Tips-tips Liburan Hemat Tapi Menyenangkan

Apakah Anda ingin berliburan secara hemat dan tidak banyak biaya? Semua orang butuh waktu untuk berliburan. Tidak terkecuali pula dengan Anda yang sudah bekerja keras selama ini. Anda harus menyempatkan waktu untuk bersantai sejenak dan memanjakan diri Anda dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Pikiran Anda akan menjadi lebih segar, tenang, dan mudah berkonsentrasi setelah pulang dari tempat liburan. Hal ini sangat bermanfaat kepada hasil pekerjaan Anda yang menjadi semakin produktif, bagus, dan memuaskan.

Sayangnya liburan selalu identik dengan aktivitas menghambur-hamburkan uang. Yap, kita akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk keperluan membayar kegiatan-kegiatan yang bakal dilakukan selama berlibur. Bahkan tidak menutup kemungkinan seluruh biaya total biaya liburan lebih besar dari anggaran kebutuhan rumah tangga Anda selama sebulan. Sehingga Anda wajib mempersiapkan momen liburan ini sebaik-baiknya. Terutama soal anggaran yang harus diperhitungkan sedetail mungkin.

tips-liburan-hemat-biaya.jpg

Anda bisa menghemat biaya liburan Anda dengan mengikuti saran-saran di bawah ini!

  1. Buat Daftar Tempat Berlibur

Daftar tempat yang akan Anda kunjungi selama berlibur harus dicatat jauh-jauh hari. tidak hanya tempat objek wisatanya saja, tetapi juga tempat penginapan, tempat makan, dan tempat membeli cenderamata wajib direncanakan dengan matang. Cari informasi sebanyak-banyaknya di internet tentang tempat tujuan yang murah dan memiliki penilaian yang baik. Misalnya Anda ingin berwisata ke Kabupaten Kendal, carilah informasi apa-apa saja yang menarik dan murah di tempat tersebut. Kalau bisa hindari tempat-tempat yang sudah terkenal mahal seperti restoran dan club. Sangat tidak dianjurkan untuk pergi berlibur ke suatu tempat tanpa perencanaan sama sekali.

  1. Jangan Memborong di Tempat Wisata

Kebanyakan wisatawan akan berbelanja oleh-oleh di tempat wisata karena pilihan produk yang khasnya sangat banyak. Padahal tanpa Anda sadari harga barang-barang di tempat tersebut sudah naik 2-3 kali lipat jika dibandingkan dengan barang-barang di pasar lokal. Sebenarnya sah-sah saja Anda membeli cenderamata di tempat wisata, tetapi usahakan jangan lapar mata dan jangan memborong produk. Kalau ingin memborong barang belanjaan untuk oleh-oleh, kami lebih menyarankan kepada Anda untuk membelinya di pasar tradisional setempat.

  1. Nikmati Jajanan Pinggir Jalan

Kalau Anda ingin pergi berlibur dengan budget yang hemat, jauhilah kafe, restoran, atau tempat-tempat nongkrong terkenal. Sebagai gantinya Anda bisa menikmati jajanan pinggir jalan alias street food khas dari daerah setempat. Acuan pertama dalam memilih menu street food adalah cari makanan atau minuman yang khas dari daerah tersebut dan tidak akan Anda temukan dengan mudah di daerah lainnya. Kalau bisa cari lapak yang ramai pembeli sebab rasanya pasti lezat.

  1. Jangan Gunakan Kartu Kredit

Jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk membiayai liburan Anda. Jika Anda sampai memaksakan diri menggunakan kartu kredit, itu sama artinya Anda sedang bunuh diri. Berkat cara pemakaian yang sangat mudah dari kartu kredit membuat Anda tidak sadar telah menghabiskan banyak biaya. Anda akan terus menggesek kartu kredit tersebut dan malas untuk menghitung berapa total uang yang sudah Anda keluarkan. Selesai liburan, kehidupan Anda pasti akan sangat merana karena wajib melunasi semua tagihannya. Jadi siapkan uang kontan yang cukup sesuai anggaran liburan yang telah Anda susun.

  1. Lakukan Kegiatan Alam

Kegiatan alam lebih menghemat uang daripada kegiatan yang membutuhkan peralatan atau mesin. Misalnya jika Anda berlibur ke pantai, lakukan kegiatan alami seperti berenang, mengumpulkan kulit kerang, berselancar, bermain olahraga pantai, membuat istana pasir, dan lain-lain. Rasanya juga sangat mengasyikkan kok asalkan Anda menikmatinya sepenuh hati dan tidak terlalu memikirkan risiko yang bakal menimpa Anda. Ingat, liburan adalah waktunya bersantai. Berhentilah untuk berpikir rumit sejenak dan nikmati semua pemandangan yang ada di depan Anda.