9 Tempat Wisata di Palembang yang Paling Hits

Di mana tempat wisata di Palembang yang paling hits? Anda harus tahu kalau Palembang merupakan kota di Indonesia yang paling tua. Maka tidak mengherankan jika kota ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dari mulai wisata kuliner seperti pempek yang sudah sangat terkenalĀ  seantero Nusantara sampai dengan Jembatan Ampera yang begitu megah.

Jadi tidak ada salahnya dalam kesempatan liburan kali ini Anda sekeluarga pergi ke Kota Palembang. Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi loh dan semuanya dapat memberikan kesan liburan yang sangat menyenangkan. Namun dari kesemuanya itu, terdapat 8 tempat wisata di Palembang yang paling hits saat ini. Kira-kira di mana sajakah tempatnya dan suasana seperti apa yang ditawarkan?

tempat-wisata-di-palembang.jpg

  1. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang bukan sekadar bukit biasa. Ada pemandangan luar biasa indah yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Bukit Siguntang sendiri adalah titik yang paling tinggi di Kota Palembang. Di sini terdapat Situs Bukit Siguntang yang menyimpan sejarah perjalanan Kerajaan Sriwijaya. Ada pula makam-makam yang konon merupakan tempat peristirahatan terakhir para raja, bangsawan, dan tokoh dari Kerajaan Sriwijaya.

  1. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Buat Anda yang ingin berwisata sejarah mengenal Kesultanan Palembang lebih mendalam, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Di dalam museum ini Anda bisa melihat benda-benda peninggalan dari Kesultanan Palembang. Dari mulai benda arkeologi, barang-barang keramik, sampai benda etnografi ada di sini. Menariknya lagi gedung museum ini sendiri sebenarnya merupakan kantor pusat pemerintahan dahulu kala.

  1. Taman Purbakala Sriwijaya

Taman Purbakala Sriwijaya ini merupakan tempat permukiman warga pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Di sini terdapat Museum Sriwijaya yang mempunyai banyak sekali informasi tentang seluk-beluk Kerajaan Sriwijaya. Di bagian tengah Taman Purbakala terdapat rumah limas khas Palembang berdiri dengan gagahnya. Di dalam rumah tersebut juga tersimpan replika Prasasti Kedukan Bukit yang menceritakan perjalanan Sidhayatra Dapunta Hyang.

  1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro berada di tengah-tengah Sungai Musi. Daya tarik dari pulau ini yaitu adanya bangunan berupa Kelenteng dan Pagoda di dalamnya. Jadi tidak heran kalau Pulau Kemaro ini dipenuhi oleh pengunjung ketika perayaan Cap Go Meh. Ada pula dua makam keramat yang melegenda di tempat ini. Konon katanya makam tersebut merupakan tempat bersemayamnya orang pribumi dan orang keturunan China yang merajut cinta pada zaman dahulu.

  1. Kampung Kapitan

Letak Kampung Kapitan adalah di salah satu tepian Sungai Musi. Lokasi ini merupakan pusatnya area pecinan di Kota Palembang. Kampung Kapitan adalah tempat permukiman warga keturunan Tionghoa yang terbentuk pertama kali. Jadi bangunan-bangunan yang mendominasi tempat ini dibuat dengan memadukan antara arsitektur khas Negeri China dan Palembang. Sangat menarik dan unik.

  1. Taman Wisata Alam Punti Kayu

Anda yang mengaku sebagai pencinta alam sejati tidak boleh melewatkan kesempatan untuk bertandang ke salah satu objek wisata alam terbaik di Indonesia. Namanya adalah Taman Wisata Alam Punti Kayu. Ini merupakan sebuah hutan alami yang banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon pinus. Praktis, pemandangan di dalamnya sangat menarik. Kini sudah tersedia pula peralatan untuk melakukan olahraga outbound bagi para pengunjung.

  1. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II adalah masjid yang ukurannya paling besar se-Kota Palembang. Total luasnya sendiri mencapai 1.080 m2. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II dibangun pada tahun 1738-1748. Setelah direnovasi, ukuran masjid ini menjadi semakin luas yakni 15.400 m2. Bangunan masjid ini terlihat sangat unik karena arsitekturnya merupakan kombinasi antara desain Timur Tengah dan China.

  1. Benteng Kuto Besak

Salah satu peninggalan bersejarah dari Kesultanan Palembang ialah Benteng Kuto Besak. Diketahui bahwa benteng ini pertama kali didirikan sekitar tahun 1724-1758. Sekarang Benteng Kuto Besak telah menjelma menjadi sebuah destinasi wisata di Palembang yang sangat indah. Ada tempat terbuka yang sangat luas di depan benteng yang bisa digunakan sebagai sarana berekreasi. Benteng ini juga digunakan oleh Kodam Sriwijaya sebagai markas utamanya.

  1. Jembatan Ampera

Anda pasti sudah bisa menebak kalau tempat wisata yang paling hits di Palembang tidak lain adalah Jembatan Ampera. Benar sekali karena jembatan ini sudah menjadi landmark dari Kota Palembang. Jembatan Ampera merupakan sebuah jembatan besar yang menjadi sarana warga untuk menyeberangi Sungai Musi. Bukan sekadar jembatan biasa, Jembatan Ampera dibangun dengan desain yang sungguh menawan. Keindahan dari Jembatan Ampera akan semakin menjadi-jadi tatkala malam hari, di mana ada banyak sekali lampu hias yang terpasang di sepanjang jembatan ini.