Tips-tips Asyik Pergi Wisata ke Dufan (Dunia Fantasi) Ancol

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi. Tidak hanya objek wisata alami, tetapi ada pula objek wisata buatan yang memanfaatkan teknologi dalam operasionalnya. Bahkan tidak sedikit objek wisata di Indonesia yang mempunyai level setara dengan tingkat dunia. Salah satu objek wisata unggulan Negara Indonesia adalah Dunia Fantasi (DuFan) yang terletak di Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Dufan memang pantas menyandang nama dunia fantasi. Sebab di sini kita memang seperti berada di dalam dunia lain yang selama ini kita fantasikan. Kami yakin saat kecil Anda pasti pernah berkhayal tinggal di dalam dunia yang dipenuhi dengan wahana permainan dan semua orang di sana selalu merasa gembira. Nah, fantasi Anda tersebut akan menjadi kenyataan saat berada di Dufan.

tips-wisata-ke-dufan.jpg

Biar terasa semakin mengasyikkan, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini kalau mau pergi wisata ke Dufan!

Jadwalkan Pada Hari Kerja

Kenyataannya adalah berlibur ke tempat wisata yang ramai justru lebih asyik dilakukan pada hari kerja. Mengapa? Tidak lain karena suasananya yang lebih sepi daripada akhir pekan. Tidak banyak orang yang pergi jalan-jalan pada hari Senin sampai Jumat. Dengan kondisi Dufan yang sepi ini, Anda akan lebih leluasa dalam bergerak dan tidak perlu mengantre terlalu lama untuk menaiki wahana permainan. Silakan Anda bisa mengambil cuti pada hari kerja. Hindari datang ke sini saat momen liburan sekolah atau hari raya sebab dijamin antrenya super panjang.

Download Peta Dufan

Perlu Anda ketahui, Dufan mempunyai area yang luas sekali. Mungkin kalau dibandingkan dengan Komplek Candi Borobudur masih jauh lebih luas Dufan. Maklum saja karena di sini ada puluhan wahana permainan raksasa yang siap memanjakan Anda. Biar Anda tidak tersesat dan bisa merencanakan perjalanan di dalam Dufan, sebaiknya Anda mendownload peta Dufan ini. Anda bisa mendapatkan peta tersebut di situs resmi Dufan.

Bawa Bekal dari Rumah

Kalau mau pergi wisata, Anda sebaiknya membiasakan diri membawa bekal dari rumah. Bekal ini meliputi makanan utama, makanan ringan, dan minuman. Bekal dari rumah tentu lebih menyehatkan dan lebih bergizi daripada makanan yang Anda beli di restoran cepat saji. Selain itu, harganya pun lebih murah. Tak usah khawatir mau makan di mana. Sebab Anda dapat menikmati bekal tersebut di berbagai tempat duduk yang tersedia di area taman Dufan.

Bawa Topi dan Payung juga

Perlu kami ingatkan bahwa Dufan merupakan arena bermain outdoor. Konsep ini berbanding terbalik dengan Trans Studio yang mengusung tema taman bermain indoor. Seluruh wahana permainan di Dufan terletak di lingkungan luar. Artinya bukan tidak mungkin Anda akan merasa kepanasan saat berada di sini. Nah, untuk melindungi tubuh Anda dari sengatan terik matahari, kami sangat menyarankan untuk membawa topi dan payung. Sedangkan jika Anda ke sini saat musim penghujan, jangan lupa bawa jas hujan ya!

Jangan Lupa Bawa Baju Ganti

Mungkin Anda bertanya-tanya buat apa sih membawa baju ganti saat pergi ke Dufan? Bukan kah Dufan itu berbeda dengan Sea World? Mayoritas wahana permainan di Dufan memang terletak di daratan. Namun ada loh beberapa wahana yang berada di air. Contohnya yaitu Arung Jeram dan Niagara-gara. Rugi sekali kalau Anda tidak bermain di wahana-wahana air ini karena takut basah. Jadi bawalah baju ganti supaya Anda bisa bermain sampai basah kuyup.

Datang Saat Masih Pagi

Biasanya sih pintu gerbang Dufan mulai dibuka pada pukul 10 pagi. Jadi sebaiknya Anda datang ke sini sebelum jam tersebut. Tujuannya biar tidak perlu mengantre terlalu lama dan memiliki durasi waktu yang cukup lama untuk memainkan semua wahana yang ada. Datang ke Dufan lebih pagi juga membuat Anda bisa menemukan berbagai spot foto yang menarik karena belum terlalu banyak pengunjung. Pokoknya jangan sampai terlambat deh.

Beli Tiket Langganan Saja

Ada dua jenis tiket masuk Dufan yaitu tiket sekali pakai dan tiket langganan. Saat ini, harga tiket Dufan untuk sekali pakai yaitu Rp 300.000. Sedangkan harga tiket langganan per tahun sebesar Rp 350.000. Seperti namanya, tiket sekali pakai hanya bisa digunakan untuk satu kali masuk Dufan saja. Sedangkan tiket langganan bisa dipakai berkali-kali selama setahun. Mengingat selisih harganya cuma Rp 50.000, kami sarankan Anda membeli tiket langganan. Apalagi jika Anda merupakan warga DKI Jakarta atau sering datang ke sini.

Bersabar saat Mengantre

Sebagai tempat wisata paling populer di Indonesia, maklum saja kalau pengunjung Dufan ada banyak sekali. Para pengunjung ini berasal dari seluruh wilayah di Indonesia serta turis dari luar negeri. Banyaknya pengunjung Dufan membuat Anda wajib mengantre terlebih dahulu setiap kali akan menaiki wahana permainan. Anda harus memakluminya. Mengantrelah dengan sopan dan rapi serta hargai orang-orang yang ada di sekitar Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa bermain handphone atau memakan camilan.

Urutan Naik Wahana

Dufan mempunyai wahana permainan yang jumlahnya sampai puluhan loh. Ini merupakan tempat bermain terbesar di Indonesia. Rugi sekali apabila Anda tidak mencoba semua wahana tersebut dan merasakan sensasinya. Sebagai pemanasan, sebaiknya Anda memulainya dengan menaiki wahana permainan yang sedikit mengasah adrenalin. Barulah kemudian dilanjutkan dengan menaiki wahana yang populer seperti Histeria.

Setelah itu, Anda bisa meneruskan dengan mencoba beberapa wahana yang ringan. Wahana rumah boneka dan rumah kaca bisa Anda kunjungi saat siang hari sembari berlindung dari sengatan panas. Untuk wahana air sebaiknya di urutan yang paling akhir. Sempurnakan pengalaman Anda dengan menaiki bianglala sesaat sebelum pulang. Perlu diketahui, Anda boleh menaiki wahana yang sama berkali-kali sampai puas asalkan mengantre terlebih dahulu ya.