Cara Pesan Makanan di Pesawat yang Benar

Manajemen pesawat terbang benar-benar sangat memperhatikan kenyamanan para penumpangnya. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan tempat duduk kelas atas dan super nyaman di dalam interior pesawat yang mewah sekali. Tak seperti alat transportasi umum lainnya, pesawat juga memiliki fasilitas yang premium. Bahkan kita pun dapat memesan makanan di sini layaknya sedang berada di dalam mall. Menarik sekali, kan? Dijamin Anda pasti bakal merasa nyaman deh.

Tapi bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat, pasti Anda akan mengalami sedikit kebingungan tentang bagaimana caranya memesan makanan di sini. Namun untuk bertanya langsung ke seseorang atau crew yang sedang bertugas, rasanya seperti malu. Tenang saja. Ande Lumut kali ini akan berbagi pengalaman pribadi tentang memesan makanan di dalam pesawat. Pada dasarnya, semua maskapai penerbangan memberlakukan aturan yang sama yaitu pemesanan makanan dilakukan 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

cara-pesan-makanan-di-pesawat.jpg

Bersenang-senanglah dan manjakan diri Anda selama naik pesawat terbang. Ada berbagai hidangan makanan lezat yang bisa Anda temukan di sini. Semuanya dirancang secara khusus untuk para tamu, termasuk Anda. Pilihan menu ini semuanya tergantung pada kebijakan setiap maskapai penerbangan. Anda bisa menemukan makanan khas Nusantara serta menu ala Western. Silakan Anda bisa melakukan pemesanan secara preorder paling tidak 24 jam sebelumnya.

Berikut ini tata cara melakukan pemesanan makanan di pesawat yang benar!

  1. Sekali lagi kami ingatkan, proses pemesanan makanan di pesawat dilakukan secara preorder. Artinya Anda harus memesan makanan ini terlebih dahulu. Waktu pemesanan paling lambat adalah 24 jam. Sedangkan untuk pemesanan makanan khusus, seperti makanan untuk diet, maka pemesannya harus dilakukan paling lambat 48 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  2. Pemesanan makanan di pesawat bisa dilakukan dengan menghubungi contact center maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Anda bisa menghubungi mereka lewat sambungan telepon atau mengirimkan email. Proses pemesanan makanan ini juga dapat dilakukan melalui kantor maskapai penerbangan terdekat.
  3. Sampaikan maksud Anda bahwa ingin memesan makanan untuk diri Anda sendiri dan atau juga untuk orang lain saat menaiki maskapai penerbangan tersebut. Jangan lupa tunjukkan pula bukti tiket pesawat Anda kepada petugas tersebut. Selanjutnya Anda bisa memilih menu makanan yang ingin dipesan. Silakan pilih sesuai selera pribadi.
  4. Petugas lantas akan mencatat pesanan Anda dengan baik, lalu menyebutkannya sekali lagi agar Anda dapat mengkonfirmasi bahwa catatan tersebut sudah benar sesuai dengan pesanan Anda. Silakan bilang iya kalau memang catatan tadi sudah benar-benar sesuai dengan keinginan Anda dalam memesan menu makanan di pesawat.
  5. Proses selanjutnya adalah melakukan pembayaran terhadap pemesanan makanan tersebut. Yap, Anda memang bakal dikenakan biaya tambahan untuk pemesanan makanan ini. Namun ada pula maskapai penerbangan yang memberlakukan makanan secara gratis untuk penumpang di kelas bisnis. Semuanya tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

contoh-makanan-di-pesawat.jpg

Adapun syarat dan ketentuan pemesanan makanan di pesawat kurang lebih adalah sebagai berikut :

  • Setiap penumpang hanya bisa memesan 1 pilihan menu saja.
  • Pemesanan hanya berlaku untuk pilihan menu hidangan utama saja.
  • Selebihnya makanan-makanan yang lain akan disajikan sesuai standar.
  • Pemesanan ini berlaku untuk hidangan makan pagi, siang, dan malam.
  • Penumpang dapat melakukan pemesanan paling lambat 24-48 jam sebelum keberangkatan.