambah ya!

bus-city-tour-semarang.jpg

Jadwal Keberangkatan Bus City Tour Semarang

Selasa – Kamis : 08.00 pagi, 11.00 siang, 15.00 sore

Jumat – Minggu : 08.00 pagi, 11.00 siang, 15.00 sore, 19.00 malam

*) hari senin tidak ada pemberangkatan bus

Kalau Anda juga mau ikut naik bus city tour Semarang ini, silakan ikuti panduan di bawah!

Langkah 1. Daftar Dulu Ya!

Tentu Anda harus mendaftar kalau mau naik bus city tour ini. Tenang saja, biayanya gratis sepenuhnya kok. Loket pendaftaran bus ini berada di Musem Mandala Bhakti, Semarang. Loket ini biasanya dibuka pada pukul 07.00 pagi. Di sana sudah ada petugas dari DISHUB yang siap melayani pendaftaran Anda. Kami sarankan Anda datang paling tidak 1 jam lebih awal supaya bisa mendapatkan tiketnye berupa ID Card khusus penumpang. Di dalam ID Card tersebut sudah ada informasi nomor tempat duduk Anda.

Untuk mendaftar sebagai penumpang dari bus city tour Semarang ini, Anda hanya perlu menyerahkan KTP atau SIM asli kepada petugas. Setelah itu, petugas akan meminta Anda untuk mengisi formulir pendaftarannya. Setelah formulir tersebut sudah diisi dengan lengkap, Anda bisa menyerahhkannya kepada petugas. Petugas pun akan mengembalikan KTP atau SIM Anda beserta ID Card penumpang bus. Perlu diketahui, setiap KTP/SIM bisa digunakan untuk mendaftar ID Card maksimal sebanyak 2 orang.

Langkah 2. Simpan ID Card Baik-baik

Kartu identitas penumpang yang sudah Anda dapatkan dari petugas DISHUB wajib dijaga dengan baik. Sebab kalau sampai kartu tersebut hilang, malah bisa jadi repot nantinya. Anda tidak hanya kehilangan kesempatan untuk menaiki bus city tour, tetapi juga bakal dikenai denda. Jadi simpan ID Card ini di dalam tempat yang aman seperti dompet atau tas supaya tidak sampai hilang.

Setelah itu, Anda tinggal menunggu kedatangan bus city tour ini. Bus tersebut tampila begitu mencolok karena mungkin hanya satu-satunya bus tingkat yang ada di Kota Semarang. Bus inilah yang nantinya akan membawa Anda menikmati keindahan pemandangan di Semarang dan menelusurinya. Adapun rute perjalanan bus city tour ini meliputi :

“Museum Mandala Bhakti – Tugu Muda – Jalan Imam Bonjol – Stasiun Poncol – Stasiun Tawang – Kota Lama – Jalan Pemuda – Lawang Sewu – Pandanaran – Simpang Lima – Kampung Pelangi – Sam Po Kong – Jalan Pamularsih – Bundaran Kalibanteng – Jalan Jenderal Soedirman – Tugu Muda – Museum Mandala Bhakti”

Langkah 3. Naik ke Bus dan Nikmati

Tepat pada pukul 08.00 WIB atau lebih sedikit, bus city tour pun tiba di halte Museum Mandala Bhakit, Semarang. Silakan Anda bisa menaiki bus tersebut dengan tertib. Tunjukkan ID Card Anda kepada petugas, barulah kemudian Anda bisa melewatinya. Carilah kursi dengan nomor yang sesuai pada ID Card Anda. Kalau tidak ada di lantai pertama bus, kemungkinan besar ada di lantai kedua. Beruntung sekali bila Anda mendapatkan kursi yang ada di deretan paling depan atau kursi dekat jendela karena pemandangannya pasti akan lebih luas.

Silakan Anda duduk di kursi tersebut. Nikmati perjalanan Anda mengelilingi Kota Semarang dengan mengendarai bus city tour ini. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk memotret setiap momen menarik yang Anda lihat. Biasanya ada seorang pemandu wisata yang akan memberikan informasi singkat mengenai tempat-tempat yang dikunjungi selama perjalanan ini. Jadi selain nyaman dan gratis, liburan di Semarang dengan menaiki bus city tour akan menambah wawasan kita. Selamat menikmati.