10 Tips Nonton Pertandingan Sepakbola Langsung di Stadion

Sepakbola memang merupakan pertandingan olahraga yang sangat menarik untuk ditonton. Anda bisa menikmati pertandingan ini mulai dari tingkat lokal, daerah, nasional, hingga piala dunia. Walaupun aturan mainnya sama, tetapi semua pertandingan tersebut menyajikan tontonan yang menarik dengan jalan pertandingan yang berbeda-beda. Maka tak heran, ada begitu banyak penggemar olahraga sepakbola. Tak terkecuali dengan Anda.

Menonton pertandingan sepakbola bisa dilakukan di mana saja. Anda bisa menyaksikannya melalui siaran televisi bersama dengan teman-teman. Bahkan kini Anda pun dapat menonton pertandingan sepakbola lewat streaming online menggunakan HP atau komputer. Tapi tentu saja pengalaman menonton sepakbola yang paling berkesan adalah menontonnya secara langsung di stadion. Anda bisa benar-benar merasakan atmosfer dan semangatnya.

tips-nonton-sepakbola-di-stadion.jpg

Bagi Anda yang baru pertama kali menonton sepakbola secara langsung di stadion, Anda dapat mengikut kiat-kiat di bawah ini agar aman dan nyaman saat menyaksikan pertandingannya.

Bawa Bekal Makanan yang Cukup

Anda akan menghabiskan waktu yang cukup lama pada saat menonton sepakbola di stadion. Tidak hanya waktu pertandingannya saja, tetapi waktu tunggu kick off dimulai pun lumayan lama. Daripada Anda melamun atau bermain HP saja, mending ditemani makanan ringan. Syukur kalau makanan tersebut mampu membuat perut Anda merasa kenyang. Sehingga ketika pertandingan dimulai, Anda bisa menyaksikannya dengan tenang.

Pilih Air Mineral, Hindari Softdrink

Selain rasa lapar yang harus dikendalikan, Anda juga perlu mengatasi rasa haus dan dahaga yang bisa menyerang setiap saat. Anda bisa membawa bekal air minum untuk mengatasi rasa haus selama menonton sepakbola. Kami sarankan bawalah air mineral. Hindari meminum softdrink atau air minum bersoda karena dapat membuat Anda merasa ingin buang air kecil terus-menerus. Beruntung kalau stadion tempat Anda menonton dilengkapi toilet yang memadai. Tapi kalau tidak?

Bawa Jas Hujan/Payung sebagai Pelindung

Semua stadion sepakbola di Indonesia masih mengusung konsep outdoor. Artinya kondisi stadion tersebut sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Jika cuaca sedang panas, maka stadion pun akan terasa sangat panas dan menyengat. Begitu pula saat hujan turun, hampir semua penonton akan terkena hujan tersebut. Untuk amannya, Anda bisa membawa jas hujan atau payung sebagai pelindung dari cuaca yang buruk. Sehingga Anda pun akan tetap merasa nyaman apapun kondisi stadionnya.

Parkirkan Kendaraan di Tempat Resmi dan Aman

Kebanyakan orang di Indonesia lebih suka mengendarai kendaraan pribadi saat pergi ke suatu tempat. Demikian juga ketika akan menonton pertandingan sepakbola di stadion olahraga, maka kendaraan tak lupa turut dibawanya. Alasannya mengendarai kendaraan pribadi lebih praktis daripada angkutan umum. Meskipun begitu, Anda harus tetap hati-hati dan waspada dalam memarkirkan kendaraan tersebut. Usahakan letakkan kendaraan Anda di tempat parkir resmi yang dilengkapi sistem keamanan memadai agar Anda merasa lebih tenang saat meninggalkannya.

Naik Kendaraan Umum Kalau Tidak Mau Repot

Sepakbola merupakan permainan olahraga yang paling difavoritkan di seluruh dunia. Sama halnya di Indonesia, penggemar olahraga ini ada banyak sekali. Maka tak heran di setiap laga pertandingan sepakbola, stadion selalu dipenuhi oleh penonton yang jumlahnya ratusan hingga ribuan orang. Sudah pasti banyaknya penonton di stadion ini membuat tempat parkir kendaraan juga penuh. Daripada Anda repot sendiri dengan kendaraan yang dibawa, mending naik angkutan umum saja.

Datang Lebih Awal, Pulang di Waktu Akhir

Kapan waktu yang paling ideal untuk datang ke stadion? Kebanyakan orang memilih datang lebih awal yaitu 1-2 jam sebelum waktu kick off dilaksanakan. Dengan datang lebih awal, Anda bisa bergerak leluasa di lingkungan stadion karena kondisinya masih cukup sepi. Antrean pintu masuknya pun masih sedikit sehingga Anda tidak perlu menunggu antrean terlalu lama. Kasus yang berbeda terjadi apabila Anda tiba di stadion sekitar 10-30 menit sebelum kick off, maka dijamin Anda harus berjibaku dengan banyak orang.

Beli Tiket Masuk di Loket yang Resmi

Dapatkan tiket menonton sepakbola di loket yang resmi. Anda bisa membeli tiket ini di loket-loket yang banyak tersedia di area stadion. Selain status tiket Anda benar-benar terjamin sebagai tiket resmi, harganya pun lebih murah dibandingkan dengan membeli di calo. Sebisa mungkin hindari membeli tiket di calo, penonton lain, atau di luar loket resmi. Bagaimana kalau tiket di loket resmi sudah habis? Sebaiknya Anda mengubah rencana dengan menonton di televisi. Sekali lagi jangan pernah beli tiket di calo supaya tidak ada lagi calo di Indonesia.

Kenakan Atribut Tim yang Anda Dukung

Salah satu tujuan Anda menonton pertandingan sepakbola di stadion pasti ingin mendukung tim yang sedang bertanding, kan? Untuk melengkapi tampilan Anda, sebaiknya Anda mengenakan atribut tim yang mau didukung. Misalnya Anda bisa memakai kaos klub sepakbola tersebut atau menggunakan slayer/syal dari klub yang dimaksud. Jangan lupa untuk membuat gambar logo klub sepakbola favorit Anda di pipi. Dengan memakai kostum yang lengkap, kini Anda sudah siap pergi ke stadion.

Jangan Sampai Salah Kostum, Akibatnya Celaka

Sering kali terjadi kasus perkelahian antara sesama suporter sepakbola. Sebenarnya kita semua sangat menyayangkan kasus ini terjadi. Tapi karena selalu ada provokator yang muncul, kasus biadab ini terus terjadi berulang-ulang kali. Salah satu penyebab suporter dikeroyok oleh suporter lain yaitu dia mengenakan atribut tim yang dianggap sebagai musuh. Berawal dari perasaan tidak suka hingga berakhir menjadi celaka. Anda harus benar-benar mewaspadai risiko ini. Untuk amannya, kami sarankan Anda memakai pakaian berwarna merah putih atau memakai kaos batik.

Bertoleransi Terhadap Suporter yang Lain

Kita semua tentu menonton sepakbola untuk mendapatkan kebahagiaan. Kita merasa gembira karena bisa turut mendukung tim favorit kita berlaga. Namun sayangnya sifat manusia yang egois kerap kali mengotori maksud luhur ini. Untuk menjaga kondisi stadion sepakbola tetap aman dan damai sebenarnya mudah saja. Kunci utamanya cukup toleransi yang harus ditanamkan di semua suporter. Sikap menyadari bahwa kita hidup di dunia ini tidak sendirian, tetapi ada orang lain yang juga harus dihargai dan dihormati.