Cara Pesan Tiket Kereta Api secara Online

Bagaimana cara memesan tiket kereta api secara online? Sebagian besar orang lebih suka naik alat transportasi umum untuk pergi ke suatu tempat. Alasannya lebih praktis karena kita tidak perlu repot mengemudikan kendaraan sendiri. Salah satu angkutan massal yang disukai oleh orang Indonesia adalah kereta api. Selain unik dan tidak biasa, kereta api itu bebas macet sehingga kita bisa sampai ke tempat tujuan lebih cepat.

Berkat kemajuan teknologi, proses pemesanan tiket kereta api kini dapat dilakukan secara online. Anda bisa memesan tiket yang diinginkan melalui website resmi PT Kereta Api Indonesia atau agen-agen yang bekerja sama. Pada dasarnya, proses pemesanan tiket kereta api lewat daring ini tidak terlalu sulit. Namun bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pemesanan mungkin akan mengalami kendala tersendiri.

cara-memesan-tiket-kereta.jpg

Oleh karena itu, kali ini kami akan memandu Anda melakukan pemesanan tiket kereta api secara online. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Kunjungi Situs Terlebih Dahulu

Mulailah dengan mengunjungi situs milik PT Kereta Api Indonesia untuk memesan tiket. Jika situs tersebut tidak bisa dibuka karena servernya sedang penuh, Anda terpaksa harus melakukan pemesanan tiket dari agen resmi yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia. Misalnya seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kunjungi situs tersebut. Lalu pilih opsi pemesanan tiket kereta api.

  1. Tentukan Tanggal dan Keberangkatan

Setelah Anda berada di halaman pemesanan tiket kereta api, silakan pilih waktu keberangkatan yang Anda inginkan. Isi semua data yang diminta secara jelas baik hari, bulan, dan tahunnya. Setelah itu, tentukan rute perjalanan Anda dari kota mana menuju ke kota mana. Cek sekali lagi untuk memastikan data yang Anda isi sudah benar. Barulah kemudian klik tombol lanjutkan.

  1. Pilih Kelas Kereta Api

Kereta api di Indonesia dapat dibagi menjadi 3 kelas menurut kualitas dan pelayanannya yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Kereta api kelas ekonomi menawarkan harga yang murah, gerbong yang nyaman, dan dilengkapi AC. Kereta api kelas bisnis memiliki tempat duduk yang luas dan empuk. Sedangkan kereta api kelas eksekutif merupakan kelas yang terbaik. Pilih kelas kereta api yang Anda inginkan sesuai anggaran yang tersedia.

  1. Lengkapi Formulir Data Diri

Selanjutnya Anda bisa melengkapi formulir yang berisi identitas diri. Isilah formulir tersebut dengan informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Begitu pula saat Anda ingin memesan tiket sebanyak 3 buah, maka isilah formulir sesuai identitas si pemegang tiketnya. Jangan pernah memberikan informasi palsu karena bisa berakibat tiket Anda tidak bisa digunakan sebab tidak lulus verifikasi secara manual nanti.

  1. Lakukan Pembayaran dengan Lengkap

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera di layar komputer atau smartphone. Metode pembayaran biasanya dapat dilakukan melalui internet banking, sms banking, transfer bank, dan virtual account. Silakan kirimkan uang sesuai angka yang diminta. Contohnya bila di layar tertulis Rp 672.391, maka Anda pun harus mentransfer uang sejumlah Rp 672.391. Tidak boleh lebih ataupun kurang nominalnya.

Setelah Anda berhasil melakukan transfer uang pembayaran, Anda biasanya akan langsung mendapatkan konfirmasi bahwa uang pembayaran Anda telah berhasil dikonfirmasi. Silakan tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan tiket virtual yang nanti bisa Anda gunakan untuk naik kereta api. Silakan tunjukkan saja tiket virtual tersebut kepada petugas kereta api. Jika Anda tidak kunjung menerima tiket virtual setelah melakukan transfer pembayaran, cobalah menghubungi Customer Service untuk mendapatkan bantuan.