Cara yang Benar Memesan Menu di Starbucks Tanpa Malu-maluin

Saat Anda berjalan-jalan di mall, Anda akan menemukan berbagai restoran mewah yang membuka gerai usahanya di sana. Tidak hanya restoran dalam negeri, tetapi Anda juga bakal berjumpa dengan berbagai restoran yang berasal dari luar negeri. Hal ini memungkinkan Anda dapat menikmati makanan khas dari negeri lain tanpa harus pergi ke luar negeri. Adapun salah satu restoran ternama yang sangat populer di Indonesia ialah Starbucks. Starbucks memiliki sajian menu khas kopi.

Di Starbucks, Anda dapat memesan berbagai menu makanan dan minuman. Spesialnya ialah minuman-minuman yang terbuat dari kopi. Dengan suasana ruangan yang sangat nyaman, ditambah layanan WiFi gratis, Starbucks merupakan tempat yang sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga, mengadakan meeting dengan rekan kerja, atau sekadar nongkrong dan have fun. Namun apakah Anda sudah tahu bagaimana cara memesan menu di Starbucks? Jangan sampai malu-maluin ya!

cara-memesan-kopi-di-starbucks.jpg

Starbucks menyediakan berbagai minuman kopi maupun minuman non-kopi seperti teh dan cokelat di dalam gelas yang ukurannya berbeda-beda. Setidaknya ada 5 jenis pilihan gelas di Starbucks antara lain short (8 oz/236 ml), tall (12 oz/354 ml), grande (16 oz/473 ml), venti (20 oz/591 ml), dan trenta (31 oz/916 ml). Namun rata-rata restoran Starbucks di Indonesia hanya menyediakan 3 pilihan ukuran gelas saja yaitu tall, grande, dan venti. Anda bisa memilihnya sesuai selera.

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu yuk macam-macam menu yang ada di Starbucks. Sebenarnya ada banyak sekali menu yang tersedia di Starbucks. Informasi tentang menu-menu ini biasanya terpampang secara jelas di papan informasi yang letaknya tidak jauh dari kasir. Tapi dari semua menu yang tersedia, kita dapat mengelompokkannya menjadi 5 jenis. Di antaranya yaitu :

  1. Freshly Brewed Coffee

Freshly brewed coffee mencakup semua minuman kopi yang murni atau minim tambahan. Bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta kopi sejati, menu dalam kelompok ini wajib dipilih. Menu di sini didominasi oleh racikan jenis kopi hitam. Freshly brewed coffee cocok sekali dipilih oleh penikmat kopi murni tanpa tambahan seperti susu, creamer, atau whipped cream. Contoh menu di freshly brewed coffee yaitu iced coffee, caffee misto, dan pike place roast.

  1. Starbucks Espresso Beverages

Starbucks espresso beverages berisi berbagai minuman kopi yang dipadukan berbagai bahan untuk menambah kenikmatan cita rasanya. Bahan-bahan yang umum ditambahkan di minuman kopi misalnya whipped cream, creamer, dan susu. Berbagai menu kopi familiar khas Starbucks dapat Anda jumpai di sini. Misalnya yaitu cappuccino, vanilla latte, espresso, caffee mocha, asian dolce latte, caffee americano, dan caramel macchiato.

  1. Frappucino Blended Beverages

Bagi Anda yang tidak terlalu suka kopi tetapi ingin mencicipi minuman kopi bisa memesan menu yang ada di kelompok frappucino blended beverages. Minuman kopi di sini terdiri dari berbagai minuman yang menggunakan kopi dalam jumlah sedikit dengan bahan topping yang jauh lebih banyak. Bahkan tidak sedikit pula pilihan menu tanpa mengandung kopi di kategori ini. Contoh minuman jenis frappucino di Starbucks yang paling sering dipesan ialah green tea crème, double chocolate chip, dan caramel cream.

  1. Brewed Tea

Brewed tea merupakan ketegori minuman di Starbucks yang terbuat dari daun teh. Starbucks memang tidak melulu kopi, ada pula varian minuman teh di sini. Jadi bila Anda sedang tak ingin meminum kopi atau memang tidak suka kopi bisa tetap nongkrong di Starbucks dengan order minuman di kelompok brewed tea. Contoh menu brewed tea yang populer antara lain earl gray brewed tea, chamomile blend, spearmint green tea, dan mint blend.

  1. Chocolate Beverages

Selain minuman kopi dan teh, Anda juga bisa memesan minuman cokelat di Starbucks loh. Jadi bila Anda doyan banget meminum cokelat, jangan ragu pergi ke Starbucks. Sebab Starbucks juga mempunyai menu yang terbuat dari cokelat serta rasanya begitu nikmat. Di antaranya yaitu classic hot chocolate dan starbucks signature hot chocolate. Anda dapat memesan minuman cokelat ini dalam kondisi dingin atau panas.

Cara Pesan Minuman di Starbucks

Berikut ini langkah-langkah dalam memesan minuman di Starbucks, yaitu :

  1. Silakan Anda masuk ke gerai Starbucks dan langsung menuju ke bagian kasir. Jangan sungkan melihat-lihat dulu berbagai menu yang tersedia di gerai Starbucks tersebut.
  2. Untuk memesan minuman, Anda bisa menyebutkan jenis ukuran gelas yang dipilih, apakah tall, grande, atau venti. Kemudian Anda sebutkan tipe minuman yang akan dipesan, apakah panas atau dingin. Perlu diketahui, Starbucks memakai gelas yang berbeda untuk minuman panas dan dingin.
  3. Kini Anda tinggal menyebutkan nama minuman yang ingin dipesan sesuai nama yang tertera di papan menu. Jika Anda ingin memodifikasi pesanan seperti mengurangi es, menambah sirup, dan lain-lain, segera katakan ke petugas kasir.
  4. Petugas kasir akan merespons pesanan Anda dengan mengambil gelas yang sesuai, lalu menulis nama minuman yang Anda pesan di gelas tersebut. Tak lupa petugas ini juga akan menulis nama Anda di gelas. Nantinya petugas akan memanggil nama Anda setelah minuman selesai dibuat.
  5. Silakan lakukan pembayaran atas minuman yang Anda pesan di kasir. Starbucks mendukung sistem pembayaran secara tunai maupun non-tunai yaitu menggunakan kardu debit atau kartu kredit. Bahkan beberapa jenis uang elektronik pun berlaku di sini loh.
  6. Tunggulah minuman Anda dibuat oleh barista. Anda bisa menunggunya di meja tunggu yang ada di samping barista. Kalau kurang nyaman, Anda bisa memilih duduk di meja yang letaknya tidak jauh dari barista. Sehingga ketika ada petugas yang memanggil nama Anda, Anda bisa langsung mendengarnya.
  7. Setelah ada petugas yang memanggil nama Anda, Anda bisa segera beranjak dari tempat duduk untuk mengambil pesanan tersebut. Jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu untuk memastikannya. Sampaikan terima kasih ke petugas. Lalu Anda bisa memilih meja yang paling nyaman untuk menikmati minuman tersebut.