10 Tips Mendaki Gunung Spesial buat Pemula

Anda pemula yang membutuhkan tips-tips mendaki gunung? Kegiatan mendaki gunung menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Tidak hanya pencinta alam dan penggiat lingkungan, tetapi juga para pelajar, mahasiswa, dan kalangan muda-mudi pun kini banyak yang suka mendaki gunung. Kegiatan ini dapat melatih mental dan fisik kita, menciptakan pengalaman baru, serta meningkatkan rasa syukur. Tidak lupa Anda pun bisa mendapatkan potret pemandangan yang luar biasa indah di puncak gunung.

Bagi Anda yang baru pertama kali akan mendaki gunung, Anda perlu melakukan persiapan semaksimal mungkin. Anda harus menyadari bahwa perjalanan yang Anda lakukan untuk bisa mencapai puncak itu tidak mudah. Anda butuh perjuangan yang memerlukan tenaga, pikiran, dan kekompakan bersama dengan rekan-rekan. Jangan sampai ada teman yang menyerah, jaga terus ikatan dalam satu tim, dan tunjukkan sikap saling peduli. Faktanya penyebab utama perjalanan mendaki gunung menjadi gagal paling banyak karena perselisihan.

tips-mendaki-gunung.jpg

Lakukan tips-tips di bawah ini sebelum Anda mendaki gunung agar perjalanan Anda kelak berhasil mencapai puncak.

  1. Jagalah kondisi kesehatan Anda setidaknya sebulan sebelum acara mendaki dimulai. Anda bisa mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi banyak sayuran, makan protein yang cukup, tidur minimal 7 jam per hari, dan perbanyak minum air putih.
  2. Latihlah kekuatan fisik Anda dengan berolahraga secara rutin. Pola olahraga yang paling baik adalah sehari berolahraga dan sehari beristirahat (tidak berolahraga). Utamakan melakukan jenis olahraga yang dapat melatih kekuatan otot tangan dan kaki.
  3. Sebaiknya mendaki gunung dilaksanakan pada musim kemarau. Anda tidak perlu khawatir sebab kondisi udara di pegunungan tetap terasa sejuk di musim ini. Hindari mendaki gunung pada musim penghujan. Suasana akan sangat mencekam bila Anda terpaksa harus mendirikan tenda di lokasi tidak tepat saat hujan.
  4. Bawalah alat-alat mendaki gunung yang bisa membantu perjalanan Anda. Sebisa mungkin pilihlah alat yang memang ditujukan untuk keperluan mendaki sehingga bentuknya lebih praktis. Jangan terlalu bergantung pada barang bawaan orang lain karena Anda akan merepotkannya.
  5. Anda juga harus membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Bawalah makanan pokok yang dapat mendukung kebutuhan tenaga Anda. Jangan membawa camilan terlalu banyak sebab justru akan memberatkan Anda sendiri. Ingat perjalanan Anda kali ini bukan untuk piknik.
  6. Selalu jaga jarak anggota pendakian agar dalam satu kelompok. Jangan biarkan ada anggota yang berjalan terlalu jauh ke depan atau ketinggalan di belakang. Fokus terhadap perjalanan Anda. Jangan bertingkah konyol seperti main kejar-kejaran, berlari-lari, atau memanjat pohon.
  7. Atur pola pendakian secara terjadwal. Tentukan kapan waktunya berjalan dan kapan waktunya beristirahat. Setiap anggota harus mau patuh terhadap jadwal tersebut. Namun ketika Anda memang merasa sudah terlalu lelah, jangan sungkan untuk meminta istirahat sebentar.
  8. Ketika Anda mendaki, usahakan Anda tidak mengeluh sedikit pun. Tanpa Anda sadari mengeluh itu seperti virus yang dapat menular ke teman-teman. Sekali Anda mengeluh karena perjalanan terasa sangat melelahkan, tidak lama kemudian ada teman Anda yang pasti mengeluh juga.
  9. Kalau Anda mau mendaki gunung, Anda tidak boleh mencemari lingkungannya. Anda bertanggung jawab secara penuh terhadap semua sampah yang Anda bawa. Kami sarankan bawalah makanan yang terbungkus dengan daun pisang sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan sampahnya.
  10. Ikuti semua perintah dan larangan yang diberikan oleh petugas gunung. Jangan pernah bersikap bodoh. Aturan tersebut semata-mata dibuat untuk menjamin keselamatan Anda dan pendaki lainnya.