13 Objek Wisata Paling Menarik Dekat Candi Borobudur

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah menawarkan keindahan abadi yang tidak lekang oleh waktu. Diketahui bahwa candi ini dibangun pada Wangsa Syailendra sekitar abad ke-8. Ini artinya sudah lebih dari 12 abad candi ini didirikan. Candi Borobudur adalah candi Budha yang mempunyai 504 arca dan 2.672 relief. Hal tersebut menobatkannya sebagai candi terbesar di dunia dengan koleksi relief yang paling banyak dan terlengkap.

Kini Candi Borobudur menjadi objek wisata andalan dari Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya Se-Indonesia, bahkan gaung tentang kemegahan candi ini pun sudah menyebar ke seluruh dunia. Bisa dibilang belum pergi ke Jawa Tengah kalau Anda tidak singgah ke Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang ini. Setelah menghabiskan waktunya di sini, biasanya turis akan melanjutkan perjalanan wisatanya ke tempat wisata lain di sekitarnya.

Kali ini kami mempunyai beberapa saran tempat wisata menarik di Magelang yang lokasinya sangat dekat dengan Candi Borobudur. Anda bisa mampir ke objek wisata ini setelah puas menikmati keindahan Candi Borobudur.

Candi Selogriyo

candi-selogriyo-dekat-borobudur.jpg

Candi Selogriyo merupakan sebuah peninggalan purbakala yang terletak di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 M yaitu pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Lokasi : Hutan, Windusari, Magelang, Jawa Tengah, 56152

Candi Ratu Boko

candi-ratuboko-dekat-borobudur.jpg

Candi Ratu Boko atau Situs Ratu Baka adalah situs purbakala yang menjadi kompleks beberapa sisa bangunan purbakala. Lokasi situs ini berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta, atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah. Candi Ratu Boko merupakan kompleks istana megah yang dibangun pada abad ke-8 masehi.

Lokasi : Jalan Raya Piyungan-Prambanan KM. 2 Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Punthuk Setumbu

punthuk-setumbu-dekat-borobudur.jpg

Punthuk Setumbu adalah tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Magelang. Tempat ini menawarkan keindahan alami dari Bukit Punthuk Setumbu. Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan alam yang menakjubkan dari matahari terbit dengan pepohonan di bawahnya serta pegunungan nun di kejauhan.

Lokasi : Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4 Kurahan, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Bukit Rhema Gereja Ayam

gereja-ayam-dekat-borobudur.jpg

Gereja Ayam adalah tempat ibadah berupa gereja yang ada di Magelang. Lokasinya dekat sekali dengan Candi Borobudur. Dinamakan Gereja Ayam karena bentuk bangunannya yang menyerupai ayam. Bangunan Gereja Ayam didirikan pada tahun 1990 yang digagas oleh pengusaha Daniel Alamsyah. Gereja ini menjadi begitu terkenal setelah menjadi tempat syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC2).

Lokasi : Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553

Candi Pawon

candi-pawon-dekat-borobudur.jpg

Candi Pawon adalah sebuah candi peninggalan Masa Klasik. Candi ini berada di Kabupaten Magelang. Arsitek yang membuatnya ialah Gunadharma. Candi Pawon terletak di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur.

Lokasi : Brojonalan, Wanurejo, Dusun 1 Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Mendut Buddhist Monasery

candi-mendut-dekat-borobudur.jpg

Candi Mendut merupakan sebuah candi yang memiliki corak agama Budha. Lokasi candi ini berada di Jalan Mayor Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Jaraknya dengan Candi Borobudur hanya sekitar 3 km saja.

Lokasi : Jalan Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang

Telaga Bleder

telaga-bleder-dekat-borobudur.jpg

Telaga Bleder adalah objek wisata natural berupa danau alami. Danau ini terbentuk dari cekungan tanah yang dialiri air dari sumber mata air yang ada di sekitarnya. Dengan penataan dari penduduk setempat, Telaga Bleder kini berubah menjadi tempat wisata yang begitu indah.

Lokasi : Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Bukit Dagi

bukit-dagi-dekat-borobudur.jpg

Bukit Dagi merupakan tempat wisata alami yang berada tidak jauh dari Candi Borobudur. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah pemandangan yang dimilikinya, baik dari bukit maupun gardu pandang. Di sini Anda bisa menikmati keindahan Candi Borobudur dari kejauhan. Anda bebas memandang indahnya Candi Borobudur dari tempat ini.

Lokasi : Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Candi Prambanan

candi-prambanan-dekat-borobudur.jpg

Candi Prambanan dikenal juga dengan sebutan Candi Roro Jonggrang. Ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 M. Tujuan utama pembuatan candi ini yakni sebagai persembahan Trimurti atau tiga dewa utama dalam agama Hindu yaitu Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta, Dewa Wishnu sebagai Dewa Pemelihara, dan Dewa Siwa sebagai Dewa Pemusnah. Candi Prambanan terletak kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta.

Lokasi : Jalan Raya Solo-Yogyakarta No. 16 Kranggan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Ketep Pass

ketep-pass-dekat-borobudur.jpg

Ketep Pass merupakan objek wisata alam yang dikembangkan dengan mengusung tema khas ala pegunungan. Adapun gunung yang menjadi objek utama di sini ialah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 m dpl dengan luas area mencapai 8.000 m2.

Lokasi : Jalan Blabak-Boyolali KM. 16 Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481

Candi Sewu

candi-sewu-dekat-borobudur.jpg

Candi Sewu juga dikenal dengan sebutan Manjusrighra. Candi Sewu adalah candi Budha yang dibangun pada abad ke-8. Candi ini berada kira-kira 800 m sebelah utara dari Candi Prambanan. Boleh dibilang kalau Kompleks Candi Sewu merupakan kompleks candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Legenda menceritakan Candi Sewu dibangun oleh Bandung Bondowoso yang bertekat membangun seribu candi untuk Roro Jonggrang.

Lokasi : Jalan Raya Solo-Yogyakarta KM. 16 Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Gunung Wukir

candi-gunung-wukir-dekat-borobudur.jpg

Candi Gunung Wukir disebut pula candi Canggal atau Shiwalingga. Ini merupakan candi agama Hindu. Lokasinya berada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Candi ini berada di atas Bukit Wukir.

Lokasi : Canggal, Kadiluwih, Salam, Area Kebun, Kadiluwih, Salam, Magelang, Jawa Tengah 56484

Candi Ngawen

candi-ngawen-dekat-borobudur.jpg

Candi Ngawen merupakan candi Budha. Dari arah Yogyakarta, candi ini terletak kira-kira 5 km sebelum Candi Mendut. Lokasi tepatnya berada di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Sama seperti Candi Borobudur, Candi Ngawen dibangun oleh Wangsa Syailendra pada abad ke-8, pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Lokasi : Ngawen, Kecamatan Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56415