Tips Memilih Kapal Pesiar yang Pas untuk Liburan

Butuh tips untuk berlibur naik kapal pesiar? Salah satu pilihan terbaik untuk merasakan liburan yang penuh dengan kemewahan ialah berlayar menggunakan kapal pesiar. Ini merupakan tren yang sedang booming di luar negeri, khususnya bagi kalangan orang-orang kaya. Kapa pesiar digunakan memiliki kualitas yang sangat baik dilengkapi fasilitas-fasilitas ala hotel bintang lima. Peralatan berteknologi modern menyusun setiap bagian dari kapal tersebut guna memastikan semua penumpangnya merasa benar-benar nyaman layaknya di surga.

Saat berlibur naik kapal pesiar berarti Anda akan mengarungi lautan lepas selama beberapa hari. Ada rasa gembira tersendiri yang muncul di benak Anda dan tidak bisa didapatkan di wahana pariwisata apapun. Anda akan menemukan banyak pemandangan indah dari sudut pandang yang berbeda sebab posisi Anda berada di tengah-tengah lautan. Anda pun bakal dimanjakan oleh segudang fasilitas yang dimiliki oleh kapal tersebut serta pelayanan maksimal dari seluruh kru kapal yang bertugas.

tips-memilih-kapal-pesiar.jpg

Kalau Anda ingin naik kapal pesiar untuk liburan, baca dulu kiat-kiatnya di bawah ini agar tidak menyesal nantinya!

Tentukan Anggaran Sebaik-baiknya

Anda perlu menentukan anggaran yang digunakan untuk membeli tiket berlayar dengan kapal pesiar. Perlu Anda ketahui, semakin kecil ukuran sebuah kapal pesiar, maka biayanya akan semakin mahal sebab eksklusivitas para penumpangnya. Jumlah penumpang yang sedikit memungkinkan Anda dapat menikmati setiap jengkal kapal tersebut. Kapal dengan kamar yang ekslusif pun lantas mempunyai harga yang lebih tinggi. Harga ini biasanya akan melonjak naik pada musim liburan.

Kapal pesiar yang eksklusif umumnya hanya memuat kurang dari 1000 penumpang. Sementara kapal kelas menengah dapat memuat antara 1000-2000 penumpang. Semakin banyak jumlah penumpang kapal, maka muatan barangnya pun semakin mahal. Akibatnya aspek kemewahan seperti pelayanan, ketepatan waktu, dan kebersihan menjadi korbannya. Namun beberapa kapal pesiar yang katanya eksklusif menyediakan sarana hiburan dan ragam kuliner yang sedikit. Anda harus berhati-hati agar tidak memilihnya.

Pilih Kategori Sesuai Kegemaran

Kapal pesiar selalu mempunyai fitur-fitur unggulan yang menjadi nilai jualnya bagi para calon penumpang. Tugas Anda di sini adalah menilai kapal tersebut dari segi ukuran, pelayanan, dan hiburan. Pastikan Anda memilih kapal pesiar yang benar-benar mampu memenuhi semua kebutuhan Anda selama dalam pelayaran. Sebisa mungkin pilih kapal pesiar yang mempunyai kategori berdasarkan rentang usia penumpang. Kapal tersebut akan memberikan hiburan yang berbeda antara penumpang usia produktif dan penumpang lanjut usia.

Rencanakan Paket yang Dibutuhkan

Anda akan ditawari berbagai pilihan paket saat membeli tiket kapal pesiar. Paket yang umum tersedia contohnya yaitu kamar kabin, makanan, minuman, dan buffet. Paket-paket tersebut bisa Anda beli sebelum tanggal keberangkatan. Fasilitas lainnya yang mungkin Anda harus membayar ekstra meliputi bar terbuka, pelayanan 24 jam, restoran khusus, koneksi wifi, hiburan spesial, serta transportasi dan hotel ketika kapal pesiar sedang berlabuh. Di sini Anda harus memikirkan baik-baik pilihan paket yang memang dibutuhkan. Anda tidak perlu cemas, sebab setelah berada di dalam kapal pun Anda masih bisa memesannya bila memang perlu.

Agenda Kegiatan yang Mengasyikkan

Agenda kegiatan merupakan faktor yang paling penting untuk diperhatikan saat Anda hendak memilih kapal pesiar. Jangan sampai deh Anda merasa bosan selama berlayar berhari-hari di atas kapal mewah karena agendanya terlalu minim atau tidak cocok. Dalam menentukannya, Anda harus memperhatikan hiburan di atas kapal, tempat yang akan dilewati, serta aktivitas-aktivitas yang bakal diselenggarakan oleh pengelola kapal pesiar tersebut. Adapun kegiatan yang paling sering diadakan ialah menelusuri seluruh bagian kapal dan berpesta di atas kapal.

Makanan yang Sesuai Selera Anda

Beberapa vendor kapal pesiar begitu unggul dalam penyajian makanan. Aspek makanan ini bahkan menjadi salah satu andalan mereka. Namun tidak sedikit pula vendor kapal pesiar yang melalaikan makanan-makanan untuk para tamunya karena terlalu sibuk membuat agenda acara atau menghiasi seisi ruangan kapal. Tentunya Anda wajib memilih kapal pesiar yang memperhatikan menu makanan untuk disajikan ke penumpangnya. Jangan sampai uang Anda terbuang percuma karena tidak sebanding dengan kualitas makanan yang dihidangkan.